Analisis Fundamental Saham WSBP dan Harga Wajar Saham

Analisis fundamental saham hari ini kita akan sedikit ulas mengenai satu emiten yang boleh di bilang lagi HOT HOT nya yaitu WSBP . PT Waskita Beton Precast atau WSBP ini adalah anak usaha dari Waskita yang produk utama nya adalah beton pracetak atau precast dan beton cor siap pakai atau ready mix concrete sejak 2014 .

Perusahaan dengan Visi “ Menjadi Perusahaan yang terdepan di Indonesia di Bidang ManufakturPrecast,ready mix ,Quary ,Jasa Konstruksi dan Postension Preast Concrete” ini sepertinya cukup menarik untuk kita korek analisis fundamental nya.

Analisis Fundamental Saham WSBP EPS :

AnalisisfundamentalwsbpepsDari segi EPS bisa kita lihat dari table di atas WSBP mengalami kenaikan EPS dari kuartal 1 sebesar 28.57 % . Apakah besar atau kecil ? Untuk menentukan besar atau kecil nya kita perlu membandingkan dengan perusahaan sejenis . Mari kita lihat WTON atau Wijaya Karya Beton .

Analisis Fundamental Saham WTON EPS :

Analisisfundamentalsahamwtoneps

Ternyata EPS dari WTON mengalami kenaikan sebesar 66.6% jadi angka dari WSBP di atas relative masih kecil .

Kembali ke analisis fundamental saham WSBP , dari segi EPS sepertinya menjanjikan ya…. Mari kita lihat dari table di bawah ini

Analisisfundamentalahamwsbpearning

Dari sisi earning mari kita perhatikan lingkaran berwarna biru tua , Book Value Per Share nya 286 rupiah ….sedangkan harga penutupan pada jumat 29 September 2017 adalah 360 rupiah…waaaah mahal yaaa…. Mari kita lanjut sebelum menentukan mahal atau murah nya. Kita beralih ke Valuation dari table di atas , perhatikan yang di lingkari hijau , di sini PER nya 10.91x dan PBVR nya 1.26x ….nah terus mau di apain kedua angka tersebut…. Ingat kembali hukum dari Benjamin Graham adalah kita kalikan kedua rasio tersebut dan hasilnya tidak boleh lebih dari 22.5 , salah satu syarat untuk menyeleksi saham ala Benjamin Graham. Mari kita kalikan 10.91 x 1.26 = 13.746 …. Yang artinya lebih besar atau lebih kecil dari 22.5 ?? Waaah saaat nya beli beli beli ….eit tunggu dulu , mari kita lanjut ke Profitability , kalau kita ingin membeli suatu perusahaan tentu kita ingin perusahaan yang untung atau untung ? Nah di sini kita perhatikan yang di lingkari biru muda , NPM dan ROE , kenapa kita perhatikan dua parameter tersebut ? Untuk memudahkan kita dalam seleksi saham , semakin tinggi NPM artinya perusahaan itu menguasai pasar dan semakin tinggi ROE nya tentu anda sudah bisa menebaknya sendiri.

Analisis Fundamental Saham WSBP Liquidity

Analisisfundamentalsahamwsbplikuiditas

So far so good tapi blom cukup untuk menentukan mahal atau murah , beli atau tidak , mari kita lihat parameter berikutnya yang sangat penting untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan yaitu DER atau rasio utang , DER dari WSBP ini boleh di bilang bagus karena dibawah 100% . Selain DER mari kita lihat Current Ratio nya , 203.23% ini juga bagus .

Dari tadi kok bagus bagus semua….mau suruh beli yaaaa….. eiiits tunggu dulu , mari kita hitung harga wajar nya berapa .

Metode yang akan kita gunakan di sini adalah Discounted Cash Flow atau DCF mari kita perhatikan table di bawah ini

AnalisisFundamentalSahamWSBPPada perhitungan di atas kita menggunakan net income sebagai acuan perhitungan kita.

Kita perhatikan Net income dari WSBP , rata rata yang kita peroleh adalah 52.53% karena keterbatasan data yang ada , memang terlihat tidak realistis dengan rata rata sebesar ini, kita akan mempergunakan 10 % untuk perhitungan pertumbuhan dari WSBP 10 tahun kedepan dengan asumsi bahwa WSBP ini masih akan dan terus beroperasi hingga 10 tahun kedepan. Untuk kondisi saat ini 10 % masih sangat mungkin untuk di raih oleh WSBP.

Langkah berikutnya adalah kita menghitung pertumbuhan net income dari saham WSBP ini untuk 10 tahun kedepan dengan metode future value dengan kenaikan sebesar 10% sesuai dengan perhitungan kita di atas.

AnalisisfundamentalsahamfuturevalueSetelah kita dapatkan future value nya , mari kita hitung Present Value nya , untuk menghitung present value kita bisa menggunakan obligasi Negara sebagai acuan tingkat return yang kita ingin kan , sebagai contoh Obligasi Negara 014 mempunyai kupon sebesar 5.85 % , tentunya kita mengikinkan lebih besar dari pada itu. Mari kita pakai 12 % sebagai perhitungan present value nya.

Analisisfundamentalsahampresentvalue

Setelah kita mendapatkan present value , maka kita jumlahkan semua present value nya ,kita dapatkan 12059.91 . Kita memerlukan satu data lagi dari laporan keuangan WSBP yaitu total equity nya di tahun 2016 untuk full year nya, kita peroleh sebesar 7405.5 dan kita jumlahkan menjadi 19465.41 , Ini menjadi nilai wajar saham . Kalau kita konversi keharga per saham dengan cara membagi nya dengan jumlah saham yang beredar di pasar , akan menjadi 738 rupiah

Analisisfundamentalsahamekuitas

Kalau kita lihat harga saham hari ini adalah 360 rupiah , maka margin of safety yang kita punyai adalah 51.21 % . Harga saham WSBP ini masih dalam down trend yang dalam , harap ikutin analisa teknikal nya untuk menentukan entry poin nya, harga wajar saham berdasarkan laporan keuangan full year 2016

Save

1 thought on “Analisis Fundamental Saham WSBP dan Harga Wajar Saham”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *