Apa saja Ciri-ciri Saham yang Bagus

Beberapa kriteria lainnya dapat dilihat dari pertumbuhan laba bersihnya. Jika laba bersih lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan pesaing, maka perusahaan tersebut cocok untuk dijadikan sebagai ladang investasi, karena memiliki prospek yang bagus. Ciri- ciri saham yang bagus menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan, terutama bagi mereka yang baru terjun di dunia investasi. Meski demikian, pertanyaan ini cukup sulit dijawab mengingat tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana nilai saham berkembang kedepannya. Dalam hal ini, penting bagi anda untuk menilai bibit, bebet serta bobot saham yang akan anda beli supaya tidak salah pilih.

Ciri Ciri Saham Yang Bagus

Berikut ini merupakan kriteria saham yang bisa dijadikan sebagai tabungan sekarang dan masa depan anda.

  • Perusahaan yang menguntungkan

Ciri-ciri saham yang bagus pertama adalah saham pada perusahaan yang baik. Baik dalam hal ini adalah jenis perusahaan yang mampu memberikan keuntungan bagi para pemegang sahamnya. Perusahaan yang mampu memberikan dividen secara rutin pada pemilik saham selama beberapa tahun, bisa anda jadikan prioritas dalam berinvestasi.

  • Saham yang likuid

Saham likuid bisa diartikan sebagai saham yang bukan hanya mudah dibeli melainkan juga mudah untuk dijual. Hal ini dapat terjadi jika peminat antar kegiatan tersebut  cukup banyak. Selain itu, saham likuid juga mempunyai selisih antara harga jual dan beli yang tidak terlalu tinggi.

Selain ciri-ciri di atas, kriteria lain yang dapat dijadikan sebagai acuan saham yang baik adalah perusahaan tidak memiliki jumlah hutang lebih besar dari Debt Equity Ratio (DER), sahamnya menjadi market leader, emiten yang memiliki model bisnis baik dan tentunya jelas dan PER atau price earning rationya, memiliki rata- rata yang tidak jauh berbeda.

Dengan mengetahui ciri-ciri saham yang bagus diharapkan anda mampu mendapatkan keuntungan berlipat ganda atas modal yang anda tanamkan. Hal penting lainnya yang harus anda lakukan adalah berpikir secara logis. Jangan mudah tergiur dengan saham murah karena bisa jadi penjualan saham tersebut tengah bermasalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *