Cara Bermain Saham Cuan Harian Catatan Harian Lone Trader 101119

Cara bermain saham cuan harian , kita akan flash back kondisi market pada penutupan jumat 081119 . IHSG ditutup perkasa meskipun pada sesi pertama sempat terseok seok di angka 6139 rupiah akan tetapi berhasil di tutup perkasa di level 6177 rupiah setelah sempat menyentuh high di 6180 rupiah.

Apakah ada peluang untuk trading senin ini 111119 ? Btw angka tanggal nya cukup cantik , semoga secantik peluang cuan nya he he he he . Sebelum kita mencoba untuk melihat peluang trading nya , banyak yang bertanya via email tentang cara bermain saham dengan modal kecil , sebenarnya di dunia saham ini modal bukan lah menjadi suatu permasalahan untuk memulai bisnis di dunia saham . Dengan seratus ribu rupiah saja anda bisa membeli saham dan cuan dengan modal seratus ribu tersebut. Yang perlu kita perhatikan adalah kejelian kita dalam memilih saham yang akan kita beli. Memang benar jika proses pengambilan keputusan investasi yang umumnya dilakukan oleh investor ada beragam cara , namun di sini kita berbicara tentang bermain saham dengan modal kecil. Apa benar dengan seratus ribu rupiah saja kita bisa membeli saham ? yup jawabnya adalah benar sekali. Kuncinya adalah anda memilih saham dengan harga di bawah 100 rupiah. Jika anda memaksa untuk membeli saham UNVR tentunya tidak akan kebeli karena harga saham UNVR saat ini ada di level 43150 rupiah per lembar nya atau 4.315.000 per lot nya.

Apakah perusahaan yang saham nya di bawah 100 rupiah per lembar nya adalah perusahaan yang jelek ? Wait …tunggu dulu , tidak semua perusahaan yang harga saham nya di bawah 100 rupiah adalah perusahaan yang jelek ya, kita perlu melakukan analisa secara fundamental untuk bisa menyatakan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang jelek. Kalau kita trading kenapa perlu melihat fundamental perusahaan nya ? Sebagai seorang trader cerdas tentunya kita perlu melihat fundamental suatu perusahaan sebelum kita memutuskan untuk trading saham nya , saya pribadi lebih merasa tenang jika trading pada saham di perusahaan dengan fundamental yang bagus. Namun yang terjadi biasanya kebalikan nya , biasanya seorang trader akan beli saham nya dulu sebelum melihat fundamental suatu perusahaan dan setelah saham nya nyangkut baru sibuk melihat fundamental perusahaan nya he he he . Don’t let that happen to you yaaa.

Jika anda seorang pemula yang baru ingin terjun kedunia saham , anda bisa membaca postingan di bawah ini .

Baca Juga : Investasi Saham Buat Pemula

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membaca grafik saham ? Cara membaca grafik saham sebenarnya sederhana saja, memang benar ada ratusan indikator teknikal yang ada, namun jangan kawatir anda tidak perlu menguasai semua indikator teknikal yang ada , cukup mengetahui beberapa saja sudah cukup untuk trading. Diantaranya bisa anda baca di sini

Baca juga : Cuan Saham dengan RSI Indikator

Jadi anda jangan takut untuk melakukan trading dan analisa saham sendiri , jangan pernah tergantung akan rekomendasi orang ya . meskipun mungkin anda beruntung dan cuan dari hasil rekomendasi orang , tapi untuk long run nya anda harus bisa melakukan analisa saham secara independent.

Untuk daftar harga saham perusahaan yang terdaftar di BEI di bawah seratus rupiah anda bisa lihat di sini. Dari sekian banyak saham yang berada di bawah seratus rupiah , kita akan pilih perusahaan yang boleh di bilang mempunyai fundamental yang cukup bagus , di antaranya saham bank ganesha atau saham BGTG , kita akan melihat peluang untuk trading di saham ini hari ini ya.

Untuk indikator teknikal nya di sini kita akan mempergunakan

  1. Bollinger Bands
  2. MACD
  3. RSI

Mari kita perhatikan grafiknya dan cara membaca grafik saham nya di bawah ini.

Cara bermain saham cuan harian saham BGTG
Cara bermain saham cuan harian saham BGTG

Untuk indikator yang pertama adalah Bollinger Bands , jika kita perhatikan saham BGTG ini selalu menyentuh bibir bawah dari bollinger bands dan rebound kembali at least mendekati middle nya ya dan jika tekanan beli nya tinggi akan menembus bibir atas nya juga. Pada penutupan jumat kemaren saham ini menembus bibir bawah bollinger bands nya dan rebound dan berhasil di tutup di atas bibir bawah nya. Jika kita perhatikan level middle nya ada di level 69 rupiah , yang bisa kita jadikan sebagai target price kita dengan range masuk di harga 66 rupiah yang merupakan bibir bawah bollinger nya. Kita bisa melakukan entry pada level 64-67 kenapa 64 ? 64 adalah low pada perdagangan jumat kemaren , bisa kita jadikan sebagai level support nya . Kelihatan nya sangat kecil ya misal kita beli 66 dan jual 67 tapi tunggu dulu …kelebihan dari harga saham di bawah 100 ini adalah satu tick nya di sini bernilai 1.49 % so jika anda beli 67 dan jual 68 anda sudah cuan sebesar 1.49 % di potong dengan fee so sekitar 1 % ya . Bandingkan dengan saham dengan harga di atas 1000 di mana satu tick nya belum bisa untuk menutup fee broker.

Untuk indikator yang kedua MACD , kita perhatikan bahwa posisi MACD nya baru mau menuju golden cross , apa itu golden cross MACD ? anda bisa membacanya di sini. Golden Cross MACD Bukan posisi yang ideal sebenarnya untuk masuk , tapi di sini kita bukan buy dan hold melainkan buy and sell di hari yang sama so its ok to enter but not for hold.

Untuk indikator RSI nya cukup cantik , berada di atas level 40 % dan pointing up . Untuk detail tentang rsi ini anda bisa membacanya di postingan kita sebelumnya mengenai RSI indikator.

So let see pada market hari ini apakah cara bermain saham cuan hari ini di saham BGTG akan memberikan cuan at least 1 % untuk hari Senin ceria ini.

Perlu di ingat bahwa ini bukan ajakan untuk membeli atau menjual , di sini adalah ide untuk melakukan trading atau cara bermain saham dengan modal kecil. Saham BGTG kita jadikan sebagai contoh salah satu saham di bawah 100 rupiah dengan fundamental yang cukup bagus. Apakah ada perusahaan selain ini ? tentu saja masih ada and that will be your homework to figure it out.

Dont forget to share and follow our instagram @analisafundamental

Any question dont hesitage to email us at : analisafundamentalsaham@gmail.com

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Pinterest