Cara cepat menghitung harga wajar saham

Cara cepat menghitung harga wajar saham selalu menjadi pertanyaan yang terkadang bermacam macam jawaban nya. Memang tidak ada sebenarnya cara yang 100 persen benar , hal itu juga di nyatakan oleh Benjamin Graham selaku bapak value investor dunia. Walaupun begitu tentu tetap ada cara yang bisa kita pakai untuk memperkirakan harga wajar suatu saham.

Salah satu cara untuk mengetahui harga wajar saham di sini dalam konteks saham mahal atau murah , kita bisa mempergunakan software yang sehari hari kita pergunakan yaitu RTI bisnis.  Terus bagaimana cara nya ? Mari kita buka aplikasi tersebut .

Kita akan ambil contoh TLKM yang lagi kekinian karena diskon , apa benar benar diskon , mari kita lihat bersama .

Cara menghitung cepat harga wajar saham
Cara menghitung cepat harga wajar saham

Cara cepat menghitung harga wajar saham key statistic RTI

Mari kita perhatikan Market Cap dari Telkom yang sebesar 420.34 T . Kemudian mari kita buka key statistics di RTI sebagai berikut.

Cara menghitung cepat harga wajar saham key statistic
Cara menghitung cepat harga wajar saham

Kita perhatikan EPS proyeksi ( untuk lebih akurat bisa kita tunggu LK bulan December )  adalah sebesar 237 rupiah. Mari kita ber andai andai , paling enak kan ber andai andai .

Andaikan kita mempunyai uang sebesar 420.34 T dan kita ingin membeli seluruh saham telkom.  Jika kita membeli suatu perusahaan atau bisnis tentunya kita menginginkan imbal hasil yang sesuai dengan modal yang kita tanamkan, benar apa benar ? Nah jika kita membeli telkom seharga 420.34 T yang berarti kita membeli telkom di harga 4170 rupiah , apakah anda happy dengan retun sebesar 237 rupiah per lembar saham nya  ?

Yang kalau kita hitung kembali 237/4170 sebesar  5.68 % kalau kita konversi ke persentasi.

Apakah imbal hasil ini memuaskan? Uang anda sebesar 420.34 T mendapat return sebesar 5.68 % ?  Bunga deposito pada saat ini berkisaran 5 – 6 % Net kalau kita bawa ke BPR bisa 12-13 % . Jadi pertanyaan nya mendingan di Deposito atau dibelikan Telkom jika anda memang mempunyai uang 420.34 T ?  So anda bisa menyimpulkan sendiri dengan harga per lembar saham saat ini , harga nya termasuk wajar atau tidak wajar , mahal atau murah .

Salam sukses investasi !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *