Cara Menghitung Saham Agar Bisa Memprediksi Kesuksesan

Menghitung saham dapat dilakukan dengan menghitung lembar saham. Keuntungan menghitung saham adalah bisa memprediksi kesuksesan. Pendapatan per Lembar Saham disebut juga Earnings Per Share (EPS). Pendapatan per Lembar Saham ini adalah salah satu cara menghitung saham secara terstruktur. Setiap lembar saham akan mencerminkan berapa banyak profit yang diperoleh. Secara sederhana, menghitung saham bisa dilakukan dengan mengalikan EPS dengan profit. Seorang pemegang saham harus selalu memperhatikan nilai tersebut. Cara menghitung EPS secara sederhana yaitu dengan mencari angka profit bersih dari perusahaan di tahun buku yang lalu melalui beberapa sumber seperti website keuangan dan perusahaan yang bersangkutan.

Cara Menghitung Saham

Yang perlu digarisbawahi adalah ada beberapa jenis laba bersih yaitu laba bersih kuartalan yang diperoleh dalam jangka waktu tiga bulan, serta laba bersih tahunan yang diperoleh setiap 12 bulan. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mencari tahu berapa jumlah lembar saham yang sudah beredar di pasaran. Jika sudah mendapatkan informasi yang tepat, lalu lakukan pembagian antara laba bersih dengan jumlah lembar saham yang beredar di pasaran. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian cara menghitung saham secara sederhana dan tidak rumit, sangat cocok untuk pemula. Namun, selain metode sederhana ada juga cara kedua yakni menghitung EPS tertimbang.

EPS tertimbang dapat dihitung dengan rumus yang akurat. Kelebihan metode ini adalah bisa lebih banyak menghasilkan penghitungan yang akurat. Para pemegang saham harus menemukan sejumlah uang yang dibayarkan pada setiap pemegang saham. Sejumlah uang tersebut diistilahkan sebagai dividen. Berbeda dengan profit bersih yang bisa dilihat dari rentang waktu tahunan, dividen biasa didapatkan setiap kuartal. Setelah dividen ditemukan, maka kurangi laba bersih dengan dividen sehingga terakumulasi saham preferen. Terakhir, bagi hasil pengurangan yang sudah dilakukan dengan jumlah lembar saham yang sedang beredar. Itulah berbagai metode atau cara menghitung saham yang dapat dilakukan para pemegang saham. Selain lebih mudah, saham ternyata juga memberikan banyak keutungan jika pelakunya selalu ingin belajar dan melakukan upgrading kemampuan di bidang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *