Harga Wajar Saham PGAS 2017 Tahan atau Jual atau Tidak Tahu

Harga wajar saham pgas 2017 menjadi suatu pertanyaan besar bagi para trader dan investor karena performa saham nya yang kian hari kian turun dan selalu membentuk all time low dalam 5 tahun terakhir. Apakah masih layak saham ini untuk di koleksi atau kah tidak ?

Harga Wajar Saham PGAS 2017
Harga Wajar Saham PGAS 2017

Mari kita perhatikan secara TA dari graph di atas , jika kita perhatikan harga PGAS selalu di tutup di bawah MA 5 , MA 10 dan MA 20 dan juga MA 50 yang berarti super strong down trend. Mari kita lihat indikator stochastic dan momentum dalam posisi up meskipun kurang di dukung dengan indikator MACD yang bermalas malasan untuk GC . Dari 3 indikator ini sebenarnya PGAS masih layak untuk trading harian . Namun jika kita menghitung faktor resiko tentunya sangat beresiko karena ada potensi PGAS akan turun hingga 1110 rupiah dengan reward hanya 3.4 % vs 21 % .

Bagaimana jika kita sudah terlanjur masuk di harga atas ? Sebelum kita membahas solusi nya mari sekilas kita lihat PGAS secara fundamental . Ada metode valuasi yang sangat sederhana dalam artian kita tinggal lihat saja berapa harga IPO dari PGAS . PGAS IPO pada 5 Desember 2003 dengan nilai 1500 rupiah , dengan membandingkan dengan harga sekarang, kita sudah bisa menilai nya kan . Baiklah kita lanjut dengan Earning , salah satu syarat perusahaan yang bisa di jadikan investasi dan menabung saham adalah perusahaan yang selalu memperoleh untung atau profit, mari kita lihat EPS PGAS pada tabel di bawah ini.

Harga Wajar Saham PGAS 2017 EPS

HargaWajarSahamPGAS2017EPS
HargaWajarSahamPGAS2017EPS

Earning PGAS mengalami penurunan , Earning di sini adalah EPS , kita lihat di laporan keuangan quartal kedua sebesar minus 0.0019 USD sehingga bila kita setahunkan akan menjadi 0.0042 USD , turun tajam jika di bandingkan dengan tahun 2016 sebesar 0.0126 USD . Mari kita perhatikan market cap PGAS sebesar 34.54 T sedangkan Equity PGAS sebesar 3.10 B USD , tentunya anda bisa menilai apakah mahal atau murah dengan hanya membandingkan kedua nilai tersebut. Rasanya masih kurang ya, mari kita lihat balance sheet dari PGAS . Perhatikan tabel di bawah ini :

Harga Wajar Saham PGAS 2017 Balance Sheet

HargaWajarSahamPGAS2017BalanceSheet
HargaWajarSahamPGAS2017BalanceSheet

Dalam tabel di atas , hal yang perlu kita perhatikan adalah rasio DER nya , mengalami kenaikan di tahun 2013 hingga 2016 dan mengalami penurunan di 2017 , hal ini merupakan indikasi yang bagus . Tapi berapa sebenarnya nilai DER dari PGAS ini ? Mari kita lihat graph di bawah ini.

Harga Wajar Saham PGAS 2017 Valuasi

HargaWajarSahamPGAS2017Valuasi
HargaWajarSahamPGAS2017Valuasi

DER PGAS ada di 103.41 % relative di atas persyaratan perusahaan layak untuk investasi yaitu di bawah 100% . Tapi perlu kita perhatikan lagi QR dan CRR dari PGAS , dengan kedua ratio tersebut bisa di pastikan bahwa PGAS tidak akan kesulitan untuk membayar utang nya yang akan jatuh tempo dalam waktu kurang dari satu tahun. Satu hal menarik lainnya adalah bahwa deviden yield PGAS ada di angka 5.28 % cukup bagus mengingat deposito pada saat ini ada di kisaran 4.5 % sampai dengan 6 % . Untuk jangka panjang PGAS bisa di katakan layak untuk menjadi salah satu saham investasi atau menabung saham.

Kita kembali ke bagaimana jika kita sudah masuk PGAS tapi di harga atas ? Ada dua solusi di sini , yang pertama adalah average down dimana kita akan membeli saham PGAS setiap dia membikin new low sebanyak paling tidak sama dengan jumlah lot di harga atas , idealnya lebih besar dari lot harga atas karena kita menginginkan agar average bisa turun. Kelemahan metode ini adalah akan sangat diperlukan cash yang besar untuk melakukan nya. Nah bagaimana kalau kita tidak mempunyai cash yang banyak ? Solusinya kita bisa menggunakan cara kedua yaitu average cost . Dengan metode ini kita akan menjual sebagian saham PGAS kita di harga tertinggi saat dia rebound dan membeli kembali di saat dia turun dengan demikian kita akan memperoleh jumlah lot yang lebih banyak , jadi kita tidak perlu menambah cash untuk melakukannya. Permasalahan nya di metode average cost adalah anda harus benar benar paham technical analysis untuk menentukan saat rebound.

Save

1 thought on “Harga Wajar Saham PGAS 2017 Tahan atau Jual atau Tidak Tahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *