Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Lebih Mendalam

Harga wajar saham ultj part 2 , kita akan melanjutkan pembahasan laporan keuangan ULTJ quarter 3 . Mari kita perhatikan balance sheet di bawah ini :

Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Balance Sheet
Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Balance Sheet

Property,mesin ,alat alat semuanya masuk ke dalam kolom fixed asset . Di sini kita lihat ada depresiasi atau penurunan atau penyusutan dari nilai asset setiap tahun nya. Karena ULTJ ini memproduksi susu cair segar , bisa kita lihat bahwa hewan peliharaan atau hewan ternak menjadi salah satu asset terpenting buat ULTJ ini. Perusahaan yang tidak mempunyai keunggulan kompetitif jangka panjang akan selalu menghadapi kompetisi harga yang memaksa mereka untuk selalu upgrade peralatan mereka , untuk bisa menghasilkan produk yang lebih murah agar biar bisa bersaing. Dan hal ini bisa kita lihat dari besar nya pengeluaran hanya untuk upgrade peralatan. Sedangkan perusahaan yang mempunyai keunggulan kompetitif jangka panjang yang bagus, hanya akan mengganti alat mereka saat alat sudah mulai rusak.  Produk utama dari ULTJ ini berupa susu cair segar yang dari dulu hingga sekarang mempunyai proses yang sama dan tidak pernah berubah dari proses pengambilan susu sampai pengolahan nya . Satu keunggulan ULTJ ini mempunyai mesin pengolah UHT yang terbesar di Indonesia.

Satu hal lagi yang perlu kita perhatikan di kolom asset tidak lancar adalah good will. Good will ini biasanya akan muncul saat perusahaan membeli perusahaan atau bisnis lain , hal ini bisa berarti bagus jika perusahaan membeli perusahaan lain yang juga mempunyai keunggulan kompetitif jangka panjang.

Kemudian ada intangible asset , ini merupakan asset tak berwujud dalam artian seperti merk atau brand names,trademarks , franchises. Terkadang ada penyalahgunaan dalam intangible asset ini karena penilaian nya yang terkesan abu abu.

Mari kita perhatikan bahwa total asset dari ULTJ ini bertumbuh sebesar 676.375.347.543 rupiah atau sebesar 15.96 % dari periode sebelumnya.  Total asset ini sangat penting karena bisa menggambarkan seberapa efesien perusahaan di dalam menggunakan asset nya, Return on Asset ya…tentunya kita tidak asing lagi dengan istilah ini. ROA ini kita peroleh dengan membagi net earnings dengan total asset.

Berikutnya mari kita bahas utang atau liabilitas dari ULTJ ini , mari kita lihat tabel di bawah ini :

Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Liabilitas
Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Liabilitas

Liabilitas lancar adalah utang perusahaan yang akan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Apa sebenarnya yang bisa kita lihat dari liabilitas lancar ini ?

Short term loan atau utang jangka pendek di sini adalah utang yang akan jatuh tempo kurang dari satu tahun , utang jangka pendek ini jauh lebih murah di bandingkan dengan utang jangka panjang, hal ini terkait dengan bunga yang harus di bayarkan.

Trade payable atau utang usaha ini adalah utang perusahaan terhadap biasanya penyedia barang dan jasa yang berhubungan dengan usaha perusahaan.

Bagian terpenting dari laporan ini adalah bagian utang jangka panjang yang jatuh tempo dalam satu tahun , ingat bahwa perusahaan yang mempunyai keunggulan kompetitif jangka panjang TIDAK memerlukan atau hanya memerlukan sedikit utang jangka panjang. Jadi jika kita menemukan suatu perusahaan yang mempunyai utang jangka panjang yang jatuh tempo dalam satu tahun dalam jumlah yang sangat besar , itu berarti perusahaan tidak mempunyai keunggulan kompetitif jangka panjang. Di sini bisa kita lihat ULTJ mempunyai utang jangka panjang yang jatuh tempo dalam satu tahun dalam jumlah yang relative kecil .

Dari total current liability ini kita bisa mendapatkan satu ratio penting , ratio liquidity suatu perusahaan.  Current Ratio kita peroleh dengan membagi total current asset dengan total current liability dalam hal ini kita peroleh : 3.297.538.645.303 / 600.228.490.762 = 549.38 % boleh di bilang sangat bagus sekali. Standard normal adalah di atas 150 % -200%. Ini artinya apa ? Artinya ULTJ tidak akan mengalami kesulitan sama sekali di dalam membayar semua utang nya yang jatuh tempo dalam satu tahun.

Apakah ULTJ ini mempunyai utang jangka panjang yang besar ? Mari kita perhatikan tabel di bawah ini :

Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 LTDebt
Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 LTDebt

Di sini bisa kita lihat bahwa utang jangka panjang ULTJ ini sangat lah kecil hal ini membuktikan bahwa ULTJ ini memiliki durable competitive advantage yang cukup baik dimana perusahaan tidak memerlukan utang jangka panjang untuk mensupport usaha nya karena dengan penghasilan nya sendiri saja sudah lebih dari cukup. Fungsi nya apa kita mengetahui Total Liability ?

Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Equity
Harga Wajar Saham ULTJ Part 2 Equity

Sebelum kita membahas tabel di atas ada hal yang perlu kita ketahui disini , perusahaan bisa menambah modal dengan menjual bonds atau saham bedanya kalau bonds perusahaan harus membayar nya kembali saat jatuh tempo sedang kan saham mereka tidak perlu membayar kembali di kemudian hari. Saham itu sendiri ternyata mempunyai second class equity yang kita sebut preferred stock. Perbedaan nya dengan saham biasa , preferred stock holder ini mempunyai hak untuk menerima deviden terlebih dahulu sebelum pemilik saham biasa menerima deviden akan tetapi preferred stock holder ini tidak mempunyai hak suara. Kelebihan lain nya adalah jika suatu waktu perusahaan bankrut , pemegang saham preferred ini akan di bayar terlebih dahulu . Trus apa hubungan nya dengan tabel equitas di atas ? Suatu perusahaan yang mempunyai durable competitive advantage biasanya tidak menerbitkan preferred stock. Dari laporan ekuitas ULTJ tesebut perusahaan tidak menerbitkan preferred stock.

Ada satu hal yang sangat penting dari laporan equity di atas yaitu retained earning , why ?

Penghasilan bersih suatu perusahaan pada akhirnya akan di bagikan sebagai devidens atau di pergunakan untuk membeli kembali saham perusahaan atau bisa di kembalikan ke perusahaan untuk kepentingan pengembangan perusahaan tersebut. Inilah yang di sebut dengan retained earnings. Nilai retained earning ini merupakan akumulasi dari tahun tahun sebelum nya. Jika nilai dari retained earning ini tidak bertumbuh , artinya perusahaan juga tidak bertumbuh jadi jika anda menemukan suatu perusahaan yang retained earning nya tidak bertumbuh, maka perusahaan itu tidak cocok anda jadikan sebagai kendaraan berinvestasi anda. Nilai retained earnings ini bisa juga bertumbuh karena perusahaan mengakuisisi perusahaan lain yang juga mempunyai keunggulan kompetitif jangka panjang , tapi jika salah mengakuisisi perusahaan maka retained earnings nya akan terkuras oleh perusahaan yang baru di akuisisi tersebut.

Satu hal yang harus kita perhatikan lagi adalah “Equitas yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk” pastikan nilai nya selalu bertumbuh karena ini adalah milik pemegang saham. Di sini nilainya mengalami kenaikan sebesar 16.25 % dari tahun sebelum nya. Dan dari sini lah kita bisa menghitung book value dari pada ULTJ ini juga berapa besar ROE dari ULTJ ini .

Jika kita berbicara mengenai ROE kita harus jeli seandainya kita menemukan suatu perusahaan dengan ROE yang tinggi , kita musti mencari tahu apakah ROE tinggi ini murni karena modal sendiri atau ada levarage berupa utang, karena perusahaan yang menggunakan utang yang sangat besar bisa menghasilkan ROE yang tinggi.

Untuk detail laporan keuangan kuartal 3 dari ULTJ ini bisa anda unduh di sini.

Selamat berinvestasi dengan bijak sebelum kita akhiri harga wajar saham ultj part 2 artikel ini last but not least ada pesan dari Warren Buffett :

” I look for businesses in which I think I can predict what they’re going to look like in ten to fifteen years’ time. Take Wrigley’s chewing gum. I don’t think the Internet is going to change how people chew gum.” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *