IHSG turun saatnya berinvestasi apa iya ?

IHSG turun saatnya berinvestasi ? Pertanyaan ini sering kita dengar di saat IHSG mengalami koreksi baik koreksi sehat maupun koreksi dalam. Jika kita perhatikan grafik pergerakan IHSG ini cukup menarik sekali .

ihsg turun saatnya berinvestasi weeklyDari weekly chart di atas nampak sekali IHSG berusaha mati matian untuk menembus level 6304.952 yang so far menjadi resistan yang sangat kuat.  Mari kita perhatikan grafik di bawah ini .

ihsg turun saatnya berinvestasi monthlyDari chart 1 bulan nampak sekali koreksi yang cukup dalam dari level 6619.804 menuju 6210.698 . Apakah koreksi ini masih wajar ? Mari kita perhatikan grafik berikut ini .

ihsg turun saatnya berinvestasi 3 MonthKalau kita perhatikan dari grafik 3 bulan ini , ternyata IHSG membentuk pola double top di area 6689.287 dan koreksi yang terjadi masih di bilang wajar , yang menjadi pertanyaan adalah apakah akan membentuk double bottom di 6109.482 ?  Mari kita perhatikan grafik di bawah ini.

ihsg turun saatnya berinvestasi 3 Month Elliot WaveBisa kita lihat bahwa IHSG ini tergambar dengan begitu sempurna nya , berdasarkan analisa Elliot Wave dengan Wave 3 extended sehingga wajar jika wave 5 berakhir di sekitar 38,2 % fibo nya . Dari curva koreksi setelah lengkap 5 wave kita sudah mendapati 3 pola a, b dan c namun yang menjadi pertanyaan apakah c akan extended ? Kalau tidak , c bisa menjadi awal dari siklus wave 1 yang artinya IHSG akan memantul kembali. Tentunya ini yang kita harapkan akan terjadi pada senin depan.

Apa yang harus kita lakukan disaat IHSG turun saatnya berinvestasi ? Kita harus kembali kepada tipe apakah kita sebagai trader ? Jika kita merupakan trend follower tentunya di saat IHSG turun kita akan mengamankan dana kita terlebih dahulu hingga trend berbalik arah , akan tetapi jika kita penggemar bottom fishing , tentunya ini merupakan suatu peluang yang besar . Ingat bahwa setiap IHSG mengalami koreksi , saham saham LQ45 akan terhantam terlebih dahulu , so…saat nya anda memilih saham saham LQ45 yang masih undervalue , ingat yang undervalue , bukan diskon secara harga yaa. Maksud dari diskon secara harga adalah anda melihat harga sekarang dibandingkan dengan all time high nya , itu yang dinamakan diskon secara harga. Tidak 100% salah , akan tetapi jika IHSG mengalami koreksi lanjutan maka anda juga akan di hantam dengan turun nya IHSG karena meskipun diskon secara harga , saham yang anda pilih bisa jadi masih overvalue alias mahal secara valuasi.

So jangan panik , ambilah kesempatan di setiap kepanikan yang ada, but be smart trader and investor yaaa.

Salam Sukses Investasi !

Filed under:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *