Ini Keuntungan dan Kerugian Obligasi dan Saham

Ada 2 macam instrumen investasi yang biasa digunakan oleh para investor yaitu obligasi dan saham. Obligasi adalah surat bukti hutang atau bond yang bisa diterbitkan oleh perusahaan swasta atau pribadi maupun BUMN sedangkan saham adalah surat yang menunjukkan keiutsertaan seorang investor di dalam sebuah perusahaan dimana peran investor di sini adalah sebagai pemberi modal. Kedua instrumen investasi ini menarik perhatian banyak orang yang gemar dengan dunia bisnis karena memang keduanya bisa memberikan keuntungan yang besar. Lalu apa sajakah keuntungan obligasi dan saham ini? Dan apakah keduanya memiliki kerugian juga? Oke, untuk mendapatkan jawaban dari dua pertanyaan tersebut, mari simak keuntungan dan kerugian obligasi dan saham yang akan kami bagikan di bawah ini.

Keuntungan Dan Kerugian Obligasi Dan Saham
Businessmen balancing on financial tightrope

Adapun keuntungan dan kerugian obligasi dan saham yang kami maksud adalah sebagai berikut:

  • Keuntungan dan Kerugian Obligasi

Keuntungan dari obligasi ini adalah bisa memberikan pendapatan yang tetap atau fixed income yang berupa kupon, bisa memberikan keuntungan atas penjuala capital gain atau obligasi dan bunganya lebih besar jika dibandingkan dengan deposito. Sedangkan kerugian obligasi adalah jika pihak perusahaan yang berhutang mengalami kebangkrutan, otomatis perusahaan tersebut tidak bisa mengembalikan hutangnya.

Selain itu, obligasi ini memiliki jangka waktu yang panjang sehingga obligasi tidak bisa dicairkan setiap saat investor memerlukannya. Kerugian lainnya adalah memiliki resiko tingkat suku bunga serta ada kemungkinan perusahaan tidak mampu mengembalikan pokok dari obligasi.

  • Saham

Adapun keuntungan dari saham ini adalah bisa mendatangkan keuntungan yang besar bila harga saham sedang naik. Selain itu, seorang investor hanya perlu mengeluarkan sedikit modal tetapi hasil yang akan diperoleh bisa berkali-kali lipat. Sifat kepemilikan saham juga tidak dibatasi oleh waktu tertentu dan investor memiliki hak untuk bersuara.

Sedangkan kerugiannya adalah selalu ada resiko kehilangan modal bila perusahaan dinyatakan bangkrut dan ada juga resiko kehilangan jika harga saham sedang mengalami penurunan.

Nah, itulah sekilas keuntungan dan kerugian obligasi dan saham. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bisa menambah pengetahuan Anda ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *