Investasi Saham Atau Trading Saham Mana Lebih Baik ? Berikut Ulasannya

Investasi saham adalah menginvestasikan saham yang sudah dibeli untuk dijual kemudian hari saat harganya naik. Sementara itu, trading saham adalah kegiatan membeli saham lalu memantau dengan seksama kapan saham tersebut harganya naik, untuk selanjutnya dijual. Diantara keduanya, investasi saham atau trading saham mana lebih baik ? Tentu sebelum berkutat di dunia saham seseorang harus memahami informasi keduanya terlebih dahulu. Jangan sampai salah langkah dan sudah terlanjur membeli saham ternyata salah pengaplikasiannya. Dari sisi urgensi, seorang investor saham tidak buru – buru membutuhkan uangnya kembali. Sementara trader saham biasanya membutuhkan uang itu untuk kembali dan diputar dalam waktu cepat.

Investasi Saham Atau Trading Saham Mana Lebih Baik

Karena perbedaan tersebutlah, seseorang yang menginvestasikan sahamnya disebut long term investor. Namun, bagaimana denga pertimbangan selain waktu? Investasi saham atau trading saham mana lebih baik ? Dari sisi investasi, ada beberapa alasan yang membuat seseorang lebih memilih untuk menjadi long term investor saham. Contohnya saja Warren Buffet yang menjadi investor saham terkenal dunia dengan kekayaan melimpah. Dengan adanya uang berlebih, maka seseorang tidak akan ingin menjual sahamnya secara terburu – buru. Bagi seseorang yang memiliki konsentrasi di bisnis lain, maka sebaiknya memilih pekerjaan sampingan sebagai invertor saham. Jadi, pemantauan harga saham tidak perlu dilakukan setiap saat, cukup pada waktu – waktu tertentu saja jika pekerjaan tidak dilakukan.

Sementara itu, pertimbangan tentang investasi saham atau trading saham mana lebih baik dari sudut pandang trader adalah keuntungan bisa lebih cepat diperoleh. Seorang trader hanya perlu sigap dalam memahami perubahan harga saham yang bisa berlangsung dalam hitungan detik. Saat harganya naik, maka saham harus langsung dijual. Bahkan keuntungan 1% bisa menjadi peluang yang amat besar dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Meskipun lebih banyak pengusaha yang menjadi kaya dan sukses karena keberhasilannya berinvestasi saham, tetapi melakukan trading juga bisa memberikan banyak keuntungan. Jadi, pilihan bisa kembali pada masing – masing personal. Apakah keinginannya untuk menjadikan saham sebagai keuntungan utama atau tambahan dalam kehidupan finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *