Jenis Jenis Saham Berdasarkan Cara Pengolahannya

Saham bisa diartikan sebagai tanda penyertaan modal pada PT yang diperoleh melalui pembelian atau cara lain untuk memberikan hak atas deviden dan lain- lain. Jenis jenis saham berdasarkan cara pengolahannya, bisa anda simak dalam ulasan yang berikut ini.

Jenis Jenis Saham Berdasarkan Cara Pengolahannya.

jenis saham dilihat dari kemampuan dalam hak klaim

  •  Saham biasa atau common stock

Saham ini mewakili klaim kepemilikan atas aktiva dan pendapatan suatu perusahaan. Pemilik saham ini memiliki kewajiban yang terbatas. Sebagai contoh ketika perusahaan mengalami kabangkrutan maka kerugian maksimum akan ditanggung oleh si pemilik saham. Adapun jumlah kerugian yang ditanggung adalah sebesar investasi yang ditanamkan.

  • Saham preferen

 Jenis saham ini mewakili kepemilikan ekuitas dan diterbitkan tanpa adanya tanggal jatuh tempo yang tertulis pada lembaran saham. Pemilik saham preferen akan  mendapatkan penghasilan tetap seperti halnya bunga obligasi.

Jenis saham dilihat dari cara peralihannya

  •  Saham atas unjuk

jenis jenis saham berdasarkan cara pengolahannya yang selanjutnya adalah dilihat dari cara peralihannya. Adalah saham atas unjuk yaitu saham yang tidak tertulis nama pemiliknya supaya mudah untuk dipindahtangankan.

  • Saham atas nama

Jenis saham ini ditulis dengan jelas siapa nama pemiliknya dan harus mengikuti prosedur tertentu saat akan dipindahtangankan.

Jenis saham dilihat dari kinerja perdagangan

  •  Speculative stocks

Saham ini merupakan saham atas perusahaan yang tidak bisa memberikan  pendapatan secara konsisten dari tahun ke tahun. Meski demikian, ada kemungkinan saham ini mampu memberikan banyak keuntungan di masa depan.

  • Counter cylical stocks

Saham ini tidak terpengaruh  oleh situasi bisnis secara umum ataupun kondisi makro di pasaran.

  • Growth stocks

Saham ini berasal dari emiten dengan pertumbuhan pendapatan tinggi sebagai leader pada industri sejenis dengan reputasi yang tinggi.

  • Income stock

Saham ini berasal dari suatu emiten dengan kemampuan membayar lebih tinggi dibandingkan dengan rata- rata dividen tahun sebelumnnya.

  • Blue- chip stocks

Saham ini didapat dari perusahaan dengan reputasi tinggi dan memiliki pendapatan stabil serta konsisten.

Bahasan diatas merupakan jenis jenis saham berdasarkan cara pengolahannya. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *