Jenis-Jenis Saham Dan Penjelasannya Untuk Calon Investor Baru

Dunia investasi sekarang ini mengalami naik daun, hasil yang menjanjikan dan perputaran uang yang pasti menjadikan beberapa orang yang memiliki income berlebih tertarik melakukan investasi. Bahkan lebih menjanjikan lagi jika memiliki suatu saham, dalam perbisnisan semakin banyak seseorang atau perusahaan memiliki pegangan saham yang menjanjikan maka keamanan keuangan perusahaan dan individu tersebut semakin terjamin, sebab saham-saham tersebut memiliki nilai dan harga jualnya tersendiri. Tetapi perlu anda ketahui dahulu sebelum memutuskan membeli saham, bahwa tidak semua saham memiliki nilai yang besar ada beberapa jenis-jenis saham dan penjelasannya yang harus anda pelajari terlebih dahulu, terlebih lagi bagi anda calon investor yang masih tergolong baru dan belum memiliki pengalaman sama sekali terjun dalam dunia perbisnisan global.

Jenis Jenis Saham Dan Penjelasannya

Maka dari itu, anda harus memikirkan secara matang dan sungguh-sungguh ketika hendak menanam, membeli ataupun menarik suatu saham. Alangkah baiknya jika anda mempelajari terlebih dulu jenis-jenis saham dan penjelasannya a enakan sifatnya yang fleksibel dan tidak merugikan investor, apabila perusahaan mendapatkan keuntungan gar anda tidak salah mengambil langkah yang akhirnya nanti malah akan merugikan perusahaan anda atau bahkan keuangan anda sendiri sebagai seorang investor:

  1. Yang pertama adalah jenis saham biasa atau biasa disebut dengan common stock, saham ini adalah saham yang paling banyak digunakan dikar maka investor akan mendapatkan dividen, begitupun sebaliknya jika perusahaan dalam keadaan genting maka investor tidak mendapatkan apa-apa.
  2. Jenis saham preferen, pemegang saham jenis yang satu ini kedudukannya lebih tinggi dari pemegang saham biasa, keistimewaan yang dimiliki pemilik saham ini adalah jika perusahaan mengalami kebangkrutan maka pemilik saham preferen berhak mendapatkan sisa asset lebih dulu.
  3. Saham atas unjuk, saham jenis ini dituliskan nama untuk pemiliknya sehingga jika suatu saat terjadi perpindahan investor tidak rumit dan dilalui secara hukum.

Ketiga jenis-jenis saham dan penjelasannya yang sudah dipaparkan di atas dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda, masing-masing jenis saham tersebut tentulah memiliki keunggulan masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *