Keuntungan dan Kerugian Investasi Deposito, Emas, Properti, dan Obligasi

Dalam dunia bisnis, investasi adalah salah satu diantaranya yang banyak digandrungi oleh orang-orang guna mendapatkan tambahan penghasilan. Investasi adalah suatu cara untuk mendapatkan sejumlah keuntungan melalui penanaman modal atau membeli suatu aset berharga yang ditawarkan. Meskipun investasi ini menjanjikan keuntungan yang berlipat, tetapi tetap saja investasi memiliki kerugian. Nah, keuntungan dan kerugian investasi inilah yang akan kami bahas dalam kesempatan kali ini.

Keuntungan Dan Kerugian Investasi

Sebelum melangkah ke pembahasan keuntungan dan kerugian investasi tersebut, kita harus tahu bahwa investasi ini terdiri dari beberapa jenis, antara lain deposito, emas, properti, saham, obligasi, reksadana dan tabungan. Masing-masing dari jenis investasi tersebut memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri-sendiri. Namun yang akan kami bahas dalam kesempatan kali ini hanyalah investasi deposito, emas, properti dan obligasi, sebagai berikut:

  • Deposito

Keuntungan dari investasi jenis yang pertama ini adalah kerugian dan persaingannya kecil, sehingga keuntungan bunganya lebih besar jika dibandingkan dengan investasi tabungan yang biasa. Sedangkan kerugiannya adalah tidak ditarik kapanpun karena jika ditarik sebelumjatuh tempo, akan dikenai penalti yang bisa mengurangi nilai penambahan keuntungannya.

  • Emas

Emas adalah aset yang liquid dan keuntungan investasi jenis emas ini adalah nilainya cenderung stabil dan nilai tukar dollar yang juga cenderung searah dengan harga emas itu sendiri sehingga jika harga emas naik, investor pun akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Sedangkan kerugiannya adalah terletak di resiko penyimpanan. Jika investor menyimpannya sendiri, selalu ada kemungkinan pencuri mengincarnya, tetapi jika disimpan di safe deposit box bank, investor juga harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit terlebih dahulu.

  • Properti

Keuntungan dari investasi properti adalah resikonya tidak terlalu besar, tetapi kerugiannya adalah jika investor membutuhkan dana, dia harus menunggu selama beberapa waktu karena proses jual beli properti ini bisa berlangsung dalam waktu yang lumayan lama.

  • Obligasi

Keuntungan dari investasi obligasi adalah bunga yang akan didapatkan investor lebih besar, sedangkan kerugiannya adalah tidak mudah untuk menariknya kembali sebelum mencapai tanggal kesepakatan yang telah disetujui oleh perusahaan penerima hutang dan investor.

Oke, itulah keuntungan dan kerugian investasi deposito, emas, properti dan tabungan, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *