Keuntungan dan Kerugian Investasi yang Harus diketahui

Ketika anda memutuskan untuk melakukan investasi, ada keuntungan dan kerugian investasi yang akan anda dapatkan. Meski demikian anda bisa meminimalisir resiko melalui metode atau strategi yang tepat.

Berikut ini merupakan keuntungan serta kerugian yang akan anda dapatkan dalam dunia investasi.

Keuntungan Dalam Berinvestasi

Keuntungan investasi

Beberapa keuntungan dalam berinvestasi antara lain adalah dividen, capital gain serta Saham bonus dan right issue.

  • Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan yang didapat dari laba bersih atas perolehan pendapatan suatu perusahaan. Semakin besar laba yang didapat, maka semakin besar pula dividen yang akan perusahaan berikan.

  • Capital Gain

Keuntungan ini didapat dari selisih antara harga jual, serta harga beli. Hal ini dapat terjadi ketika anda membeli saham dan menjualnya kembali ketika saham mengalami kenaikan harga.

  • Saham bonus dan right issue

Keuntungan dalam berinvestasi bisa juga didapatkan dari saham bonus serta right issue bagi para pemegang saham.

Kerugian invetasi

Keuntungan biasanya berbanding lurus dengan resiko yang mungkin bisa terjadi. Beberapa kerugian investasi yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Resiko likuidasi

Resiko yang pertama adalah terjadinya kebangkrutan atau likuidasi. Hal ini dapat terjadi ketika badan usaha memiliki kinerja yang buruk. Jika perusahaan terancam bangkrut secara otomatis harga saham akan mengalami penurunan. Sebelum mengalami hal buruk yang akan merugikan anda kedepannya, ada baiknya anda membeli saham pada perusahaan dengan kinerja yang bagus.

  • Capital loss

Keadaan ini dapat terjadi ketika anda menjual saham dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga beli. Capital loss dapat terjadi akibat fluktuasi harga saham.

  • Suspensi saham

Suspensi saham dapat terjadi ketika perusahaan mengalami masalah entah dalam hal keuangan atau mungkin hukum. Keadaan ini membuat pemegang saham tidak bisa menjual saham mereka kecuali jika suspensi telah dicabut.

Ada beberapa Keuntungan dan Kerugian Investasi yang harus diperhatikan sebelum membeli saham suatu perusahaan. Jadikan hal di atas sebagai pertimbangan sebelum anda menetapkan saham mana yang memiliki potensi baik kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *