Keuntungan dan Kerugian Saham yang Perlu Diketahui

Saham adalah surat yang menunjukkan bagian-bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Dari definisi tersebut, sudah jelas bukan bahwa saham ini termasuk dalam kategori surat berharga? Jika Anda memutuskan untuk membeli saham, itu artinya Anda membeli sebagian kepemilikan atas suatu perusahaan, dan otomatis Anda juga berhak mendapatkan keuntungan dari perusahaan. Namun, sebelum Anda mengambil langkah itu, tentunya Anda harus memahami keuntungan dan kerugian saham terlebih dahulu.

Keuntungan Dan Kerugian Saham

Adapun mengenai keuntungan dan kerugian saham, Anda bisa mempelajarinya dalam poin-poin di bawah ini:

  1. Keuntungan Saham

Beberapa keuntungan saham ini antara lain:

  • Capital gain yang merupakan selisih dari harga saham yang mengalami kenaikan baik saat pembelian maupun penjualan.
  • Dividen yang merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan, dimana keuntungan ini berasal dari usaha yang dijalankan oleh perusahaan.
  • Saham bonus (jika memang ada) yang merupakan saham yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham yang diambil dari agio saham.
  1. Kerugian Saham

Beberapa kerugian saham antara lain:

  • Resiko likuidasi yang bisa terjadi jika perusahaan dibubarkan atau telah dinyatakan bangkrut oleh pihak pengadilan, dan hak klaim para pemegang saham dijadikan prioritas terakhir setelah semua kewajiban perusahaan bisa dilunasi.
  • Capital loss yang merupakan kebalikan dari capital gain dimana harga saham mengalami penurunan baik itu saat pembelian maupun saat penjualan
  • Jika dalam Rapat Umum Pemegang Saham diputuskan bahwa dividen tidak akan dibagikan kepada pemegang saham, otomatis investor tidak akan mendapatkan dividen ini
  • Jika kemudian perusahaan dikeluarkan dari catatan bursa efek, maka saham juga akan diperlakukan demikian
  • Ada kemungkinan saham di suspend atau diberhentikan oleh otoritas bursa efek yang diakibatkan oleh perusahaan yang dipailitkan oleh kreditornya, saham mengalami kenaikan harga yang luar biasa ataupun kondisi lain yang mengakibatkan otoritas bursa efek menghentikan perdagangan saham sementara waktu.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian saham yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membeli saham dari sebuah perusahaan. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *