Mau Dibawa Kemana IHSG by Investor Galau

Mau dibawa kemana IHSG ? mirip judul lagu ya LOL , pertanyaan yang sekarang lagi hangat hangat nya di bicarakan baik oleh trader maupun investor. Dengan di hajarnya IHSG oleh koreksi yang lumayan dalam meskipun mungkin masih masuk kategori koreksi sehat, tetap saja secara jujur banyak membuat trader dan investor jangka pendek was was. Kalau kita melihat sejarah pergerakan IHSG , memang sudah sangatlah wajar jika mengalami koreksi regardless apa yang terjadi dengan ekonomi dunia termasuk memanasnya hubungan cinta antara US dan China he he he.

Mari kita perhatikan grafik pergerakan harga IHSG selama 5 tahun kebelakang.

Mau dibawa kemana IHSGKalau kita perhatikan , kita bisa menarik garis Elliot Wave yang menjadi siklus IHSG , coba perhatikan siklus di bawah ini .

Mau dibawa kemana IHSG Elliot Wave 1

Nampak sekali dengan Elliot Wave pergerakan IHSG seperti pada grafik di atas , IHSG sempat juga membentuk Double bottom ( DB) meskipun sempat sedikit tertembus pada koreksi berikut nya. Kenapa Wave ini tidak kita jadikan sebagai Wave 1 ? Karena wave 2 nya fail atau gagal mengikuti rule of thumb dari Elliot Wave , satu siklus Elliot Wave terbentuk hampir selama 2 tahun sebelum siklus berulang lagi. Mari kita perhatikan grafik di bawah ini biar ada gambaran mau dibawa kemana IHSG ini.

Mau dibawa kemana IHSG Elliot Wave Kalau kita perhatikan grafik di atas , IHSG memasuki wave 4 sebelum masuk ke wave 5 dengan catatan wave 4 tidak menembus garis merah. Jika menembus garis merah , bisa dikatakan bahwa selama ini kita berada di wave 1 yang extended . Ingat bahwa siklus normal dari Elliot Wave adalah wave ke 3 selalu merupakan wave paling panjang , jika wave 3 bukan merupakan wave terpanjang , maka kemungkinan terbesar yang akan di extend adalah wave 5. Jika wave 5 yang ter extended maka siap siap menantikan peluang IHSG tembus di atas 7000 . Jika garis merah tertembus , sejarah akan berulang kembali , peluang IHSG membentuk double bottom di titik wave 2 grafik di atas , sebelum melanjutkan membentuk wave berikut nya. Untuk time frame yang lebih kecil bisa lihat di postingan berikut ini ya IHSG turun saat nya berinvestasi apa iya ?

Kemudian bagaimana jika wave 4 berlanjut ? akan berhenti di mana koreksi nya ? Secara teori peluang koreksi yang akan terjadi adalah ( 6689.287 – 4120.502 ) x 38.2 % = 981.276 atau ada peluang ke angka 6689.287 – 981.276 = 5708.011 .

Kita tidak memprediksi pergerakan IHSG maupun harga saham , yang kita lihat adalah apakah ada peluang untuk kita manfaatkan apa pun kondisi yang terjadi dengan IHSG . Jangan pernah memprediksi mau naik atau turun karena anda akan kecewa tetapi lihatlah sebagai suatu peluang dan kesempatan.

Salam Sukses Investasi !

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *