Memahami Support dan Resistance dalam Bisnis dan Investasi Saham

Memahami Support dan Resistance tentunya menjadi hal yang sangat penting di saat kita memulai bisnis dan investasi saham. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membicarakan mengenai bagaimana cara untuk menarik garis support dan resistance karena sudah teramat banyak web site dan youtube yang membahas tentang hal ini , yang akan kita bahas adalah kenapa bisa terbentuk support dan resistance . Semacam support and resistance behind the scene.  Jadi bacaan ringan di hari sabtu ceria di bulan February ini.

Seandainya anda dan teman teman anda membeli saham A seharga 100 rupiah karena anda yakin bahwa 100 rupiah adalah harga yg sudah rendah sekali ( kedepan nya kita sebut support ) dan harga saham A naik sampai 110 rupiah tentunya kita berharap bahwa harga akan naik terus hingga 120 rupiah karena anda yakin bahwa saham A ini saham bagus dan dorongan beli nya sangat kuat. Anda pasti akan hold posisi anda saat saham A berada di level 110 rupiah. Akan tetapi apa yang terjadi ? Ternyata harapan anda keliru dan saham A malah turun ke level 105 rupiah, tentunya anda merasa kecewa dong, yang tadi nya cuan 10 persen sekarang jadi cuan 5 persen demikian juga dengan teman teman anda yang membeli di harga yang sama dengan anda. Hal ini membuat anda 100 persen berpikir bahwa anda HARUS menjual lagi saham A saat naik lagi ke 110 rupiah.

Dan ternyata harga memang naik lagi ke 110 rupiah , apa yang anda lakukan ? Anda akan dengan cepat menjual saham anda di harga 110 , why ? untuk mengamankan cuan anda, masak kali ini lepas lagi cuan 10 persen nya he he he. Demikian juga dengan teman teman anda juga melakukan aksi jual saat saham menyentuh 110 rupiah. Dari hali inilah akan terbentuk batasan yang sangat kuat yang kita sebut dengan resistance dan harga akan kembali turun dari 110 rupiah karena aksi jual besar besaran.

Pola semacam ini akan terus berulang sehingga menimbulkan patern atau pola bahwa semua percaya harga akan tertahan di 110 rupiah. Ternyata so simple ya terbentuknya support dan resistance ? Memahami Support dan Resistance ternyata memang tidak sulit so let make thing simple , jadikan bisnis dan investasi se simple mungkin no pusing pusing pala berby .

 

Salam Sukses Investasi !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *