Mengenal Resiko yang Dihadapi Investor jika Membeli Saham

Apa saja resiko yang dihadapi investor jika membeli saham? Pada tiap investasi yang dilakukan tentunya memiliki potensi dalam hal keuntungan atau justru kerugian. Resiko kerugian biasanya sepadan dengan hasil yang akan diperoleh.

Mengenal Resiko Yang Dihadapi Investor Jika Membeli Saham

Seseorang yang telah terjun di dunia saham sebaiknya mengerti betul apa saja resiko yang akan dia hadapi jika perkiraan saham tidak sesuai perkiraan. Beberapa resiko tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan tidak membagikan dividen

Salah satu resiko yang dihadapi investor jika membeli saham adalah ketika perusahaan tidak membagikan dividen. Perusahaan hanya akan membagikan dividen ketika perusahaan tersebut telah mendapatkan keuntungan. Jika perusahaan mengalami kerugian, maka investor tidak akan memperoleh pendapatannya. Selain itu, dividen bisa juga tidak dibagikan atas suatu pertimbangan. Meski perusahaan telah mengantongi keuntungan sekalipun, pemegang saham bisa tidak mendapatkan dividen atas pertimbangan melalui Rapat umum pemegang saham.

  1. Capital loss

Resiko kedua adalah terjadinya capital loss. Capital loss merupakan kerugian yang dialami ketika investor menjual sahamnya lebih rendah dari harga beli. Capital loss biasanya terjadi ketika investor menjual saham karena takut jika saham yang dimiliki akan terus mengalami penurunan harga.

  1. Suspend

Investor dapat juga mengalami suspend ketika perdagangannya dihentikan oleh kebijakan Bursa efek. Dengan demikian, pemilik modal tidak bisa menjual saham yang dia miliki jika suspend belum dicabut. Lama waktu suspend pun beragam tergantung pada kebijakan yang diambil.

  1. Bangkrut dan dilikuidasi

Bubarnya suatu perusahaan dapat berdampak pada pemilik saham. Perlu diketahui, pemilik saham umumnya memiliki hak klaim setelah kewajiban perusahaan atas bank dan kreditur dilunasi. Setelahnya baru sisa kekayaan dapat dibagi sesuai dengan aturan bagi para pemegang saham. Sebaliknya, jika kewajiban perusahaan atas hutang bank dan kreditur tidak menyisakan sedikitpun, maka pemilik saham juga tidak akan mendapatkan apapun.

Mengetahui resiko yang dihadapi investor jika membeli saham merupakan hal penting yang harus diketahui sebelum ingin bermain saham. Selain itu, anda juga diharuskan untuk selalu mengikuti perkembangan perusahaan yang diberi investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *