Pilihan Mana Yang Baik Trading VS Investasi Saham

Trading VS investasi saham adalah dua hal yang berbeda meskipun ada juga beberapa kesamaan dari beberapa aspek. Investasi dan trading saham merupakan sebuah cara keuangan yang mempunyai tujuan untuk memperkaya pemilik atau orang yang menjalankannya. Cara yang ditempuh untuk investasi dan trading saham adalah dengan membeli serta mengumpulkan portofolio atau aset. Jadi bisa disimpulkan bahwa kesamaan trading dan investasi saham adalah pada tujuannya. Di sisi lain, ada juga perbedaan dari kedua kegiatan ini yaitu pada jangka waktu. Trading saham mempunyai jangka waktu yang relatif pendek. Sementara itu, sesuai namanya investasi saham cenderung membutuhkan waktu yang lama. Dengan perbedaan jangka waktu tersebut, keduanya menjadi berbeda dalam penerapan strategi, prinsip dan tindakan masing – masing.

Trading VS Investasi Saham

Investasi dapat diartikan dengan perilaku mengumpulkan aset yang diprediksi dapat menguntungkan setelah jangka waktu tertentu. Jika dihubungkan dengan saham, maka investasi saham yaitu kegiatan membeli saham untuk disimpan selama beberapa waktu sesuai pertimbangan kapan akan naik harganya, lalu kemudian dijual. Karena membutuhkan waktu yang lama, maka ada perbedaan mendalam dari ketersediaan dana trading VS investasi saham. Seseorang yang memilih untuk menginvestasikan sahamnya harus mempunyai uang yang tidak sedang diputarnya, karena penjualan saham memang masih lama dan menunggu waktu tepat. Investor saham terdiri dari dua jenis yaitu investor institusi yang meliputi investor perbankan, perusahaan asuransi dan lainnya serta investor retail yang meliputi investor perorangan.

Di sisi lain, ada juga istilah trading saham yang dilakukan oleh trader. Jangka waktu yang pendek pada proses trading saham dimanfaatkan untuk melihat perubahan harga saham yang fluktuatif. Perbedaan trading VS investasi saham dalam perilaku trader adalah pada trading saham seseorang akan membeli saham kemudian menunggu harganya naik kurang lebih selama 15 menit hingga 1 pekan. Setelah harganya naik lalu trader akan menjual saham tersebut. Jika seseorang memilih pekerjaan menjadi trader saham, maka sebaiknya waktu kerja dan konsentrasi yang dimiliki lebih banyak. Karena perubahan harga saham sering berubah – ubah secara cepat. Salah satu trader saham yang terkenal adalah George Soros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *