Saham Gorengan Indonesia dan Fenomena nya

Saham gorengan Indonesia , hari ini IHSG di tutup melemah 19.476 poin atau 0.29 % ke level 6643.400 rupiah. Perdagangan hari ini diwarnai dengan bangkitnya beberapa saham tidur alias saham 50 rupiah. Diantaranya DEWA dan ELTY , untuk ELTY di tutup kembali di angka 50 rupiah.

Saham Gorengan IndonesiaDari gambar di atas peringkat gain terbesar per hari ini ditempati oleh DEWA salah satu saham dari Bakrie Group dengan 30 % gain. Sangat menggiurkan memang dengan gain sebesar 30 % dalam satu hari, siapa yang tidak tergiur dengan gain sebesar itu ?

Fenomena semacam ini sering kali membutakan mata kita sebagai investor maupun trader yang membuat kita akan berspekulasi karena tergiur dengan gain yang memang menggiurkan. Di sini kita di tuntut untuk bisa berpikir secara rasional meskipun kita berpikir sebagai seorang trader sekalipun. Cukup banyak yang menjadi korban dari fenomena saham gorengan indonesia ini, namun aneh nya masih saja ada yang memang mengejar saham gorengan dikarenan reward nya yang memang menggiurkan.

Bagi beberapa profesional trader memang saham gorengan menjadi salah satu menu utama di dalam trading plan dengan sudah mempertimbangkan risk and reward nya secara hati hati. Lain hal nya dengan trader junior atau yang baru masuk ke dalam bursa , hal ini akan menjadi sebuah bencana dan akan menimbulkan trauma yang mendalam yang seringkali menyebabkan menjadi takut untuk terjun ke dunia saham.

Jika anda memang baru belajar dan belum lama masuk ke dunia investasi saham memang sebaiknya anda menghindari saham gorengan Indonesia ini. Yang pertama anda bisa memilih saham dengan market kapital yang besar untuk menghindari saham gorengan . Apakah saham dengan market kapital besar tidak bisa di goreng ?  Jawaban nya adalah Bisa , tapi akan di butuhkan modal yang sangat besar sekali untuk menggoreng saham dengan market kapital yang besar. Yang kedua adalah dengan berdisiplin terhadap trading plan anda yang sudah di susun sebelum market buka. Dengan berdisiplin terhadap trading plan anda , anda sudah mengurangi resiko terjun ke dalam saham gorengan tentunya dengan catatan saham gorengan tidak menjadi menu dalam trading plan anda. Dan yang ketiga adalah fokus lah pada tujuan anda berinvestasi dengan menerapkan aturan investasi yang sudah kita bahas dalam artikel di sini.

Last but not least jadilah investor dan trader bijak dalam mencermati setiap resiko , tidak semua peluang harus kita eksekusi , ukurlah selalu risk and reward nya .

Salam Sukses Investasi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *