Sejarah Harga Saham Telkom Apakah Akan Terulang Lagi

Sejarah harga saham telkom dan kenapa telkom . Seperti kita ketahui bersama bahwa saham telkom akhir akhir ini menjadi bahan pembicaraan dan incaran banyak investor . Di saat hampir semua BUMN meroket , hanya telkom saja yang masih tertinggal dan terkesan melawan arah. Ada yang berasumsi bahwa harga telkom sengaja di turunkan untuk mengimbangi IHSG yang selalu membentuk new high nya , biar tidak terlalu kencang lajunya.  Terlepas dari benar apa tidak nya tidak ada yang tahu, tetapi kita bisa sedikit berkaca dari sejarah pergerakan harga saham telkom yang saya rasa sangat menarik dan unik. Mari kita perhatikan gambar sejarah harga saham telkom dibawah ini.

Sejarah Harga Saham Telkom
Sejarah Harga Saham Telkom

Kalau kita perhatikan ada 3 tahapan besar dari lompatan harga saham telkom, yang pertama 2013 dan 2014 , yang kedua pertengahan 2014 sampai dengan akhir 2015 dan yang terakhir adalah pertengahan 2016 sampai dengan sekarang. Setiap kali terbentuk pola di atas , selalu saham telkom membentuk new high. Mari kita perhatikan sejarah low dari telkom ini.

Sejarah Harga Saham Telkom Low High
Sejarah Harga Saham Telkom Low High

Saat harga saham mendekati low 3 bulan nya di 3910 , harga saham telkom memantul keras bahkan memantul di 3920 yang menjadi new low sebulan nya. Tapi apakah benar hanya karena mau menyentuh low 3 bulan nya terus harga saham berbalik arah? Mari kita perhatikan arus pembelian saham telkom ini. Ada Net foreign buy sebesar 392.47 B nilai yang cukup fantastic tetapi apakah karena hal ini saham telkom berbalik arah ? Maybe yes maybe not . Tapi coba kita perhatikan dari sisi teknikal nya sebagai berikut .

2018Jan Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk. 800x600
2018Jan Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk.

Dari lingkaran biru oval di atas , kita tahu bahwa saham telkom ini sangat patuh pada bollinger band nya , setiap kali menyentuh bollinger band nya , harga saham nya akan memantul dan berbalik arah.

Apakah harga saham telkom akan membentuk new high lagi ? Only God Knows .

Salam sukses investasi !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *