Sell In May and Go Away apakah selalu benar

Sell in may and go away sudah menjadi satu fenomena di dunia saham regardless benar atau tidak, banyak trader yang mempercayai akan adanya hal ini sehingga menimbulkan kepanikan tersendiri di bulan Mei.

Sebenarnya jika kita selalu berpatokan pada fundamental suatu perusahaan , kepanikan sesaat semacam ini tidak perlu kita kawatirkan , justru kita harus melihat sebagai peluang tersendiri , alih alih Sell in May and Go Away kita bisa ganti dengan Sale in May and keep shopping. Kalau kita mau melakukan cocokmologi , kita bisa perhatikan grafik IHSG dibawah ini.

Sell in may and go away 1Jika kita perhatikan yang dilingkari sebelah kiri , memang ada sedikit koreksi di bulan Mei tahun lalu , masih koreksi yang sehat , kekawatiran akan fenomena bulan Mei tidak terbukti yaa . Untuk tahun ini bagaimana ? IHSG pada tahun ini masih berada dalam fase koreksi yang cukup dalam ( sudah kita bahas di artikel sebelum nya di sini ) dan itu bukan di mulai nanti di bulan Mei , akan tetapi sudah terjadi jauh hari sebelum bulan Mei datang.

Terus bagaimana seharusnya kita menyikapinya ? Sebagai trader maupun investor sebenarnya fenomena kepanikan pasar semacam ini menjadi suatu peluang yang besar bagi kita, jika kita pintar melihat peluang yang ada. Di saat ada kepanikan pasar menjadi suatu kesempatan buat kita untuk memiliki saham idaman kita jika ada harga diskon. Selama kita berpegang pada fundamental perusahaan dan membeli di saat harga diskon secara value tentunya hal semacam ini tidak akan menjadikan kita kawatir apalagi ikut ikutan cut loss dan menjual semua saham kita karena ketakutan akan turun dalam .

Kalaupun anda membeli suatu saham di harga yang mahal pun , masih bisa di maintain tanpa harus melakukan cut loss. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan super extra untuk bisa me maintain porto kita tanpa melakukan cut loss dan tentunya disiplin yang tinggi untuk terus memaintain porto kita semaksimal mungkin. Selalu beri perhatian kusus untuk saham saham dengan fundamental bagus yang turun melewati low satu tahun nya karena di situ lah anda akan menemukan emas yang terpendam.

Salam Sukses Investasi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *