Ternyata Simpanan Uang Juga Bisa Dioptimalkan Dengan Cara Menabung Saham

Menabung adalah proses menyimpan uang untuk dikumpulkan dan digunakan saat sudah mencukupi atau saat dibutuhkan. Ada banyak cara dalam menabung. Salah satunya adalah menabung saham. Meskipun banyak penduduk Indonesia yang belum memahami cara menabung saham, tetapi hal ini perlu dipelajari karena kegiatan tersebut memberikan banyak keuntungan. Bursa Efek Indonesia (BEI) yang merupakan tempat bertemunya para pembeli dan penjual saham menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk menyimpan uang dalam bentuk investasi saham. Kampanye tersebut dinamakan kampanye Yuk Nabung Saham (YNS). Membangun kesadaran masyarakat tentang investasi saham akan membantu pergerakan perekonomian Indonesia. Apabila banyak penduduk Indonesia yang melakukan investasi saham, maka ijumlah investor lokal akan bertambah dan mampu meningkatkan kesejahteraan.

Cara Menabung Saham

Ada 3 tujuan menabung saham. Pertama, tujuan menabung saham adalah untuk melawan inflasi. Sebagai gambarannya, jika seseorang menabung di bank maka jumlah kenaikannya hanya 2,42%. Jika seseorang menabung dalam bentuk deposito, maka kenaiknannya 6,81%. Ada juga jenis tabungan emas yang dapat menawarkan kenaikan 7,76%. Untuk obligasi negara, jumlah kenaikannya adalah 8,47%. Yang paling tinggi untuk rata – rata return per tahun mencapai 17,52%. Jadi bisa disimpulkan bahwa keuntungan dari menabung saham sangat tinggi. Dengan demikian, cara menabung saham perlu diketahui agar investor bisa melawan inflasi.

Jika seseorang sudah yakin dengan keinginannya dalam menabung saham, maka selanjutnya adalah membuka rekening efek atau rekening saham. Cara menabung saham tidak banyak perbedaan dengan menabung di bank. Ada data diri dan saldo minimal yang harus dibayar. Tetapi saldo minimal tersebut tidak memberatkan karena ada beberapa perusahaan sekuritas pemerintah atau BUMN yang hanya menganggarkan minimal deposit Rp 50.000,00 atau Rp 100.000,00. Ada banyak sekali jenis saham yang bisa dibeli. Pilih dengan cermat dan sebelum memutuskan seseorang harus mencari tahu tentang perusahaan tersebut. Bagaimana aktifitas serta perkiraan keuntungannya? Seluruh keputusan dalam membeli saham akan berpengaruh pada hasil keuntungan yang diperoleh. Jangan lupa untuk menyetror dana secara rutin supaya keuntungannya pun lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *