Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Investasi Reksadana

Jika Anda berminat dengan investasi reksadana, tentu Anda juga paham bahwa dalam investasi ini ada satu orang yang disebut dengan Manajer Investasi. Manajer Investasi adalah orang yang bertanggung jawab di dalam pengelolaan investasi dana yang sudah dikumpulkan dari para investor. Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan membeberkan soal tugas dan tanggung jawab Manajer Investasi, yang siapa tahu bisa berguna bagi Anda yang hendak memutuskan untuk investasi reksadana.

Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer Investasi

Adapun tugas dan tanggung jawab Manajer Investasi reksadana ini adalah memastikan dana-dana yang telah terkumpul dari para investor dikelola dengan baik, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Manajer Investasi rekasadana inilah yang nantinya akan menentukan instrumen investasi dimana dana-dana yang telah terkumpul ini akan ditempat menjadi sebuat portofolio investasi. Artinya, investor tidak perlu pusing-pusing lagi dengan masalah investasinya karena semuanya sudah diatur oleh Manajemen Investasi. Makanya, kinerja reksadana ini sangat ditentukan dan dipengaruhi oleh kepiawaian sang Manajer Investasi. Nah, dalam proses pengelolaan dana inipun, seorang manajer Investasi Reksadana berpedoman pada poin-poin yang telah disebutkan di dalam prospektus reksadana dimana di dalam prospektus ini sudah tercamtum tanggung jawab Manajer Investasi. Nah, agar investasi reksadana Anda menguntungkan, Anda harus memilih Manajer Investasi yang tepat dengan berpedoman pada beberapa hal di bawah ini:

  1. Pilih Manajer Investasi yang profesional dan legal
  2. Pastikan bahwa Manajer Investasi tersebut telah memiliki izin kerja dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dengan cara melihatnya pada prospektus
  3. Pastikan bahwa Manajer Investasi tersebut memiliki pengalam kerja yang cukup
  4. Lakukan pengecekan pula ke institusi-institusi yang lainnya

Selain bertugas pada beberapa hal di atas, Manajer Investasi juga harus melaporkan nilai investasi reksadana yang ada di bursa kepada investor setiap harinya, sehingga investor pun bisa melihat berapakah posisi nilai investasinya di reksadana. Dengan demikian, investor juga bisa melakukan penilaian terhadap kinerja reksadana. Nah, itulah penjelasan kami mengenai tugas dan tanggung jawab Manajer Investasi Reksadana, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *