Jenis Saham Yang Layak Dikoleksi Jangka Panjang

Perlu diketahui, terdapat Jenis Saham Yang Layak Dikoleksi Jangka Panjang. Hal berbanding terbalik dengan beberapa trader yang lebih mementingkan keuntungan dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Jika pada postingan sebelumnya kami berbagi tentang tips analisa teknikal saham jangka pendek. Justru pada kali ini kami akan membahas tentang beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika ingin bermain saham jangka panjang.

Dalam hal ini, tidak semua emiten yang hanya bisa diambil keuntungannya dalam waktu yang singkat. Melainkan juga ada yang bisa atau bahkan dikatakan aman untuk disimpan seumur hidup.

Akan tetapi, hal tersebut juga perlu diperhatikan dari beberapa faktor. Sehingga bisa dijadikan alasan bahwa emiten saham tersebut memang layak unutk disimpan.

Beberapa diantaranya mencakup sisi bisnis yang dijalankan perusahaan, lebih tertuju pada market bisnis, dan berada dalam industri yang tidak terpengaruh perubahan zaman.

Terlepas dari itu, harus pula dilakukan pengamatan dari segi usaha yang dijalani serta tidak dalam kondisi perusahaan yang hampir bangkrut. Sebagai tujuannya, ialah supaya anda tidak gigit jari lantaran modal yang anda tanam tidak ikut hangus.

Jenis Saham Yang Layak Dikoleksi Jangka Panjang

Sedikit menoleh kebelakang, investasi atau trading merupakan sebuah metode keuangan untuk menambah kekayaan dengan adanya jangka waktu antara membeli dan menyimpan suatu portofolio atau kumpulan aset.

Meski keduanya mempunyai tujuan yang sama, yakni untuk bisa memperoleh keuntungan, namun antara investasi saham dengan trading saham mempunyai peranan yang berbeda.

Akan tetapi, pokok dari perbedaan tersebut terbagi mengenai jangka waktu, yang pada investasi lebih fokus pada tempo dari jangka panjang, sedangkan trading justru mementingkan transaksi jangka pendek.

Nah kembali pada topik, terdapat beberapa jenis saham yang dinyatakan layak untuk dijadikan investasi jangka panjang. Hal tersebut mencakup beberapa syarat untuk dijadikan alasan saham tersebut pantas dipertahankan.

Syarat tersebut mencakup lebih rajin berbagi dividen, mempunyai dividen yield tinggi, tingkat valuasi murah, ROE yang tinggi, DER berada di bawah 1, mempunyai prospek bisnis masa depan yang lebih cerah, dan juga tidak luput dari manajemen yang bagus.

1. Rajin Berbagi Dividen

Tidak sedikit jenis perusahaan yang rutin berbagi dividen untuk para pemegang sahamnya. Sehingga butuh pengamatan khusus bagi anda yang ingin membeli saham dalam jangka panjang.

Ketika perusahaan yang dimaksud secara rutin, atau memang ada jadwal untuk pembagian dividen (keuntungan), maka sudah dinyatakan patut untuk anda beli.

Dengan demikian, anda lebih mempunyai alasan untuk mempertahankan saham yang dimiliki. Pasalnya modal yang anda tanam bisa secara konsistem memberikan keuntungan untuk anda putar pada bisnis yang lain.

2. Perusahaan Yang Konsisten Mengalami Kenaikan Laba Bersih

Ada pentingnya jika anda menggali lebih banyak informasi terkait jenis perusahaan yang mengalami keuntungan secara terus-menerus.

Sebab tidak sedikit emiten yang semakin hari, selalu melakukan terbosan untuk membuat produk mereka semakin dikenal. Bahkan bisa dijadikan acuan untuk memperoleh keuntungan yang tidak tergerus oleh zaman.

Ketika sudah menemukan perusahaan dengan tingkat laba bersih yang menjanjikan, bahkan cenderung selalu meningkat. Maka patut anda beli dan pertahankan.

3. Perusahaan Yang Mempunyai Prospek Cerah

Ketika berpikir untuk menanamkan modal pada perusahaan dengan jangka waktu lama, maka sudah sepatutnya jika dipelajari terlebih dahulu prospek yang mungkin terjadi.

Jika memang produk yang dikembangkan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, maka sudah tidak mustahil jika perusahaan tersebut akan berkembang.

Sebagai contohnya ialah perusahaan minuman, makanan instan, atau beberapa kebutuhan lain selayaknya elektronik, dan otomotif.

4. Perusahaan Yang Namanya Sudah Dikenal

Sebagai penunjang yang paling penting, nama perusahaan merupakan poin yang perlu diperhatikan. Tidak hanya dari segi bisnis yang dijalani, namun nama juga menjadi perhitungan calon konsumen.

Ketika perusahaan emiten yang anda beli sudah dikenal, serta memproduksi jenis kebutuhan sehari-hari. Tidak luput juga dengan tingkat prospek yang tinggi, maka anda pun bisa berpikir apakah saham tersebut akan dipertahankan, atau bahkan dijual.

Beberapa tips diatas hanya sebagian dari yang sudah kami pelajari. Namun disini kami tidak menyebutkan jenis perusahaan secara spesifik, pasalnya bisa saja perusahaan yang disebutkan bangkrut atau sejenisnya.

Demikianlah ulasan dari kami, salam sukes investasi.