Tips Memilih Sekuritas Saham Untuk Pemula

Daftar Tips Memilih Sekuritas Saham Untuk Pemula ini, pada dasarnya kami rangkum sesuai dengan informasi yang sudah kami baca sebelumnya.

Sehingga untuk menentukan pilihan, anda pun bisa menggunakan tips dasar ini sebagai acuan untuk memulai bisnis didunia trading saham, baik secara online (personal) ataupun melalui broker.

Nah, sebagai calon investor, tentu sangat wajib jika mengetahui terlebih dahulu tentang cara memilih sekuritas terbaik yang sudah ada. Tujuannya, supaya anda lebih mengenal, dan juga lebih paham tentang apa itu informasi yang dimaksud.

Sekuritas atau efek sendiri, merupakan dokumen fisik seperti halnya saham atau obligasi yang menjadi bukti keikut sertaan investasi seseorang. Akan tetapi, dengan perkembangan zaman, tentu dokumen tersebut sudah beralih pada bentuk elektronik.

Sedangkan untuk perusahaan sekuritas, merupakan jenis perusahaan yang memegang peranan untuk alat transaksi investor. Mereka termasuk sebagai anggota bursa efek, atau mempunyai lisensi khusus untuk memperjual belikan saham.

Tips Memilih Sekuritas Saham Untuk Pemula

Nah pertanyaannya, bagaimana cara memilih sekuritas saham tersebut? Jawabannya sederhana, apalagi anda membaca beberapa tips yang sudah kami sediakan berikut ini.

1. Memperhatikan Setoran Awal Yang Berlaku

Untuk melakukan transaksi saham, berbeda jauh dengan transaksi umum seperti toko online atau pedagang di pasar tradisional. Dalam hal ini, kami juga membahasnya di Investasi Saham Murah.

Setoran deposit ini mempunyai sifat selayaknya saldo rekening bank online. Sehingga pada saat membeli saham, maka saldo secara otomatis juga akan ikut terpotong.

Nah, pada setiap penyedia sekuritas, ditentukan saldo minimal yang harus disetor. Tentu anda pun harus menentukan dari kemampuan secara pribadi. Khususnya ketika dituntut untuk membayar saldo awal tersebut.

2. Memilih Biaya Transaksi Dengan Jumlah Kecil

Ketika masih dalam tahap belajar, poin ini cukup penting untuk anda ketahui. Pasalnya, setiap transaksi saham yang anda lakukan, memerlukan biaya yang harus dibayar untuk broker.

Secara umum, penentuan biaya transaksi dari broker sangat beragam. Namun untuk investasi dengan cara meminimalkan pengeluaran, tentu juga harus memilih broker sekuritas dengan biaya transaksi lebih kecil.

3. Menerapkan Analisis Yang Mumpuni

Riset yang dilakukan oleh para analis akan menjadi penentu dari keberhasilan investasi saham pada kalangan investor. Apabila perusahaan sekuritas tersebut mempunyai analis yang bagus, maka sudah tentu tidak perlu diragukan.

Secara tidak langsung, masukan dari para analis tersebut akan menjadi pendorong rasa percaya diri anda. Bahkan anda juga tidak perlu ragu untuk membeli saham yang sudah mereka rekomendasikan.

4. Mempunyai Fasilitas Transaksi Online

Mengamati perkembangan zaman yang sudah serba canggih, sudah sangat mustahil jika perusahaan sekuritas tidak mempunyai aplikasi ponsel ataupun komputer. Khususnya untuk keperluan bertransaksi online.

Terlepas dari itu, fasilitas ini juga harus dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah penggunannya. Seperti halnya berita, grafik saham, indikator, dan juga informasi lain sebagai pendukung.

5. Tidak Dipersulit Ketika Membuka Rekening

Bisa dikatakan bahwa beberapa perusahaan sekuritas lebih mempermudah dalam memberikan pelayanan untuk calon investor. Khususnya dalam upaya pembukaan rekening.

Bahkan mereka juga tidak mengharuskan calon investor untuk datang ke kantornya langsung. Cukup dengan mengisi formulir, selanjutnya mereka akan mengirimkan email sebagai langkah untuk pengisian lebih lanjut.

Baru selanjutnya, anda bisa mencetak, isi, dan kurir akan mengambil formulir tersebut pada hari yang sudah ditentukan. Kemudian anda pun akan memperoleh akses login (password) untuk masuk pada aplikasi mereka.

6. Terdapat Fasilitas Margin Trading

Apa yang dimaksud margin trading? Fitur ini bisa dikatakan sebagai kredit untuk kalangan investor saham. Tujuannya ialah untuk memaksimalkan transaksi yang anda lakukan.

Sebagai tips lanjutan, ketika anda memilih perusahaan sekuritas terbaik, maka akan lebih baik dengan limit yang lebih besar, namun dengan bunga yang rendah.

7. Tersedia Fasilitas Data Realtime

Jika anda memang mempunyai rencana untuk menjadi trader saham, maka tidak hanya membuka rekening saja, melainkan juga mengetahui fitur yang nantinya disediakan oleh perusahaan sekuritas tersebut.

Coba anda cari perusahaan yang menyediakan data secara realtime, apalagi fitur tersebut disediakan secara gratis. Tentu akan sangat membantu bagi anda yang baru belajar.

8. Tidak Ada Catatan Buruk

Sebagai perusahaan sekuritas, tentu tidak mempunyai catatan buruk dari Bursa Efek Indonesia. Dan ketika sudah masuk daftar hitam, maka sudah sepatutnya jika anda menghindari perusahaan tersebut.

Cari perusahaan sekuritas dengan catatan yang bagus, pelayanan yang baik, bahkan bisa memberikan dukungan untuk para calon investor. Khususnya seperti anda yang masih belajar.

Sekian dari kami, Salam Sukses Investasi!