Perbedaan Jenis Saham Biasa dan Saham Preferen

Saham merupakan suatu tanda atau bukti kepemilikian seseorang pada perseroan terbatas atau perusahaan. Saham bisa dibedakan menjadi beberapa jenis seperti jenis saham biasa dan saham preferen. Berikut ulasannya.

Jenis Saham Biasa Dan Saham Preferen

Saham biasa

Saham biasa adalah suatu sertifikat atau bisa pula berbentuk piagam yang berfungsi sebagai bukti atas kepemilikan suatu perusahaan, berikut dengan beragam aspek penting perusahaan. Kepemilikan ini menunjukkan jika pemegang saham memiliki hak untuk menerima deviden atau pendapatan tetap dari perusahaan. Selain itu, pemegang saham juga bertanggung jawab atas resiko yang akan dihadapi jika terjadi suatu hal pada perusahaan terkait.

  • Kelebihan saham biasa

Jenis saham biasa dan saham preferen juga bisa dibedakan dari kelebihan dan kekurangannya. Untuk jenis saham biasa, saham ini memiliki beberapa kelebihan seperti tidak adanya jatuh tempo, perusahaan yang transparan, memungkinkan dilakukannya diversifikasi usaha dan lain sebagainya.

  • Kekurangan saham biasa

Saham biasa memiliki kekurangan seperti penjualan saham yang dapat menganggu kendali dari pemegang saham mayoritas, timbulnya agency problem yang memicu peningkatan agency costs akibat konflik antar kelompok seperti pemilik perusahaan, pengelola usaha, manajer hingga karyawan.

Saham Preferen

Saham preferen adalah jenis saham dengan tambahan hak lebih bagi para pemegangnya. Adapun kekurangan dan kelebihannya bisa anda simak melalui ulasan yang berikut ini.

  • Kelebihan saham preferen

Pemilik saham preferen akan didahulukan atas pembagian dividen yang dilakukan dengan pendapatan lebih besar dibandingkan dengan saham biasa. Selain itu, ketika perusahaan dilikuiditas, pemilik saham ini akan mendapatkan uang terlebih dahulu atas investasi yang dilakukan sebelum beralih pada pengembalian modal bagi para pemilik saham biasa.

  • Kekurangan saham preferen

Kekurangan saham preferen adalah  tidak memiliki hal paksa atas dividen yang dibagikan. Selain itu fluktuasi harga saham preferen lebih besar jika dibandingkan dengan harga obligasi.

Artikel di atas merupakan ulasan mengenai jenis saham biasa dan saham preferen. Ada kelebihan serta kekurangan yang akan anda dapatkan dari masing- masing saham. Pilihlah secara bijak sesuai kebutuhan dan tentunya prospek jalannya perusahan dedepannya. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *