3 Moving Average Strategy

3 Moving Average Strategy Simple Yet Powerful Untuk Cuan

3 Moving average strategy di sini kita akan share cara ambil posisi trading menggunakan moving average indicator.

Moving average atau MA yang kita pergunakan di sini adalah MA 5, MA 10 dan MA 20 untuk trading swing harian dan mingguan.

Untuk detail tentang Moving average itu sendiri bisa anda baca dari wikipedia tentang Moving Average ini.

Pada dasarnya moving average ini menghitung harga rata rata dari harga penutupan senilai moving average yang kita pilih.

Semisal kita memilih MA 5 ya berarti harga rata rata dari 5 hari bursa yang akan di hitung dan di ambil rata rata nya.

MA yang akan kita pergunakan di sini adalah MA 5,10 dan 20 namun untuk mengecek trend jangka panjang nya kita bisa memastikan nya dengan MA 100 ataupun 200.

Kita akan mempergunakan contoh saham property seperti yang sudah kita bahas dalam postingan sebelumnya.

Baca juga : Saham Properti

Untuk contoh dari saham yang memang strong uptrend mari kita perhatikan chart dari saham ITMG ( saham ini sudah naik sangat banyak , di sini hanya di jadikan sebagai contoh )

3 Moving Average Strategy
3 Moving Average Strategy ITMG Chart

Jika kita perhatikan saham ITMG ini naik kencang setelah menembus garis MA 100 nya dan tentunya juga di dukung pada kenaikan harga batubara saat itu.

Saham ITMG ini sangat bagus di jadikan contoh salah satu saham yang strong uptrend sebagai bahan pembelajaran.

Nah tugas atau PR yang tidak mudah adalah mencari saham saham apa saja yang bisa at least jadi seperti ITMG tersebut.

Saham ITMG buat saya pribadi merupakan sejarah manis karena target 100 % cuan terpenuhi meskipun banyak yang bilang kalau menjual terlalu dini.

Jadi sebagai bahan pembelajaran disini memang waktu akan menjadi sahabat anda jika anda berinvestasi di saham yang bagus dan akan menjadi musuh anda jika invest di saham yang tidak bagus.

Sekarang kita akan mencoba menempelkan MA 100 ke saham ASRI , bagaimana chart nya apakah ada kemungkinan akan uptrend kencang?

3 Moving Average Strategy MA 100 Saham ASRI
3 Moving Average Strategy MA 100 Saham ASRI

Jika kita perhatikan saham ASRI ini sudah berada di atas MA 100 nya bagaimana jika kita pasang 3 MA yang lain nya MA 5,10 dan 20 nya ? Let see

3 Moving Average Strategy MA 5-10-20
3 Moving Average Strategy MA5 MA 10 MA 20

Ada hal yang menarik di sini , coba perhatikan garis belok belok warna merah he he he he nah di sana terjadi cross over di mana MA kecil berada di atas.

Cantik sie memang secara gambar, apakah akan naik tinggi ? nah perkara sulit ini kita bukan dukun jadi ga perlu menebak nebak akan naik atau kagak

Trus bijimane ? nah seandainya mau masuk secara gambar memang sudah ok bisa masuk ke saham ini , secara gambar yaaa.

Kalau nanti turun bagaimana ? kalau turun ya kembali lagi ke time frame anda mau simpan harian, mingguan atau bulanan atau hanya untuk day trade saja.

Nah satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk day trade anda WAJIB menggunakan chart 5 atau 15 menitan , jangan menggunakan chart harian untuk day trade.

Apakah semua saham bisa pake chart 5 menitan atau 15 menitan? jawabannya TIDAK , anda harus melihat volume perdagangan nya .

Kalau sepi ya chart 5 menitan nya paling satu candle saja isinya dan tentunya ga bisa buat apa apa dengan satu candle saja.

Bagaimana dengan saham BSDE sebagai contoh yang kedua , mari kita pasang MA 100 nya dan perhatikan chart di bawah ini.

3 Moving Average Strategy Saham BSDE
3 Moving Average Strategy Saham BSDE

Kelihatan kan perbedaan nya dengan contoh sebelumnya , di sini harga saham BSDE masih berada di bawah MA 100 nya.

Boleh di bilang harga menyentuh MA 100 dan mantul kembali kebawah , ini candle sebelum penutupan perdagangan jumat ini ya.

So kalau mau lihat konfirmasinya harus menunggu market tutup doeloe baru confirm harga nya segitu karena per now baru sesi satu.

Nah lalu bagaimana dengan 3 Moving Average nya ? MA 5, MA 10 dan MA 20 nya ? Mari kita pasang pada chart saham BSDE ini.

3 Moving Average Strategy Saham BSDE MA5-10-20
3 Moving Average Strategy Saham BSDE MA5 MA 10 MA 20

Nampak jauh ya perbedaan nya ? disini baru mau terjadi cross over antara MA nya cross over baru terjadi MA 5 dengan MA 10 nya.

Pada contoh saham ASRI merupakan contoh cross over yang sudah terjadi sempurna antara ke 3 MA nya sedangkan di saham BSDE ini baru terjadi proses cross over nya.

Jika ada sharing atau pertanyaan silahkan kirim email ke kami di analisafundamentalsaham@gmail.com Mari kita sama sama belajar untuk menjadi yang lebih baik.

Be Better then Yesterday

Salam Sukses Investasi !!!

Jangan lupa like,share and follow our instagram @analisafundamental