Kerugian Investasi Cryptocurrency yang Harus Dikenali Sebelum Join!

Kerugian investasi cryptocurrency , Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang sekarang ini sedang marak diperbincangkan. Walau siklusnya masih terbilang baru, namun sudah banyak orang yang melakukan investasi cryptocurrency dalam berbagai bentuk karena dinilai investasi ini termasuk salah satu jenis investasi yang menguntungkan.

Namun sebenarnya, dibalik semua keuntungan yang ditawarkan terdapat beberapa hal yang harus ditelaah sebelum join. Salah satunya adalah mengenali resiko dari cryptocurrency.

Bahkan jika perlu, kenali apa yang menjadi kerugian investasi cryptocurrency. Nah, berikut ini beberapa kerugian investasi cryptocurrency yang Anda harus kenali. Lets check these out!

Kerugian Investasi Cryptocurrency 

Transaksinya cukup rumit

Salah satu kerugian investasi cryptocurrency atau bisa dibilang sebagai clue rendah yaitu kelemahan investasi cryptocurrency adalah pada tata cara transaksi yang masih rumit. Mereka yang menggunakan cryptocurrency untuk bisa bertransaksi dengan cryptocurrency yang dimiliki masih harus membuat wallet cryptocurrency dulu.

Selain itu biaya pengiriman masih harus diatur, back up private key masih perlu dibuat dan masih banyak hal lain yang perlu diatur. Sementara pengetahuan orang tentang cryptocurrency, tata cara penggunaan dan cara membuatnya masih sangat rendah.

Namun walau sedikit lebih rumit, apa yang dianggap rumit ini memiliki control secara penuh dimana pengguna sendiri akan berperan sebagai bank untuk transaksinya sendiri. Sangat menyenangkan bukan? Untuk orang yang melek internet tentu akan menganggap ini sebagai suatu hal yang menyenangkan lagi menguntungkan serta memberi sebuah pengalaman baru.

Sangat rentan dengan terjadinya kesalahan transaksi

Hal yang kurang menyenangkan selanjutnya mengenai transaksi dengan menggunakan cryptocurrency adalah transaksinya tidak dapat dibatalkan kecuali pihak yang bertransaksi memintanya sendiri ke penerima untuk mengirimkan dananya kembali.

Sehingga jika kesalahan transaksi terjadi, data transaksi seperti nominal dan alamat wallet tujuan tak dapat diubah. Dana yang salah dikirimkan tadi akan hilang.

Hal ini tentu bukan menjadi kesalahan blockchain melainkan merupakan kesalahan murni dari pihak yang melakukan transaksi. Karena itu dalam bertransaksi, baiknya dicermati betul sebelum mengirim. Anda juga harus sangat berhati – hati.

Soal regulasi cryptocurrency

Harga cryptocurrency sangat ditentukan oleh supply and demand selayaknya barang secara umum yang harganya akan naik jika lebih banyak orang yang mencari dibandingkan ketersediaannya di pasaran. Soal bitcoin dan cryptocurrency lainnya memang sudah diatur didalam peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 99 tahun 2018.

Akan tetapi jika suatu saat nanti cryptocurrency mulai terbatasi oleh suatu peraturan yang ada, mengikat dan merugikan maka tak mustahil jika kemudian harga cryptocurrency tidak akan lagi stabil melainkan anjlok.

Kita harus tahu bahwa sebuah negara memiliki andil dalam penentuan seperti apa pasar cryptocurrency diterapkan di negara tersebut. Namun walau demikian, pemerintah suatu negara tidak akan serta merta dengan mudah memberikan intervensi atas masa depan cryptocurrency karena masih bersifat terdesentralisasi.

Volatilitas yang cenderung tinggi

Sebenarnya investor dan company yang ingin ICO bisa tenang. Namun mereka juga tak boleh abai atas beberapa poin lain yang berpotensi mengganggu keamanan investasi mereka yaitu nilai volatilitas yang masih cenderung tinggi.

Kunci wallet yang berpotensi hilang

Inilah hal yang juga sangat berbahaya dalam investasi cryptocurrency. Utamanya bagi mereka yang mudah lupa dalam save data. Jika Anda memiliki online wallet, jangan sampai Anda kehilangan private keynya.

Pastikan semua data penting sudah tercatat di komputer atau jika perlu harus diprint dan disimpan di beberapa tempat. Karena jika Anda lupa dan kehilangan kunci wallet Anda, maka tentu akan sangat susah dan mustahil bagi Anda mengakses dompet crypto Anda kembali.

Untuk menghindari semua itu, jadi Anda harus prepare data. Jika perlu Anda harus punya salinan data di berbagai platform Anda. Jika dibantu dengan apps, upayakan Anda memilih kata kunci, pola atau yang lainnya secara user friendly dan mudah digunakan sehingga Anda tidak kerepotan.

Selain berbagai aspek diatas, salah satu hal yang masih belum memuaskan banyak pihak bagi cryptocurrency adalah regulasi. Banyak pihak yang khawatir mengenai regulasi crypto sehingga enggan untuk melirik mata uang digital ini.

Menurut pemahaman banyak orang, seandainya semua negara di dunia melarang adanya bitcoin, bisa dipastikan nilainya akan langsung turun dan runtuh serta bitcoin akan menjadi mata uang digital yang tak ada lagi harganya.

Namun, apakah kenyataannya juga sama? Apakah kenyataannya juga demikian?

Antara teori dan praktek  tidak sedemikian rupa karena beberapa negara sudah mengatur dan mengijinkan penggunaan mata uang crypto. Bahkan kabarnya Swedia, kini dikabarkan sebagai negara pertama yang turut menerbitkan mata uang crypto mereka sendiri.

Itulah beberapa hal penting mengenai kerugian investasi cryptocurrency dan berbagai informasi penting lain yang harus dikenali sebelum join. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.