Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Saham di Bursa

Pembelian saham dapat memberikan keuntungan sekaligus kerugian yang sama besarnya. Sebagai investor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli saham di bursa. Beberapa hal tersebut diharapkan mampu menjadi pertimbangan bagi anda supaya mendapatkan hasil investasi yang memuaskan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Saham Di Bursa

Berikut ini merupakan hal- hal penting yang harus diperhatikan sebelum anda melakukan investasi.

  1. Bagaimana kondisi perusahaan

Sebelum memutuskan untuk membeli saham, ada baiknya anda melakukan monitoring pada perusahaan yang dipilih. Hal ini dilakukan untuk mengamati kondisi perusahaan apakah berkembang dengan baik atau justru sebaliknya. Perhatikan pula bagaimana kinerja perusahaan mulai dari profile, keuangan perusahaan hingga beritanya di pasar modal.

  1. Kebijakan deviden

Hal penting selanjutnya adalah mengamati kebijakan dividen dari suatu perusahaan. Deviden sendiri merupakan laba yang akan diberikan pada para pemegang saham. Mengamati kebijakan deviden membatu investor dalam memutuskan apakah perusahaan dapat memberikan keuntungan kedepannya atau justru sebaliknya.

  1. Statistik kinerja

Ketika anda memilih saham untuk dimasukkan ke dalam portofolio, ada baiknya anda perhatikan pula proyeksi dari kinerja perusahaan tersebut di masa depan. Selain itu, anda juga diharapkan melakukan analisis kinerja perusahaan di masa lalu berikut juga catatan- catatan keuangan yang dimiliki. Analisa kinerja dapat memberikan indikasi berguna bagi para investor.

  1. Komentar perusahaan efek

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli saham di bursa adalah bagaimana komentar atau isu perusahaan di bursa efek. Perlu anda ketahui, isu yang dikeluarkan oleh perusahaan sangatlah beragam dan cenderung disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Ada baiknya untuk tidak langsung percaya dan melakukan analisa terlebih dahulu.

  1. Laporan mengenai rugi dan laba

Laporan rugi dan laba menjadi salah satu panduan bagi para investor sebelum menentukan saham mana yang akan dibeli. Laporan laba rugi dapat digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi keuangan perusahaan kedepannya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli saham di bursa di atas, dapat anda jadikan sebagai panduan sebelum menentukan saham mana yang akan anda beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *