Keuntungan Investasi Bagi Negara Indonesia

Ada salah satu teori ekonomi pembangunan yang dinamakan dengan Teori Tabungan dan Investasi. Teori ini disampaikan oleh Harrod-Domar dan menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ditentukan dari tingginya tabungan serta investasi. Jika tabungan serta investasinya tinggi maka pertumbuhan ekonomi suatu negara juga akan tinggi, dengan catatan jika kegiatan investasinya adalah kegiatan yang sehat atau menguntungkan. Makanya tidak heran jika kemudian hampir semua negara saat ini tidak segan untuk mengundang pihak asing supaya melakukan investasi, termasuk Indonesia yang notabene sebagai negara berkembang jelas memerlukan modal dari pihak asing. Lalu, apa saja sih keuntungan investasi bagi negara Indonesia sendiri?

Keuntungan Investasi Bagi Negara

Nah, supaya Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, mari simak keuntungan investasi bagi negara Indonesia di bawah ini:

  1. Investasi asing bisa membantu mendorong kemajuan produsen yang ada di dalam negeri, mengapa? Karena penanaman modal asing sudah tentu akan diikuti oleh masuknya berbagai produk dari luar negeri ke Indonesia. Nah, dengan kondisi ini, jelas produsen dalam negeri bisa lebih terpacu untuk meningkatkan produktifitas serta kualitas produknya supaya bisa mengimbangi produk asing tersebut.
  2. Membantu penyediaan lapangan kerja, karena penanaman modal asing ini disertai dengan pembukaan sebuah usaha. Nah, usaha yang baru dibuka ini jelas membutuhkan tenaga kerja bukan?
  3. Investasi atau penanaman modal asing juga bisa digunakan oleh negara untuk mengembangkan industri substitusi impor sehingga bisa menghemat devisa
  4. Iventasi asing juga menjadi salah satu sumber biaya untuk pembangunan berbagai bidang seperti infrastruktur dan lain-lain
  5. Bisa membantu mendorong perkembangan industri barang ekspor yang non-migas untuk mendapatkan devisa
  6. Investasi asing juga memungkinkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi, misalnya ada perusahaan otomotif Jepang yang membangun perusahaan assemblingnya di Indonesia. Dengan demikian akan banyak ahli otomotif yang berasal dari Jepang untuk turut serta terlibat proses produksi di Indonesia sehingga tidak menutup kemungkinan tenaga kerja Indonesia sendiri mendapatkan ilmu baru dari para ahli Jepang tersebut.

Nah, itulah beberapa poin keuntungan investasi bagi negara Indonesia. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi yang berguna untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *