Serba – Serbi Bursa Saham Indonesia Yang Perlu Diketahui

Bursa saham Indonesia merupakan salah satu bursa saham yang ada di dunia. Bursa saham atau yang sering juga dikenal dengan nama bursa efek merupakan pasar yang berhubungan dengan jual beli efek. Bursa saham adalah sumber uang eksternal bagi perusahaan maupun bagi pemerintah. Efek atau saham yang dijual di bursa saham merupakan saham milik perusahaan yang sudah go public atau sering disebut dengan perusahaan tbk. Bursa saham biasanya terdapat di suatu tempat, dimana tempat itu dugunakan sebagai tempat untuk melakukan pencatatan terhadap transaksi – trasnsaksi yang telah dilakukan. Pada era modern ini pencatatan seperti itu semakin sedikit untuk dilakukan, kini bursa saham sudah terhubung dengan jaringan elektronik yang lebih modern.

Bursa Saham Indonesia

Penggunaan jaringan elektronik sebagai sarana dalam bursa efek menjadikan bursa efek Indonesia diuntungkan dari segi kecepatan dan biaya transaksi. Bagi orang yang ingin melakukan kegiatan di bursa saham maka kegiatan perdangan saham akan dilakukan oleh seorang anggota dan seorang pialang. Harga saham pada bursa saham tergantung dengn faktor faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawarn pada harga saham itu sendiri. Bagi perusahaan yang sudah go public, pilihannya adalah untuk tetap melakukan penawaran saham pada atau menjualnya. Pada saat tigor hari ini kamu membangunkan untuk kepentingan keluarga yang penting. Jadi, bursa saham Indonesia saat ini lebih kompleks daripada dulu karena dipengaruhi banyak faktor internal dan ekstrenal.

Pada kegiatan jual beli saham, ada syarat listing atau pencatatan saham. Sebuah perusahaan yang memenuhi syarat baru bisa menjual di bursa saham Indonesia. Ada sebuah istilah dalam dunia saham yaitu Due Diligence. Bursa harus melaksanakan Due Diligence untuk umum. Ketentuan umum dari jual beli saham meliputi nominal dan omzet perusahaan. Karena pasar saham merupakan pasar untuk berjual beli saham perusahaan, maka bursa saham Indonesia menjadi salah satu bagian penting perekonomian Indonesia. Perdagangan saham di Indonesia jika dikembangkan bisa menjadi seperti negara – negara maju, contohnya di Amerika Serikat, Cina, Jepang dan sebagian besar Eropa. Oleh karena itu, kampanye pengenalan bursa saham Indonesia sangat penting bagi peningkatan kesadaran masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *