Cara Untung Trading Saham Harian

Cara untung trading saham harian

Cara untung trading saham harian apakah ad acara yang 100 persen pasti untung ? Itu adalah salah satu pertanyaan yang sering kita terima by email , menanyakan apakah ada satu metode atau bahkan short cut untuk cuan cepat.

Tentu saja jawaban dari pertanyaan itu anda sudah tahu sebenarnya , yaitu tidak pernah ada karena dunia saham itu dinamik bukan static. Jika ada tentunya sudah banyak sekali trader trader yang kaya mendadak karena menerapkan satu atau dua strategy saja.

Baca Juga : Menurunkan rata rata harga saham

Banyak buku buku tentang trading yang kita baca maupun podcast atau youtube channel tentang trading yang mengatakan bahwa jika kita lemah secara emosi maka sebaiknya jangan trading.

Trading lah tanpa melibatkan emosi. Secara pribadi memang tidak sependapat karena emosi sendiri merupakan bagian yang sangat penting di dalam setiap pengambilan keputusan yang kita ambil.

Tanpa emosi itu sendiri kita tidak akan bisa mengambil keputusan.Yang ada adalah bahwa mereka bisa me manage emosi mereka di saat melakukan trading atau bisa mengendalikan tingkat emosi pada saat mengambil keputusan di dalam trading.

Trader trader sukses bukan trading tanpa emosi hanya saja mereka bisa mengendalikan emosi mereka sedemikian hingga menjadikan mereka sukses di dalam trading.

Beberapa kegagalan yang di alami oleh trader biasanya dikarenakan oleh

  1. Ketidak mampuan di dalam mengambil keputusan baik beli maupun jual
  2. Stress pada saat trading
  3. Tidak ada persiapan secara mental sebelum trading
  4. Tidak mengikuti trading plan yang sudah di buat , atau tidak konsistent di dalam eksekusi trading plan
  5. Gagal move on karena loss trade sehingga mempengaruhi setiap keputusan
  6. Terlalu takut atau terlalu berhati hati

Ke enam poin di atas sebenarnya saling berhubungan satu sama lain dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Berikut adalah 8 Kesalahan Trader yang sering dilakukan baik sadar mupun tidak sadar.

8 kesalahan trader yang sering kali terjadi atau dilakukan adalah

  1. Tidak pernah me review trading harian , disini banyak yang mengabaikan pentingnya kita melakukan review hasil trading kita pada saat jam perdagangan berakhir , ada banyak hal yang menyebabkan hal ini sering terjadi , di antaranya adalah merasa tidak ada waktu untuk mereview hasil trading , mengindari atau tidak mau mengakui kalua memang melakukan kesalahan pada saat trading , merasa gengsi dan yang terakhir adalah merasa sudah tahu semuanya.
  2. Terlalu fokus pada kemungkinan cuan atau berandai andai , wah seandainya tadi masuk pasti sudah cuan 10 % misalnya ataupun sebaliknya. Hal ini sangat berbahaya karena akan menjadikan kita hanya fokus pada jangka pendek saja , bukan rencana jangka Panjang seperti yang sudah di susun di dalam trading plan.
  3. Tidak ada control resiko
  4. Kehilangan terlalu banyak uang , setali tiga uang dengan poin nomer tiga dimana di sini sering menjadi game over alias modal habis
  5. Kurang atau tidak ada rencana trading sama sekali , hal ini sering kali membuat trader asal beli atau beli berdasarkan saham apa yang naik pada saat itu , kalua sudah begini ujung ujung nya akan menjadi investor dadakan dan pasti akan di sibukkan dengan mencari informasi tentang perusahaan yang saham nya nyangkut yang notabene sebenarnya harus dilakukan terlebih dahulu sebelum membeli saham perusahaan tersebut.
  6. Expektasi yang berlebihan , hal ini banyak sekali terjadi pada trader pada saat saham yang di beli naik tinggi sehingga lupa pada plan semula , sudah cuan 10 persen karena harga terus naik , berharap mendapatkan 20 persen dan begitu seterusnya hingga akhirnya harga di banting dan tidak mendapatkan apa apa atau malah merugi.
  7. Panik dan balas dendam , balas dendam tidak hanya terjadi di kehidupan sehari hari saja ternyata , di dalam trading pun tidak jarang trader melakukan aksi balas dendam , sebagai contoh kemaren loss dari saham x , hari ini merasa bisa mendapatkan Kembali kekalahan yang kemaren atau at least balik modal.
  8. Kecanduan trading atau over trading , karena terlalu asik jual beli hingga melakukan over trade entah karena cuan banyak ataupun untuk membalas kekalahan sebelumnya , di sini yang sudah pasti di untungkan tentu saja adalah broker anda karena semakin banyak anda trading maka akan semakin banyak fee yang harus anda bayarkan.

Kelhatan nya sangat rumit ya untuk trading , sebenarnya tidak serumit yang kita bayangkan tapi juga tidak semudah yang kita lihat di pamerkan di sosmed tentang untung atau cuan cepat dari trading kilat atau scalper.

Trading itu sendiri sebenarnya bukanlah shortcut untuk menjadi cepat kaya , mindset ini yang perlu kita rubah bahkan sebelum kita memutuskan untuk terjun ke dunia saham.

Trading adalah sebuah proses atau perjalanan yang Panjang yang memang harus selalu kita nikmati , enjoy the process itu satu hal yang memang harus selalu kita lakukan.

Ada satu hal yang perlu kita ingat yaitu bahwa dunia trading atau pasar modal sesuai Namanya yaitu Pasar Modal , tentu di sini yang di adu adalah Modal dan komponen utamanya adalah Modal maka selalu ingatlah untuk melindungi modal kita , jika kita ingin berumur Panjang di pasar modal tentunya.

Jika modal kecil ya jangan berharap untuk mendapat cuan yang besar . Hal ini perlu kita ingat bukan untuk mengecilkan semangat kita yang bermodal kecil namun untuk mengingatkan agar kita terhindar dari keserakahan di dalam trading.

Ingatlah selalu bahwa di dalam trading itu musuh utama adalah diri sendiri.

Kembali ke bagaimana cara untung trading harian , disini kita akan share salah satu cara yang boleh di bilang cara bodon dalam Bahasa jawa dimana disini boleh di bilang tidak memerlukan keahlian khusus untuk bisa melihat dan membaca chart.

Disini anda cukup dengan cara hafal harga , memang bisa ? ya tentu saja bisa . Cara ini menuntut anda untuk melakukan pengamatan harga saham yang ingin anda beli , semakin lama semakin bagus tapi jangan terlalu lama juga ntar malah lupa he he he.

Secara teoritis cara ini sebenarnya sama seperti dengan menerapkan resistance dan support harga saham.  

Jangan takut dulu dengan istilah support dan resistance , kita bisa mempergunakan satu aplikasi sederhana dan gratis tapi sangat bagus yaitu RTI business yang bisa anda download dari play store maupun apple store.

Kita akan ambil salah satu contoh dan hasil dari contoh ini tentunya. Seperti kita ketahui bahwa hari ini 10 November 2022 kembali IHSG terkoreksi meskipun sempat menguat kemaren , hari ini menyerah di harga 6966.837 rupiah atau melemah 1.46 %

Kembali ke contoh saham , di sini kita mengambil contoh saham AGRS , perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Untung Trading Saham Harian Saham AGRS
Cara Untung Trading Saham AGRS

Dari  sini kita tahu bahwa level harga low untuk AGRS ini untuk 1 hari adalah 92 rupiah , 1 minggu adalah 91 rupiah dan 1 bulan nya adalah 85 rupiah. Nah angka harga tersebut bisa kita gunakan sebagai gambaran untuk level support dari saham AGRS ini demikian halnya dengan range high nya sebagai level resistance , semakin Panjang maka akan semakin kuat level resistance maupun support nya.

Dalam artian harga 85 rupiah merupakan satu harga support yang terkuat untuk saat ini dan harga 102 rupiah merupakan salah satu resistance kuat nya.

Dari rentang harga ini bisa kita jadikan acuan untuk membeli dan menjual saham AGRS ini . Apakah bisa tiap hari ? tentunya tergantung respon dari pasar itu sendiri , jika memang banyak perdagangan atau volume besa rya tentunya bisa kita lakukan untuk tiap hari atau untuk tik tokan.

Tap ikan hanya 1 rupiah per tik nya atau per kenaikan harga nya ? eiiiit jangan di lihat dari 1 rupiah nya , jika kita hitung 1 rupaih di sini secara percentage sebagai contoh anda membeli seharga 92 dan di jual seharga 93 maka anda akan memperoleh 1/92 x 100 % = 1.08 % ( belum di potong biaya broker ) atau jika anda mempergunakan fasilitas dari sekuritas , ada yang menyediakan free broker fee untuk trading harian. Angka 1.08 % memang terlihat kecil tapiiii itu adalah hasil dari tiktok yang nota bene bisa anda dapatkan hanya dalam hitungan detik jika pasar memungkinkan hingga selama jam trading saja.

Kalau untuk swing bagaimana ? untuk swing tentunya juga bisa , kita bisa mempergunakan range harga suatu saham untuk memperkiran level support dan resistance nya.

Satu hal yang penting untuk diingat baik anda trading harian ataupun swing adalah lakukan di saham yang anda benar benar banyak tahu baik dari segi perusahaan atau segi fundamental hingga dari hafal pergerakan saham nya.

Why ? Ingat Kembali bahwa di pasar modal yang harus anda lindungi adalah MODAL anda , dengan mengetahui perusahaan dan hafal pergerakan harga saham nya , anda sudah mengurangi resiko untuk kehilangan Modal anda.

Jadi seandainya harga sahamnya turun dan jebol support  nya , anda tidak stress seandainya lupa atau gagal keluar dari saham nya atau alias nyangkut. Jika nyangkut di saham yang anda sudah tahu perusahaan bagus , tidak perlu panik , seandainya anda sudah tahu bahwa perusahaan itu adalah perusahaan jelek dan tetap nekat untuk trading dan ternyata nyangkut tentunya akan lebih memudahkan untuk mengambil keputusan untuk cut loss katakan lah.

Kata cut loss memang masih menjadi satu momok yang menakutkan tapiiii like it or not jika memang anda memutuskan untuk menjadi scalper maka itu merupakan salah satu cara untuk melindungi modal dengan meminimalkan loss anda , semakin kecil loss tentunya akan semakin bagus , jangan kebalikan ya he he he he karena kebanyakan malahan berlaku kebalikan , kalua saham nya hijau buru buru jual , kalua saham nya merah malah di tahan tahan dan makin rajin berdoa semoga harga Kembali ke harga beli.

Apakah semua harga bisa Kembali ? jawabanya bisa Cuma yang kita tidak tahu adalah kapan nya. Bisa sejam membal, bisa 10 tahun baru membal so pick wisely your stock before you trade on it. Always do your homework first.

Apakah harga saham bisa tidak kembali ? hal ini juga bisa jika saham nya terlempar keluar dari bursa saham tentunya atau delisting.

Berikut adalah contoh hasil dari trading saham ini, hanya sebagai contoh saja

Cara Untung Trading Saham Harian Saham AGRS
Cara Untung Trading Saham Harian Saham AGRS

Dari contoh di atas sepertinya kecil ya daribeli 92 rupiah di jual 95 rupiah , namun jika kita hitung secara percentage kita dapatkan 3.26 % belum di kurangi fee broker.

Contoh di atas beli pada 2 November 2022 dan jual 10 November 2022 . Kenapa lama sekali , bukan kah harga nya fluktuatif banyak selama rentang waktu tersebut ? Jawabanya adalah karena memang belom memungkinkan untuk trading dikarenakan terbatasnya akses internet yang tersedia.

Kenapa tidak di jual di harga 102 ? Ini merupakan pertanyaan yang sangat bagus dalam artian beli 92 jual 102 dan harga tertinggi hari ini kan 102 rupiah ?

Dalam praktek trading untuk cuan harian memang sangatlah bagus jika kita bisa menjual di harga tertinggi pada hari yang sama , cumaaaaan kita tidak pernah tahu bahwa pasar akan membawa harga saham nya hingga 102 .

Kita hanya menargetkan 1% saja untuk fast trade so beli 92 jual 95 sudah melampaui target and we feel gratefull for that. Jangan lupa untuk selalu bersyukur berapapun yang kita dapatkan dari hasil trading kita.

Saham AGRS ini hanya sebagai contoh saja, tidak ada ajakan untuk membeli saham tersebut , sekali lagi always do your home work.

Salam Sukses Investasi !!!

Ayo like, share and follow our instagram @analisafundamental