Harga Saham GGRM Setelah Cum Date Dividen Masih Cuan kah ?

Harga saham GGRM hari ini di penutupan market jumat 5 juli 2019 adalah 77200 rupiah . Dengan harga saham GGRM per lembar 77200 rupiah artinya mengalami pelemahan sebesar 1.31% dari harga penutupan kemaren .

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya harga saham nya mengalami penguatan 0.64 % pada penutupan 4 Juli 2019 kemaren . Kalau kita jeli dengan sedikit perhitungan matematika sederhana saat kita membeli saham nya di harga terendah kemaren sebesar 78000 rupiah dan katakan lah kita terpaksa menjual di harga penutupan hari ini sebesar 77200 rupiah secara kasat mata kita mengalami kerugian sebesar 800 rupiah per lembar saham nya , apakah memang benar ?

Kita harus ingat bahwa jika kita membeli saham di cum date dividen nya tentunya kita mengharapkan mendapatkan dividen nya bukan ? Dan dividen yang kita peroleh per lembar adalah 2600 rupiah. Sehingga jika kita hitung ulang kita masih cuan sebesar 2600 – 800 = 1800 rupiah atau secara persentasi 2.3 % . Not bad untuk transaksi jubel saham dalam 2 hari .

Now we know why many people do that , jadi kita tahu kenapa banyak trader melakukan aksi profit taking di saat saat cum date dividen. Hal ini boleh di bilang gampang gampang susah untuk di lakukan terutama buat pemula yang baru terjun di dunia saham belum lama, karena biasanya merekalah yang akan selalu tertingal kereta alias telat menjual ataupun terpaksa menjual dengan harga paling tidak terendah di hari trading.

Selain itu faktor ketakutan dalam melihat angka juga berperan besar dalam artian ah aku beli 78000 rupiah masak harus di jual 77200 rupiah kan rugi 800 rupiah…. itu benar kalau anda beli bukan di saat cum date nya , saat cum date harus di ingat juga berapa besar dividen yang anda terima.

Secara umum penurunan 1.31 % ini termasuk kecil dibandingkan dengan penurunan harga saham SMDR misalnya yang pada jumat ini terpangkas sebesar 3.77 % akan tetapi secara dividen yield tetap masih cuan secara perhitungan kasar hampir sama dengan persentasi cuan di saham GGRM ini.

Tidak ada perhitungan yang sulit di sini , hanya simple logika saja yaitu belilah serendah mungkin sebelum cum date deviden dan jual setinggi mungkin saat setelah cum date dividen atau at least sama dengan harga saat anda beli. Kalau bisa jual cuan plus dividen ya itu yang kita harapkan bersama sama.