Harga Saham SMDR Hari Ini , Analisa Fundamental dan Teknikal nya

Harga saham SMDR hari ini cukup menarik untuk di perhatikan di samping kenaikan nya yang cukup significant dari level 280 rupiah dan juga akan di bagikan nya deviden pada cum date 4 juli 2019 mendatang dengan yield sebesar 5.16 % , namun pertanyaan nya apakah masih layak untuk di koleksi jika melihat dari level kenaikan nya yang sudah di atas 10 % .

Mari kita lihat sejenak profile singkat dari perusahaan SMDR ini

Sebenarnya berapa harga wajar saham SMDR ini dan bagaimana grafik harga saham SMDR ini. Untuk harga wajar saham SMDR ini banyak sekali metode yang bisa di gunakan untuk menghitung nya di antara nya pernah kita posting di sini.

Mari kita perhatikan secara grafik tentang valuasi dari saham SMDR ini

Hal terpenting pertama dari grafik di atas adalah nilai book value per share nya yang naik dari tahun ke tahun yang juga di ikuti net asset value per share nya. Anda bisa bandingkan harga book value nya dengan harga saham saat ini dan mengambil kesimpulan apakah harga saham nya masih terhitung murah atau kah mahal.

Jika kita perhatikan poin utama dari grafik harga saham SMDR hari ini di atas adalah EPS nya yang cenderung naik turun dari tahun 2014 hingga Maret 2019 , satu catatan penting bahwa perusahaan ini sangat rentan dengan perubahan kurs USD terhadap rupiah .

Mari kita perhatikan balance sheet dari laporan keuangan SMDR ini , satu hal yang sangat menarik adalah DER atau Debt Equity Ratio nya yang cenderung menurun dan bertahan di bawah 100% yang merupakan salah satu indikasi bahwa perusahaan dalam keadaan yang sehat . ( Tidak berlaku untuk perusahaan perbankan dan keuangan ) . Nilai Equity nya juga cenderung meningkat dari tahun ke tahun di ikuti dengan nilai Asset nya.

Bagaimana dengan cash flow nya ? bukan kah cash is the king , mari kita perhatikan grafik di bawah ini.

Operating cash flow nya selalu positif yang artinya perusahaan ini hampir di bilang tidak pernah mengalami kesulitan keuangan dalam menjalankan operasi perusahaan sehari hari nya. Net income dari perusahaan ini juga sangat terpengaruh dengan nilai kurs USD terhadap rupiah.

Disamping EPS nya yang naik turun , satu nilai positif dari perusahaan ini adalah rajin bagi bagi deviden dengan yield yang rata rata di atas 5 %. Kalau kita perhatikan kenapa deviden nya turun drastis dari tahun 2016 dari 500 rupiah per saham menjadi 20 rupiah per saham ? Ingat bahwa SMDR ini pernah stock split dengan rasio 1:20 , that is why dividend nya sepertinya lompat turun jauh bingit.

Bagaimana dengan grafik harga saham SMDR secara teknikal nya ?

Pada penutupan hari ini saham SMDR di tutup cukup cantik diatas MA 5 , MA 10 dan MA 20 nya dan penutupan hari ini confirm tembus resistance di 316 rupiah nya setelah jumat kemaren break resistance 310 nya. Next resistance berada pada level 330 rupiah. BB upper sudah tertembus di penutupan hari ini .Silahkan cermati kembali probabilitas dari saham SMDR ini , silahkan pertimbangkan kembali risk dan reward nya sebagai reminder kembali bahwa saham SMDR ini akan membagikan deviden sebesar 16 rupiah pada 4 Juli 2019 mendatang . Silahkan lakukan langkah antisipasi and like always be smart trader.