Harga Saham Totalindo Eka Persada Sinking IPO atau Sebuah Peluang

Harga saham totalindo eka persada merupakan salah satu contoh tenggelamnya saham yang boleh di bilang baru IPO. Perusahaan dengan kode saham TOPS ini sempat menjadi idola trader karena terbang tinggi sesaat setelah IPO , IPO dengan harga 310 rupiah , harga saham totalindo eka persada ini sempat melesat di angka 4750 rupiah dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Kalau kita hitung return nya lebih dari 1000 % . Sangat menggiurkan memang , namun setelah menyentuh 4750 rupiah saham TOPS ini secara pelan tapi pasti rontok harga saham nya. TOPS ini termasuk cepat sekali melakukan coorporate action berutpa stock split terhitung dari saat melantai di bursa saham . Mari kita perhatikan grafik harga TOPS sebagai berikut.

Harga Saham TOPS
Harga Saham TOPS

Cukup tragis jika kita perhatikan grafik harga dari saham TOPS ini. Namun jika sekilas kita perhatikan secara EPS memang rasa rasanya wajar jika saham TOPS ini terbenam hingga saat ini di harga 114 rupiah saja. Blom ada indikasi perbaikan dari sisi laporan keuangan dari perusahaan ini. Meskipun jika kita perhatikan proyek dari perusahaan ini cukup banyak , namun belum mampu untuk memperbaiki kinerja keuangan nya. Dengan harga 114 rupiah ( saat artikel ini ditulis ) secara valuasi saham TOPS ini boleh di bilang mahal .

Valuasi Harga Saham TOPS
Valuasi Saham TOPS

Dengan PBVR 2.85 x saham ini termasuk mahal itu poin pertama , poin yang kedua adalah perusahaan ini tidak membagikan dividen. Jika anda membeli saham nya di harga 845 rupiah atau harga setelah stock split maka per hari ini porto anda susut sebesar 86.51 % dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Fenomena saham IPO ini memang menjadi pewarna tersendiri di pasar modal Indonesia dalam ajang spekulasi. Ada kalanya kita beruntung di saat ber spekulasi namun pertanyaan nya sampai kapan kita bisa beruntung terus dalam ber spekulasi terhadap suatu saham. Saham TOPS ini bisa kita jadikan sebuah pembelajaran untuk kita semua yang baru dan masih belajar tentang dunia investasi terutama di dunia investasi saham. Pelajaran yang sangat mahal tetapi sangat berharga. Memang tidak ada satu pun jaminan bahwa suatu saham akan naik terus atau turun terus , apapun itu saham nya. Namun jika kita berpegang pada fundamental perusahaan hal yang terjadi pada saham TOPS ini bisa menjadi suatu peluang tersendiri semisal terjadi pada saham Telkom ( ngarep mode on ) .

Warren Buffett On IPO
Warren Buffett on IPO

Ingat ingat selalu pesan Warren Buffett di atas ya if you want to be succesfull investor not speculator. Untuk analisa saham yang lain bisa anda baca di sini.

Baca Juga : Pasar Modal Indonesia

Jangan lupa untuk like dan share dan follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !