Main Saham Modal 1 Juta Semua Pasti Bisa but How To DO it

Main saham modal 1 juta bukan hanya menjadi jargon kosong saja , banyak yang ragu apakah mungkin hanya dengan modal satu juta saja. Disini kita tidak akan membahas mengenai proses bagaimana memulainya akan tetapi praktek langsung nya di pasar modal Indonesia.

Baca Juga : Cara Bermain Saham Modal Kecil

Untuk trader dengan modal 1 juta tentunya harus pintar dalam memilih saham perusahaan apa yang akan di tradingkan terutama dari segi harga . Dengan modal 1 juta tentunya anda tidak akan ngotot untuk membeli BBCA misalnya, karena 1 lot pun tidak akan bisa kebeli. Untuk modal 1 juta anda bisa menseleksi dengan range harga 100-200 rupiah perlembar nya . Dengan range harga tersebut harga per lot nya masih terjangkau dan di market Indonesia , range harga tersebut biasanya saham nya sangat fluktuatif pergerakan nya dimana hal ini yang di cari untuk trading harian tentunya. Kenapa bukan yang rentang harga 50-99 rupiah ? Karena biasanya dalam rentang harga tersebut relatif rawan untuk parkir ke harga 50 rupiah dan tentunya anda tidak ingin jika uang anda tertahan di sana.

Dengan uang satu juta anda bisa membeli katakanlah harga 100 rupiah per lembar anda akan mendapatkan 10000 lembar atau 100 lot ( belum termasuk fee broker untuk jual dan beli ) Tantangan nya di sini adalah kita harus jeli karena dengan rentang harga tersebut banyak perusahaan yang boleh di bilang kurang bagus secara kinerja namun tidak semua , jadi memang di butuhkan kejelian di dalam memilih dengan rentang harga antara 100-200 rupiah per lembar nya.

Sebagai contoh di sini adalah SOCI , salah satu emiten perkapalan . Mari kita lihat sekilas data Valuasi dari SOCI ini .

Main Saham Modal 1 Juta Valuasi SOCI
Main Saham Modal 1 Juta Valuasi SOCI

Secara Valuasi masih murah dengan PBVR 0.19x dan PER 15.46x , meskipun dividend yield nya boleh di bilang kecil , hanya 1.52%. Untuk data lengkap SOCI anda bisa lihat disini . Untuk tahun buku 2019 SOCI belum membagikan dividen nya sampai saat ini. Untuk data rangkuman keuangan SOCI bisa kita lihat dalam tabel di bawah ini.

Financial High Lite SOCI
Financial High lite SOCI

Memang secara earning jika kita setahunkan earning untuk tahun 2020 ini belum bisa menyamai earning 2019 yang lalu. Secara Asset mengalami kenaikan dari tahun ke tahun begitu juga equity dari perusahaan ini. Secara sekilas dari data di atas , SOCI ini cukup aman untuk di trading kan maupun untuk investasi. Pertanyaan nya kenapa kita melakukan sedikit penelitian jika ingin trading saja, tentu saja kita harus ingat bahwa modal kita 1 juta rupiah saja , teliti sebelum membeli adalah hal yang baik , untuk melindungi modal tentunya dan sebagai habbit jika modal kita sudah tumbuh 10,100,1000 juta tentunya . Nah untuk trading harian dengan range 100-200 rupiah , anda bisa menargetkan 2-3 tik kenaikan saham, kenapa tidak sampai ARA misalnya , ingat jika saham bisa ARA tentunya saham juga bisa ARB , dengan modal yang ada , tidak banyak ruang untuk melakukan kesalahan so 2-3 tik kenaikan harga untuk harian sudah lah bagus, anda bisa menaikan target kenaikan seiring meningkatnya skill trading anda tentunya. Kenapa tidak 1 tik aja kita jual ? ingat bahwa kita juga harus membayar fee ke broker untuk beli dan jual , yang rata rata berkisar sekitar 0.5 % tergantung dari sekuritas yang anda pilih tentunya.

Jangan lupa untuk like dan share dan follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !!