Cara Menjadi Investor Saham Kekinian Semua Juga Bisa

Cara menjadi investor saham di analisa fundamental.com

Ibuk-ibuk Rempong Pun Bisa Main, Kalau Cara Menjadi Investor Saham Segampang Ini.

cara menjadi investor saham
Cara menjadi investor saham

  • Kenapa Harus Menjadi Investor Saham

“Muda? Kaya Raya. Mati? Masuk Surga.”

Slogan itu sebetulnya masih berlaku di era globalisasi ini. Justru, di era gadget yang semakin deras. Malah banyak anak-anak muda kaya raya, berkat investasi terpercaya. Alasan mereka simple sekali sih, ini dia:

  1. Investasi merupakan senjata yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan cara berinvestasi dengan pintar dan bijak. Bahkan nilainya bisa lebih gede dibanding hanya sekedar nabung di bank.
  2. Sebagai batu loncatan meraih mimpi. Karena keuntungan yang didapat bisa membuatmu beli street food di luar negeri.
  3. Sumber keungan tidak cuma satu. Masa pandemi gini nih, mereka yang sudah lebih dulu berinvestasi agak sedikit bisa lebih lega bernafas kan? Karena mereka punya dana cadangan untuk beli berbagai kebutuhan karantina selama pandemi.
  4. Agar memiliki masa tua yang tenang. Tidak semua masa tua orang tuh produktif. Jadi, Anda harus sangat bijak melihat peluang di masa muda Anda. Agar bisa Anda nikmati di usia-usia ketika Anda tidak selincah ketika Anda muda.
  5. Bebas finansial. Itu tandanya Anda mempunyai harta dan aset yang cukup untuk prioritas Anda tanpa harus capek-capek kerja.

Kalau gini alasannya, duh rugi banget kalau masih males-malesan untuk berinvestasi. Waktu 24 jam sehari selama 10 tahun Anda tuuuh dikemanain.

Ayok mulai berteman deh sama orang-orang yang maniak sama investasi. Biar nular. Kan ada kata-kata bijak seperti ini,

“Bertemanlah dengan pedagang parfume, bukan pedagang ikan. Biar bau wangi yang nular, bukan bau amis”

  • Daftar Anak Muda Bisa Kaya Karena Investasi

Rugi banget sih kalau anak muda kerjaannya cuma bucin. Udah expired kalau putus cinta terus pergi ke dukun. Salah oiii. Apalagi bunuh diri. Udah kuno.

Kalau sudah patah hati, ya saatnya investasi. Buktikanlah, kalau Anda bisa mendapatkan kekayaan dan seseorang yang lebih good looking dibanding mantan.

Sepertinya, Anda butuh sosok yang menginspirasi untuk segera investasi. Siapa saja sih? Yuk, cek di tulisan berikut yah:

  1. Peter Lynch
Peter Lynch

Sumber: Business Insider

Peter memutuskan untuk berinvestasi saat dia lagi sibuk kuliah. Peter beli saham di Flying Tiger Airline, sebanyak 100 lembar.

Setelah lulus kuliah, Peter mengadu nasib menjadi pengelola Reksadana di Fidelity Investment.

Di tahun 2006, ada laporan yang membongkar kekayaan Peter. Anda tau? Total kekayaannya senilai Rp. 4,7 Triliun.

Hallo! Anda pelajar? Kenapa ragu untuk investasi?

  • John Bogle
John Bogle

Sumber: Business Insider Australia

John lahir saat masa Depresi Besar Besaran. John hadir ke dunia di tahun 1929.

Keluarga John sampai menjual rumah di mana mereka tinggal karena butuh banget duit. Setelah itu, ayah dan ibu Bogle bercerai. Alasan perceraian orang tua Bogle yaitu ayah Bogle stress berat dan kecanduan alkohol.

Walau punya kasus broken home, Bogle bisa berprestasi secara akademik dan melanjutkan study-nya di Blair Academy, lewat jalur beasiswa.

Sebelum mendirikan Vanguard Group. Setelah lulus kuliah, Bogle menitih karir di Wellington Fund. 

Majalah Fortune mengungkapkan. Bahwa di tahun 1999, Bogle digadang-gadang sebagai Raksasa Investasi Abad ke 20.

  • Geraldine Wiss
Geraldine Wiss

Sumber: Traderlife.co.uk

Apa yang ada dibenak Anda ketika muncul nama Geraldine? Selebgram? Hihi. Tidak masalah. Di Indonesia, Anya Geraldine terkenal karena berkarya di dunia entertainment. Sedangkan di mancanegara punya Geraldine Weiss yang piawai di bidang investasi.

Dengan usia yang hampir menyentuh 1 abad, Geraldine Weiss memiliki julukan, ” Ratu Dividen Saham Blue Chip.

Kenapa dijuluki Ratu? Karena fokus Geraldine hanya di strateginya yang unik ketika membeli saham. Keuntungannya berasal dari perusahaan yang melantai di bursa saham.

Termasuk Warren Buffet. Warren Buffet dijuluki Bapak Investasi Dunia. Kalau dia seorang bapak. Maka, Anda harus bisa jadi anaknya.

  • Varian Investasi, Sepsial Untuk Anak Muda Under 30 Tahun

Sekarang, cara menjadi investor di usia muda itu tidak dipersulit lagi. Bahkan dengan modal awal Rp.100.000, Anda sudah bisa mulai untuk investasi.

Nih, ada rekomendasi varian investasi. Khususnya buat anak bangsa yang usianya masih sekitar 20-30 an.

  1. Kenapa Reksa Dana?
Cara menjadi investor saham dan reksadana
Cara menjadi investor saham dan reksadana

Sumber: infoinvestasi.com

Si Reksa Dana punya Menejer Investasi (MI) yang siap nolongin Anda. MI tugasnya tuh ngurusin penjualan dan pembelian reksadana Anda. Jadi, tugas Anda bisa lebih ringan deh.

Anda akan dapat bantuan ketika Anda bingung menentukan produk Reksadana yang sesuai dengan profil risiko. Juga sesuai dengan tujuan finansial Anda.

  • Kenapa Investasi Saham?
cara menjadi investor saham kekinian
Cara menjadi investor saham kekinian

Sumber: eBay

Modal investasinya masih terjangkau. Anda bisa membeli beberapa slot saham hanya dengan satu uang kertas berwarna merah muda. Hanya dengan 100 ribu, Anda sudah bisa tancap gas untuk investasi saham

  • Kenapa Investasi Emas?
investasi emas
investasi emas

Sumber: biaya.info

Investasi emas aman loh. Selain itu emas gampang banget dicairkan dan rendah resiko. Emas bisa dibeli mulai dari harga kurang dari 100 ribu kan?

Tiga jenis varian investasi di atas tuh gampang banget dijalani dan mudah ditemui. Tinggal balik ke pribadi masing-masing, mau segera eksekusi atau ngaret lagi nih.

Kalau Anda ingin cepet-cepet eksekusi. Anda perlu mengedukasi diri bagaimana cara menjadi investor saham yang baik.

  • Cara Menjadi Investor Saham

Ok, silakan Anda kumpulin konsentrasi-konsenstransi Anda. Agar bisa mencerna tulisan berikut dengan pikiran yang jernih. Sebelum bermain saham, Anda harus melewati langkah-langkah di bawah ini dulu yah:

  1. Kepoin dulu apa itu saham. Bisa dengan berselancar di Mr. Google atau dengan bergabung di grup yang sering ghibahin saham.
  2. Siapkan data-data penting Anda. Seperti, KTP atau Kartu Identitas, NPWP dan surat keterangan lain yang dibutuhkan
  3. Isi formulir saat membuka rekening di perusahaan sekuritas
  4. Anda akan mendapatkan fasilitas nomor Single Investor Identification (SID) pada kartu Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes). Penerbit kartu tersebut adalah PT. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)
  5. Anda bisa milih mau investasi pakai cara apa. Melalui perantara dealer atau bertransaksi pakai fasilitas trading secara online.

Gampang yah cara menjadi investor saham. Kurang dari 24 jam. Anda tidak perlu membuang waktu lama-lama untuk mendaftarkan diri .Nah, kalau Anda sudah daftar. Anda perlu banget mendalami pengetahun tentang saham.

Apa sih saham itu? Anda juga harus kenalan lebih jauh dengan “Investor”, “Trader”, dan “Spekulan” juga

Anda harus meluangkan waktu untuk belajar apa saja tips sukses menjadi investor saham. Kulik profil resiko, setelah itu tetapkan tujuan kenapa Anda berinvestasi.

Kulik juga sampai ke akar-akarnya waktu-waktu primadona untuk jual beli saham. Sekali-kali, Anda perlu menemui broker untuk meminta nasihat bijaknya.

Dengan tulisan yang lengkap ini, pamali kalau Anda masih nunda untuk berinvestasi. Keburu tua. Keburu miskin. Keburu sakit. Atau bahkan keburu mati tanpa warisan. Horor banget kan.

Sampai jumpa di 10 tahun ke depan ya. Apakah Anda semakin sejahtera? Atau justru sebaliknya.

Ayo Share follow dan like kita ya: