Stock Split UNVR Untung Apa Rugi dari Mata Investor

Stock split UNVR mewarnai pembukaan bursa di tahun 2020 ini dari hasil kesepakatan rapat umum pemegang saham pada 20 November 2019 yang silam. Banyak investor yang bertanya tanya tentang nasib saham mereka saat setelah terjadi corporate action salah satunya adalah stock split.

Stock split adalah pemecahan jumlah saham sesuai dengan ketentuan yang telah di sepakati , dalam kasus UNVR ini adalah 1: 5 atau satu saham lama di pecah menjadi 5 saham baru. Jika anda mempunyai 100 lembar maka setelah stock split maka saham anda menjadi 500 lembar. Banyak yang bertanya mengenai harga saham nya. Tidak ada perubahan nilai saham setelah stock split , hanya angka nya saja yang berubah maksudnya begini , jika anda mempunyai satu lembar saham UNVR seharga 40 ribu rupiah , maka saat setelah stock split UNVR anda mempunyai 5 lembar saham UNVR dengan harga 8000 rupiah per lembarnya. Jika anda kalikan akan tetap sama nilai nya 40 ribu secara keseluruhan. Jadi dari sisi pemegang saham lama tidak ada efek negatif nya sama sekali karena kepemilikan saham anda tetap sama. Tidak ada efek delusi dalam stock split ini , secara persentasi kepemilikan saham anda akan tetap sama tidak ada perubahan sama sekali. Lain halnya dengan right issue maupun reverse stock.

Stock Split UNVR
Stock Split UNVR

Tujuan stock split itu sendiri bagi suatu perusahaan adalah untuk lebih ke arah liquid saham perusahaan saja dikarenakan harga saham yang sudah sangat tinggi ( saya tidak mengatakan mahal atau murah ya ) dan untuk lebih menarik perhatian investor saham baru karena dengan harga saham yang baru ini di harapkan menjadi lebih terjangkau untuk semua kalangan investor. Bagi investor baru tentunya ini menjadi suatu angin segar setelah tahu tujuan stock split itu sendiri menjadikan harga saham nya menjadi terjangkau.

Dengan harga saham berkisar 40 ribu perlembar , jika anda mau membeli satu lot anda harus menyiapkan dana sebesar 40 ribu x 100 atau 4 juta rupiah per lot nya, bandingkan dengan harga setelah stock split sebesar 8 ribu rupiah per lembar nya , anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 8 ribu x 100 atau 800 ribu rupiah saja untuk membeli satu lot nya.

Kemudian ada juga yang bertanya bagaimana harga saham nya setelah stock split akan naik atau turun ? Sebenarnya stock split ini tidak menjamin harga saham akan nantinya naik atau turun , karena naik turun nya harga suatu saham tergantung dari performa perusahaan dan sentimen pasar itu sendiri.

Jika anda bertanya apakah saat nya untuk membeli saham UNVR ini karena harganya sudah tidak selangit ? Untuk menjawab pertanyaan ini anda harus kembali kepada apa tujuan anda sendiri. Membeli untuk trading atau membeli untuk investasi , anda perlu melakukan dua analisa yang berbeda sesuai dengan tujuan anda sendiri untuk membeli saham UNVR ini.

Salam sukses Investasi !