Tata Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Tata Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian ini pada dasarnya bisa ditanyakan langsung pada lebaga penyedia seperti yang tertera pada judul.

Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka (investor) yang belum, sehingga mencari informasi tambahan sebelum mereka melakukan pencairan.

Nah, seperti yang kita ketahui, salah satu bentuk investasi yang sangat digandrungi ialah investasi emas dan penerapannya bisa dilakukan pada lembaga terpercaya seperti pegadaian.

Pasalnya, lembaga tersebut merupakan instrumen investasi yang tidak akan membuat pusing investor dan juga memberikan keuntungan yang nyata secara finansial.

Jika dibandingkan dengan begitu banyaknya instrumen investasi, emas masuk pada salah satu pilihan terbaik dan sudah terjamin tidak akan mengalami kerugian yang besar. Bahkan identik dengan keuntungan seiring dengan bertambahnya waktu.

Dan untuk saat ini, Tabungan Emas bisa diterapkan di Pegadaian, sehingga investor bisa mendaftar dengan mudah untuk bisa mempunyai tabungan tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian? Tentu tata caranya sangatlah mudah. Namun sebelumnya, anda juga harus mempelajari alasan memilih investasi di pegadaian.

Tata Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Pada saat calon investor mempunyai rencana untuk investasi emas, termasuk juga tabungan emas di pegadaian, setidaknya ada 5 keuntungan yang bisa diperoleh. Hal tersebut mencakup :

1. Harga Emas Lebih Cenderung Stabil

Tabungan emas di Pegadaian mempunyai harga selayaknya emas yang ada di pasaran, harga tersebut lebih cenderung stabil.

Bahkan pada beberapa bulan terakhir, harga emas mencapai tingkat kecenderungan lebih naik. Maka dari itu, kondisi tersebut akan sangat jauh berbeda ketika anda memilih untuk investasi di dunia saham yang tingkat fluktuasinya tinggi.

2. Lebih Mudah Dicairkan

Bentuk investasi seperti emas mempunyai likuiditas yang tinggi. Bahkan untuk mencairkannya pun terbilang mudah.

Dalam hal ini, anda bisa menjualnya secara langsung atau bisa juga dengan mencetak tabungan menjadi emas secara fisik.

Yang menjadikannya unik, pencairan dalam bentuk emas ini bisa dipilih sesuai keinginan. Baik berupa emas perhiasan ataupun batangan.

3. Lebih Aman dan Legal

Seperti yang diketahui, pegadaian merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak 1901 dan hingga saat ini sudah mempunyai status sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dengan status tersebut, tentu calon investor lebih terjamin legalitasnya, khususnya pada saat menabung emas di Pegadaian.

Tentu kondisi tersebut akan berbanding terbalik jika dibandingkan dengan sarana menabung emas secara digital dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Menawarkan Harga Yang Relatif Terjangkau

Tidak hanya bisa diperoleh dengan mudah, namun anda juga bisa membeli emas dengan harga terjangkau di Pegadaian.

Pada saat sudah mempunyai rekening Tabungan Emas Pegadaian, maka anda bisa menambah saldo tabungan secara fleksibel.

Bahkan anda tidak perlu menyetor uang senilai harga 1 gram emas. Pasalnya pihak Pegadaian memberi kelonggaran dalam penyetoran saldo senilai emas 0,01 gram.

5. Cara Pembelian Yang Mudah

Kepemilikan tabungan emas Pegadaian bisa diterapkan dengan mudah. Sebab anda hanya perlu melakukan pendaftaran melalui aplikasi Pegadaian Digital, Agen Pegadaian, atau bisa di Outlet Pegadaian terdekat.

Terlepas dari itu, untuk melakukan top up saldo tabungan, bisa juga dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, ATM, dan 4400 Outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Kembali pada topik seperti yang tertera pada judul, peroses pencairan saldo Tabungan emas di Pegadaian begitu mudah.

Dalam hal ini, pihak Pegadaian memberikan 2 opsi cara mencairkan tabungan tersebut. Beberapa diantaranya ialah :

1. Menjual Kembali Emas Ke Pegadaian

Cara pertama ini merupakan solusi sederhana untuk bisa mencairkan emas di Pegadaian. Dengan menjual langsung ke Pegadaian, maka anda pun bisa langsung mendapatkan uang.

Metode pertama bisa dipilih pada saat anda ingin memperoleh uang tunai dalam waktu singkat. Dan harga emas yang dijual sesuai dengan harga pasaran yang berlaku.

Namun untuk bisa mencairkan tabungan emas, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa jumlah saldo yang tersimpan minimal senilai harga 1 gram emas.

2. Mencetak Tabungan Emas Menjadi Emas Fisik

Opsi kedua untuk mencairkan tabungan emas ialah dengan mengajukan pencetakan emas fisik ke Pegadaian.

Dalam hal ini, ada opsi lanjutan untuk memilih berat emas fisik yang akan dicetak. Mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Ketika hendak mengajukan pencetakan emas fisik, anda bisa melakukan lewat aplikasi Pegadaian Digital atau bisa langsung datang ke outlet Pegadaian tempat pembuatan rekening.

Pada setiap pencetakan emas fisik, anda akan dikenakan biaya cetak yang jumlahnya disesuaikan dengan berat emas. Baru selanjutnya pengiriman emas fisik dilakukan pasca proses pencetakan selesai.

Demikian dari kami, Salam sukses investasi.