Scalping Saham

Teknik Scalping Saham Cuan

Teknik scalping saham jujur saja banyak di cari terutama para pemula yang ingin terjun atau sudah terjun di dunia saham baru baru saja. Teknik ini di minati karena dianggap sebagai salah satu holy grail untuk cepat cuan atau cepat kaya.

Tentu saja hal ini tidak lah 100 persen benar , untuk menuju ke sana di perlukan latihan atau jam terbang yang tinggi. Apakah memang ada satu strategy yang benar benar 100 persen cuan setiap saat ? Mimpi kali yaaa….

Sesuai dengan Namanya scalping , yang bisa di artikan secara harafiah sebagai ketombe atau scalp , tentunya anda tahu apa itu ketombe.

Scalping disini kita mengambil cuan minimal atau cuan kecil tapi sering , apakah selalu kecil ? bisa di katakan tidak selalu , tetap tergantung dari respond dari market pada saat eksekusi.

Susah apa tidak ? jika ini yang menjadi pertanyaan maka jawabanya adalah susah he he he , kalau ada yang bilang scalping itu mudah ya anda sudah di boongin , mungkin memang mudah buat yang jam terbang nya sudah tinggi.

“Be master wherever you go – then wherever you are, thing are as they truly are “

I Love that quote , ok so bagaimana cara nya kalau pengen scalping ? Cara ini adalah cara yang saya pribadi lakukan untuk scalping atau Bahasa keren nya nyopet he he he

Screening saham saham dengan fundamental yang sehat , scalper kenapa harus screening saham saham fundamental sehat ?

Buat saya pribadi hal ini sangat penting mengingat jujur saja masih dalam tahap belajar , masih sering nyangkut , dengan fundamental perusahaan yang sehat , pas nyangkut dan jadi investor dadakan , kita tidak di buat panik dan langsung cut loss dan juga kita tidak di sibukan dengan mencari data tentang perusahaan yang saham nya kita beli dan kita nyangkut.

Karena hal itu sudah kita lakukan di depan , dengan seleksi saham saham dengan fundamental bagus.

To be honest kalau asal tembak aja pas market buka dan kita telat atau gagal keluar kalau dapat saham fundamental jelek…..sakiiiiiittt he he he he.

Tujuan dari screening di sini adalah kita perlu mempunyai indek saham pribadi , jangan mau kalah dengan indek yang lain missal LQ 45 he he he.

Baca juga : Screening Saham

Saya pribadi mempunyai 15 saham yang menjadi indeks pribadi.Kenapa 15 ? Namanya juga indeks pribadi sah sah aja kalau anda pengen 45 saham juga gapapa , kalau saya memang menyesuaikan layar hp he he he he muatnya 15 ya sudah 15 saja, toh juga ga mungkin di borong semua di satu waktu.

  • Amati indeks pribadi anda on daily basis at least satu bulan.

Kenapa lama sekali ? ini real money bung dan uang hasil kerja keras , bukan warisan , so kita perlu melakukan pengamatan terhadap indeks pribadi yang sudah kita buat.

Tujuan utama nya adalah biar kita familiar dengan pergerakan harga saham nya . Ingat bahwa scalper di sini ibaratnya snipper one bullet one life . Bukan asal berondong saja , habis peluru tamat sudah.

Selama masa pengamatan ini , kita bisa melihat dari daftar indeks pribadi saham saham mana yang lincah bergerak , saham saham mana yang mager, saham mana yang tidak gerak sama sekali.

Tidak semua saham perusahaan dengan fundamental bagus itu lincah di pasar modal.Pada waktu ini kita bisa menukar saham saham indeks pribadi kita yang sesuai dengan tujuan untuk scalping.

Kita tukar dengan saham fundamental bagus lain nya yang bisa lincah bergerak.

  • Dari 15 saham indeks pribadi ini mungkin hanya 2-3 saham saja yang bisa dikatakan volatile tinggi , di sini lah kita akan fokus .

Kenapa Cuma sedikit ? 2-3 saham relative cukup mudah untuk di amati , apalagi jika bermodal hp , jika sudah pro sah sah aja untuk mengamati 15 saham secara bersamaan dengan menggunakan computer multi screen.

Buat saya pribadi saya lebih menyesuaikan dengan cash yang tersedia di rdn so 2-3 saham sudah ok buat saya pribadi.

  • Eksekusi

Dalam eksekusi ini boleh di bilang banyak factor x yang akan menentukan sukses tidak nya scalping kita.

Salah satu hal yang sangat penting adalah pastikan sinyal internet anda lancar jaya , di sini kita adu cepat dengan scalper lain nya.

Jika sinyal hp kacrut ya sebaiknya nonton saja dulu , karena sudah pasti anda akan di karungin sama bandar.

Timing is everything di dalam scalping ini , sinyal lemot bisa menjadikan anda bulan bulanan terutama jika modal anda besar.

Untuk scalping jangan biasakan antri beli atau antri jual , biasakan hanya HAKA dan HAKI , maka sangat penting untuk tahu berapa persen nilai kenaikan saham untuk per tik nya.

Anda harus hafal fraksi harga saham dengan persentasi nya.

Sebagai contoh jika kita scalping saham dengan harga di bawah 100 rupiah tentunya akan berbeda dengan saham harga 600 rupiah misalnya.

Berikut adalah table fraksi saham

Teknik Scalping Saham Cuan Fraksi Saham
Teknik Scalping Saham Cuan Fraksi Saham

So satu tik untuk saham harga di bawah 200 dan satu tik untuk saham di harga di atas 200 rupiah akan berbeda.

Hal ini penting , jangan sampai anda menjual satu tik sudah anda kira cuan padahal belum , padahal baru impas sama fee broker atau bahkan rugi jika di kurangi dengan fee broker.

Kecuali anda menggunakan one day trade account yang disediakan beberapa sekuritas , ada yang free fee , ada yang sangat kecil fee nya.

Hal penting berikutnya adalah anda perlu menyesuaikan nilai transaksi anda dengan nilai transaksi yang sedang berlangsung.

Maksudnya begini , jika lot yang di perdagangkan misalnya 20 ribu lot , yan anda jangan haka 20 ribu lot karena itu merusak aturan dan anda pasti sangkut.

Kalau yang di perdagangkan itu jutaan lot ya silahkan saja tidak ada masalah.

Perhatikan bid dan offer nya , jangan hanya terpaku pada tebal nya saja , meskipun tebal jika tidak ada yang haka ya percuma saja, harga tidak akan ke mana mana.

Ingat di sini kita scalping ya so jangan serakah , untung 1 persen bungkus , jika di kasih 5 atau 10 persen ya disyukuri saja wong Namanya rejeki.

Hal terakhir itu yang sering menyebabkan sangkut ……serakah…… jika sudah serakah maka yang akan bermain adalah greed and fear dan sudah pasti di jamin modal akan ludes.

Ingat lah selalu bahwa scalping ini kita main cepat , masuk cepat keluar cepat so totally different from swing trading.

Happy cuan dan jangan lupa like share dan follow our Instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !!!

Leave a Comment