Cara Membeli Saham Perusahaan Untuk Pemula Secara Cepat

Cara membeli saham merupakan salah satu pertanyaan mendasar bagi kita yang baru atau pun ingin terjun ke dunia saham. Cara beli saham bagaimana dan saham apa yang bagus untuk di beli ?

Caramembelisahampemula
cara membeli saham

Sebelum kita melangkah untuk melakukan aksi beli saham perusahaan baiklah kita tengok apa kriteria yang di perlukan di dalam pemilihan saham perusahaan terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah pemilihan saham perusahaan menurut Benjamin Graham:

  1. Hindari perusahaan dengan total nilai pasar kurang dari 2 M dollar atau setara dengan 26 T kalau kita menggunakan kurs 13.000 , hindari perusahaan perusahaan kecil.
  2. Kondisi keuangan perusahaan yang kuat, kita bisa menggunakan rasio lancer 2 banding 1 ( CRR >=2 ) , jumlah asset lancer minimal 2 kali dari kewajiban lancar nya dan mempunyai hutang jangka panjang yang tidak melebihi modal kerjanya
  3. Stabilitas laba , pilihlah perusahaan yang mempunyai laba stabil selama 10 tahun terakhir.
  4. Deviden , pilihlah perusahaan yang membagikan deviden
  5. Pertumbuhan laba yang konsisten
  6. Rasio P/E yang moderat , PER < 15
  7. Rasio harga banding buku yang moderat , PBVR<1.5 atau jika digabungkan antara PER dan PBVR adalah PER x PBVR <22.5

Kriteria cara membeli saham dan memilih saham di atas sangat cocok untuk investor dengan tipe defensive . Selain ke tuju syarat tersebut,anda juga tetap harus mengerjakan pekerjaan rumah anda dalam artian bacalah laporan tahunan dan laporan keuangan setidaknya 5 tahun kebelakang. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah berapa persen saham dimiliki oleh institusi. Persentase lebih dari 60% menunjukan bahwa saham perusahaan tersebut sudah di miliki oleh banyak pihak dan malah mungkin kebanyakan pemilik. Kenapa hal ini penting ? Institusi institusi besar ketika mereka menjual saham mereka cenderung melakukan nya secara bersamaan, yang berakibat buruk terhadap saham yang bersangkutan. Bisa kita bayangkan jika mereka menjual saham secara bersamaan kan ?

Jika anda benar benar baru terjun di dunia saham , maka pilihan teraman adalah saham saham dalam LQ45 meskipun tetap saja tidak ada jaminan saat anda beli saham LQ45 anda akan pasti untung, tetap perlu di lakukan analisa lebih jauh.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *