Investasi Emas Saham atau Cryptocurrency need to know before investing

Investasi emas saham atau cryptocurrency merupakan suatu pertanyaan yang susah susah gampang untuk di jawab karena memang jawaban nya ada bermacam macam dan setiap orang mempunyai preference yang berbeda beda. Kita akan membahas secara detail tentang peluang untuk investasi baik di emas , saham atau cryptocurrency.  Kita akan membahas mengenai Cryptocurrency terlebih dahulu karena merupakan hal yang baru  dan sedikit asing di telinga kita khususnya generasi baby boomer ye he he he .

Hal yang akan kita bahas adalah sebagai berikut

  1. Jenis Jenis Cryptocurrency Popular
  2. Keuntungan dari Cryptocurrency
  3. Kerugian dari Cryptocurrency
  4. Tips Membeli Cryptocurrenc
Investasi emas saham atau cryptocurrency
Investasi emas saham atau cryptocurrency

Jenis – Jenis Cryptocurrency yang Paling Populer

Bagi Anda yang masih belum mengenal apa itu cryptocurrency, mari kita mengenalnya pada ulasan kali ini. Cryptocurrency adalah suatu mata uang digital yang bersifat internasional sehingga tidak terikat pada suatu wilayah atau negara.

Hadirnya cryptocurrency sama seperti internet yang tidak terbatas pada suatu wilayah negara. Siapa pun bisa menggunakannya dan dimanapun ia berada. Ada banyak jenis cryptocurrency yang kemudian bermunculan.

Masing – masing cryptocurrency tersebut tidak diciptakan sama. Beberapa cryptocurrency memiliki fitur yang sangat menakjubkan dengan hadirnya teknologi blockchain yang menjadi dasar dibalik penciptaannya. Diantara sekian banyak jenis cryptocurrency, berikut cryptocurrency yang paling populer dan paling banyak digunakan!

Investasi emas saham atau cryptocurrency –Jenis – Jenis Cryptocurrency yang Paling Populer

Investasi emas saham atau cryptocurrency
Investasi emas saham atau cryptocurrency

Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency asli dan salah satu model mata uang crypto yang pertama kali ada. Bitcoin memiliki suatu model kapitalisasi pasar yang sangat besar sampai saat ini.

Sumbangsihnya mencapai angka 16 miliar USD dan menjadi sumbangan yang terbesar diantara semua komponen cryptocurrency yang ada. Bitcoin diciptakan dan dirilis pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto yang notabennya berkiprah sebagai seorang tokoh anonym.

Kebanyakan orang yang membahas cryptocurrency tentu akan langsung mengarahkan pengetahuan tentang crypto yang pertama kali ada yaitu Bitcoin ini. Hal tersebut wajar karena Bitcoin memiliki reputasi yang sangat besar. Semua crypto yang lain disebut sebagai altcoins atau alternative coin karena merupakan bentuk alternatif dari Bitcoin.

Monero

Selain Bitcoin, ada juga Monero. Monero ini termasuk mata uang crypto yang berfokus atas privasi dimana ring signature technology yang menjadi bagian Monero menjadikan Monero sebagai mata uang crypto yang aman, private dan tak bisa dilacak. Kapitalisasinya sendiri mencapai angka 300 juta USD dan Monero banyak digunakan oleh suatu individu yang ingin tetap anonym di webnya.

Litecoin

Litecoin dirilis oleh mantan karyawan Google yaitu Charles Lee sebagai alternatif Bitcoin pada tahun 2011 silam. Litecoin secara keseluruhan sangat mirip dengan Bitcoin dan juga dapat ditambang atau mined.

Litecoin sendiri biasa digunakan sebagai suatu model mata uang untuk melakukan transaksi atas suatu barang dan jasa. Kapitalisasi pasarnya cukup besar yaitu mencapai angka 500 juta USD dan jauh mengecil sejak tahun 2013 dimana pada saat itu tercapai angka 1,2 miliar USD.

Ether

Investasi emas saham atau cryptocurrency
Investasi Ether

Selanjutnya ada Ether yang dikembangkan oleh Vitalik Buterin dan diluncurkan di pertengahan tahun 2015 setelah sukses melakukan crowdsale. Platform ini merupakan mata uang crypto yang dipasarkan sebagai suatu model cryptocurrency generasi baru dengan desentralisasi platform aplikasi. Mengenai sistem  kapitalisasi pasarnya seperti apa tentu sangat luar biasa besar mencapai 3 miliar USD.

Ether menjadi salah satu bentuk cryptocurrency yang dikenal Etherum Peer to peer smart contracts dan sangat memungkinkan bagi banyak orang untuk melakukan pengkodean dan memberlakukan suatu kontrak tanpa adanya pihak ketiga.

Ripple

Sebenarnya Ripple termasuk suatu sistem gross settlement real time yang merupakan suatu model pertukaran mata uang dan jaringan pengiriman uang. Cryptocurrency yang satu ini dirilis di tahun 2012 dengan kapitalisasi pasar saat ini yang mencapai angka 1 miliar USD. Sistemnya sudah terintegrasi menuju beberapa bank serta jaringan pembayaran demi mengurangi pembebanan biayanya.

Dash

Dash merupakan kependekan dari Digital Cash yang merupakan suatu model cryptocurrency dengan titik fokus berada pada suatu privasi dengan menggunakan teknologi anonymization dengan model kecepatan transaksi.

Dash merupakan sebuah nama baru dari Darkcoin sebagai suatu bentuk dan upaya penyamaran supaya jenis bitcoin ini tidak dikaitkan dengan dark web. Dash sendiri memiliki suatu sistem kapitalisasi yang sangat besar.

Kapitalisasi dari Dash mencapai angka 400 juta USD dan Anda pengguna Dash  bisa memanfaatkan Dash di merchant yang menerimanya.

MaidSafeCoin

Investasi emas saham atau cryptocurrency
Investasi Maidsafecoin

MaidSafeCoin dikenal juga sebagai Safecoin yang merupakan suatu model cryptocurrency untuk jaringan Safe (Secure Access For Everyone). MaidSafeCoin merupakan salah satu platform keamanan data centric yang disebut dengan crowd sourced internet.

Pengguna MaidSafeCoin dapat menyediakan ruang simpan di komputernya untuk ditukarkan dengan koin. Jaringan Safe pada MaidSafeCoin ini sekarang digunakan sejumlah aplikasi desentralisasi untuk melakukan penyimpanan berbagai macam data secara aman. Untuk MaidSafeCoin, market capnya mencapai angka sekitar 80 juta USD.

Storjcoin X

Last but not least, terdapat yang namanya Storjcoin X yang dirilis tepat pada bulan Juli 2014 lalu. Storjcoin X intinya merupakan suatu bentuk desentralisasi cloud data storage open source yang telah terenkripsi dengan menggunakan token Storjcoin untuk bisa mendapatkan suatu akses dan penggunaan.

Storjcoin X memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar sampai saat ini. Kapitalisasi pasar dari Storjcoin X sampai detik ini mencapai angka 13 juta USD.

Itulah jenis – jenis cryptocurrency yang paling populer di dunia. Namun memang yang paling terakreditasi diantara semuanya adalah bitcoin dan menjadi bentuk yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. 

1 Keuntungan Investasi Cryptocurrency yang Anda Harus Tahu
Keuntungan Investasi Cryptocurrency

Investasi emas saham atau cryptocurrencyKeuntungan Investasi Cryptocurrency yang Anda Harus Tahu

Yang namanya investasi, apapun bentuk dan jenis investasinya, pasti yang dicari adalah keuntungan. Pun sama halnya ketika seseorang memutuskan untuk melakukan investasi cryptocurrency. Pasti orang yang bersangkutan sangat menitikberatkan pada sebuah keuntungan.

Ya, memang keuntungan investasi cryptocurrency sangat banyak. Terlebih cryptocurrency merupakan suatu inovasi teknologi yang perkembangannya akan semakin dirasakan dalam 10 sampai 15 tahun ke depan. Karena itu investasi sekarang tak ada salahnya.

Mengenai keuntungannya sendiri seperti apa, berikut beberapa keuntungan investasi cryptocurrency yang Anda harus telaah dan harus Anda tahu. So, lets check these out!

Keuntungan Investasi Cryptocurrency

Blockchain masih akan bertahan

Sebagian besar perhatian media dan dunia industri atas investasi cryptocurrency sampai detik ini masih berfokus pada Bitcoin. Padahal sebenarnya ada banyak mata uang digital lain selain Bitcoin yang menjadi bentuk cryptocurrency.

Dengan teknologi yang mendasari, blockchain berjalan dari arah kekuatan satu ke kekuatan lain yang lebih menarik dibandingkan hanya sekedar fluktuasi harian atas koin tertentu. Jika Anda kemudian belajar lebih dalam mengenai teknologi blockchain, Anda akan sesegera mungkin menemukan fakta bahwa organisasi global sudah semakin banyak yang mulai melakukan investasi dana dan sumber daya secara signifikan dalam mata uang crypto, termasuk Microsoft.

Ada banyak merek yang meneliti tentang bagaimana crypto dapat diinfiltrasi ke dalam rencana serta sekaligus strategi bisnis yang sudah sukses di masa yang akan datang. Karenanya crypto semakin memperkuat pendapat umum yang menyatakan bahwa blockchain akan menjadi suatu bagian integral dari tata cara bisnis yang dioperasikan di seluruh dunia saat ini dan beberapa tahun ke depan.

Investasi emas saham atau cryptocurrency
Keuntungan Investasi Crypto

Sedang trending saat ini

Bitcoin kini memang telah mendominasi pasar cryptocurrency. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa peluang cryptocurrency menjadi investasi yang terbaik saat ini. Bisa dibilang bahwa peluang terbesar dari cryptocurrency salah satunya melalui bitcoin harus dikejar.

Pada titik yang semacam ini, sangat penting mencatat bahwa dengan investasi cryptocurrency, resikonya dari investasi mata uang digital ini masih sangat tinggi. Karena itu pengguna crypto atau investor cryptocurrency harus sudah siap dengan semua itu.

Karenanya dianjurkan bahwa investor crypto kritis dalam penempatan pos – pos investasinya agar jika terjadi sesuatu dengan mata uang crypto dampaknya tidak terlalu besar. Anda juga perlu mencari nasehat independen sebelum membuat suatu keputusan investasi baru melalui dunia cryptocurrency.

Keamanan identitas pasti terjaga

Ada banyak orang yang enggan menyebutkan identitas dirinya di dunia ini. Tidak untuk melakukan pemalakan, penipuan atau kejahatan yang lain. Ada banyak dari orang yang enggan menyebutkan identitas dirinya tersebut merasa malas diketahui identitasnya dalam bertransaksi.

Alasan lainnya selain malas adalah bisa jadi karena orang yang bersangkutan tidak mau informasi personalnya diketahui pihak merchant atau perbankan karena informasi tentang identitas diri sangat rawan disalahgunakan memang.

Karena itu, orang – orang yang berpendapat seperti itu kebanyakan menggunakan mata uang crypto karena crypto terutama bitcoin sangat menjamin keamanan informasi yang diberikan oleh pengguna.

Menghindari adanya pemalsuan uang

Dari penggunaan uang kertas atau kartu kredit, salah satu masalah yang sering terjadi adalah pemalsuan uang dan pencurian. Namun pada mata uang digital atau crypto, kita mengenal istilah double spend.

Double spend artinya dengan menggunakan uang yang sama, seseorang akan melakukan transaksi untuk dua hal yang berbeda. Crypto juga sangat aman dan tidak rentan atas pencurian dan pemalsuan uang sehingga pengguna cryptocurrency bisa lebih merasa aman dalam bertransaksi.

Menjadi bagian penting dari inovasi teknologi

Dari manajemen rantai pasokan dan akuntansi untuk jaminan kualitas yang lebih besar, jalur – jalur produksi yang jauh lebih transparan bersama sistem pemungutan suara yang cenderung adil menjadikan blockchain memiliki potensi untuk mengubah cara pandang dunia dalam operasionalnya.

Dengan melakukan investasi di bidang cryptocurrency, Anda sekaligus akan memberi bantuan dan dukungan evolusi berkelanjutan dari teknologi inovatif dan transformasional yang memang dirancang memberi berjuta manfaat bagi generasi yang akan datang.

Mata uang crypto sangat menjanjikan di masa depan

Sama halnya dengan investasi, Anda juga perlu tetap fokus atas kelangsungan jangka panjang. Jika Anda masih terobsesi dengan analisa mikro jangka pendek, maka setiap variasi harga akan membuat Anda rentan dengan berbagai kekhawatiran dan mengakibatkan keputusan atas investasi crypto yang dilakukan salah.

Anda harus tahu bahwa sebenarnya cryptomarket bersifat fluktuatif dan fluktuasi harga akan terjadi. Kemunduran Bitcoin sendiri baru – baru ini berada di nilai $6000, namun sebenarnya hal tersebut wajar karena satu minggu kemudian sudah mengalami kenaikan lagi di angka $9000 per koin.

Jadi untuk bisa melihat seperti apa keuntungan investasi cryptocurrency, Anda harus senantiasa melihat investasi crypto untuk jangka menengah sampai jangka panjang dari 5 sampai 10 tahun ke depan karena di tahun itulah keuntungan yang sebenarnya akan Anda rasakan.

1 Kerugian Investasi Cryptocurrency yang Harus Dikenali Sebelum Join
Kerugian Investasi Cryptocurrency

Investasi emas saham atau cryptocurrencyKerugian Investasi Cryptocurrency yang Harus Dikenali Sebelum Join!

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang sekarang ini sedang marak diperbincangkan. Walau siklusnya masih terbilang baru, namun sudah banyak orang yang melakukan investasi cryptocurrency dalam berbagai bentuk karena dinilai investasi ini termasuk salah satu jenis investasi yang menguntungkan.

Namun sebenarnya, dibalik semua keuntungan yang ditawarkan terdapat beberapa hal yang harus ditelaah sebelum join. Salah satunya adalah mengenali resiko dari cryptocurrency.

Bahkan jika perlu, kenali apa yang menjadi kerugian investasi cryptocurrency. Nah, berikut ini beberapa kerugian investasi cryptocurrency yang Anda harus kenali. Lets check these out!

Kerugian Investasi Cryptocurrency 

2 Transaksinya cukup rumit
Kerugian Investasi Cryptocurrency

Transaksinya cukup rumit

Salah satu kerugian investasi cryptocurrency atau bisa dibilang sebagai clue rendah yaitu kelemahan investasi cryptocurrency adalah pada tata cara transaksi yang masih rumit. Mereka yang menggunakan cryptocurrency untuk bisa bertransaksi dengan cryptocurrency yang dimiliki masih harus membuat wallet cryptocurrency dulu.

Selain itu biaya pengiriman masih harus diatur, back up private key masih perlu dibuat dan masih banyak hal lain yang perlu diatur. Sementara pengetahuan orang tentang cryptocurrency, tata cara penggunaan dan cara membuatnya masih sangat rendah.

Namun walau sedikit lebih rumit, apa yang dianggap rumit ini memiliki control secara penuh dimana pengguna sendiri akan berperan sebagai bank untuk transaksinya sendiri. Sangat menyenangkan bukan? Untuk orang yang melek internet tentu akan menganggap ini sebagai suatu hal yang menyenangkan lagi menguntungkan serta memberi sebuah pengalaman baru.

Sangat rentan dengan terjadinya kesalahan transaksi

Hal yang kurang menyenangkan selanjutnya mengenai transaksi dengan menggunakan cryptocurrency adalah transaksinya tidak dapat dibatalkan kecuali pihak yang bertransaksi memintanya sendiri ke penerima untuk mengirimkan dananya kembali.

Sehingga jika kesalahan transaksi terjadi, data transaksi seperti nominal dan alamat wallet tujuan tak dapat diubah. Dana yang salah dikirimkan tadi akan hilang.

Hal ini tentu bukan menjadi kesalahan blockchain melainkan merupakan kesalahan murni dari pihak yang melakukan transaksi. Karena itu dalam bertransaksi, baiknya dicermati betul sebelum mengirim. Anda juga harus sangat berhati – hati.

3 Soal regulasi cryptocurrency
Kerugian Investasi Crypto

Soal regulasi cryptocurrency

Harga cryptocurrency sangat ditentukan oleh supply and demand selayaknya barang secara umum yang harganya akan naik jika lebih banyak orang yang mencari dibandingkan ketersediaannya di pasaran. Soal bitcoin dan cryptocurrency lainnya memang sudah diatur didalam peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 99 tahun 2018.

Akan tetapi jika suatu saat nanti cryptocurrency mulai terbatasi oleh suatu peraturan yang ada, mengikat dan merugikan maka tak mustahil jika kemudian harga cryptocurrency tidak akan lagi stabil melainkan anjlok.

Kita harus tahu bahwa sebuah negara memiliki andil dalam penentuan seperti apa pasar cryptocurrency diterapkan di negara tersebut. Namun walau demikian, pemerintah suatu negara tidak akan serta merta dengan mudah memberikan intervensi atas masa depan cryptocurrency karena masih bersifat terdesentralisasi.

Volatilitas yang cenderung tinggi

Sebenarnya investor dan company yang ingin ICO bisa tenang. Namun mereka juga tak boleh abai atas beberapa poin lain yang berpotensi mengganggu keamanan investasi mereka yaitu nilai volatilitas yang masih cenderung tinggi.

4 Kunci wallet yang berpotensi hilang
Kerugian Hilangnya Kunci Wallet

Kunci wallet yang berpotensi hilang

Inilah hal yang juga sangat berbahaya dalam investasi cryptocurrency. Utamanya bagi mereka yang mudah lupa dalam save data. Jika Anda memiliki online wallet, jangan sampai Anda kehilangan private keynya.

Pastikan semua data penting sudah tercatat di komputer atau jika perlu harus diprint dan disimpan di beberapa tempat. Karena jika Anda lupa dan kehilangan kunci wallet Anda, maka tentu akan sangat susah dan mustahil bagi Anda mengakses dompet crypto Anda kembali.

Untuk menghindari semua itu, jadi Anda harus prepare data. Jika perlu Anda harus punya salinan data di berbagai platform Anda. Jika dibantu dengan apps, upayakan Anda memilih kata kunci, pola atau yang lainnya secara user friendly dan mudah digunakan sehingga Anda tidak kerepotan.

Selain berbagai aspek diatas, salah satu hal yang masih belum memuaskan banyak pihak bagi cryptocurrency adalah regulasi. Banyak pihak yang khawatir mengenai regulasi crypto sehingga enggan untuk melirik mata uang digital ini.

Menurut pemahaman banyak orang, seandainya semua negara di dunia melarang adanya bitcoin, bisa dipastikan nilainya akan langsung turun dan runtuh serta bitcoin akan menjadi mata uang digital yang tak ada lagi harganya.

Namun, apakah kenyataannya juga sama? Apakah kenyataannya juga demikian?

Antara teori dan praktek  tidak sedemikian rupa karena beberapa negara sudah mengatur dan mengijinkan penggunaan mata uang crypto. Bahkan kabarnya Swedia, kini dikabarkan sebagai negara pertama yang turut menerbitkan mata uang crypto mereka sendiri.

1 Tips Beli Cryptocurrency dengan Rupiah Atau Crypto Lain di Indonesia 100 Mudah
Tips Beli Cryptocurrency

Tips Beli Cryptocurrency dengan Rupiah Atau Crypto Lain di Indonesia, 100% Mudah!

Untuk mendapatkan cryptocurrency sebagai mata uang digital, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membelinya. Anda bisa membeli dengan rupiah atau dengan crypto lain. Berikut informasi menariknya untuk Anda!

Tips Beli Cryptocurrency di Indonesia

Membeli cryptocurrency bisa dilakukan dengan memanfaatkan rupiah atau crypto lain. Pada part pertama kali ini kita akan membahas mengenai pembelian cryptocurrency dengan mata uang rupiah. Untuk membeli cryptocurrency dengan rupiah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut :

Membeli cryptocurrency di Luno.com

2 Membeli cryptocurrency di Luno
Tips Beli Crypto Luno

Cryptocurrency di Luno.com merupakan suatu exchange internasional yang sudah hadir di sebanyak 40 negara. Luno.com dapat diakses di website serta juga sebuah aplikasi mobile yang tersedia. Interfacenya sangat mudah digunakan sehingga tidak akan menyulitkan pengguna.

Bahkan pemula pun bisa beradaptasi dengan mudah. Proses verifikasi yang sangat cepat akan ditemukan dan tersedia dalam bentuk Ethereum serta Bitcoin.

Ada berbagai macam promo yang menarik juga di Luno.com. Salah satu promonya adalah mendapatkan BTC senilai 25 ribu rupiah dengan pembelian bitcoin seharga 500 ribu rupiah.

Membeli cryptocurrency di Indodax.com

3 Membeli cryptocurrency di Indodax
Tips Beli Crypto Indodax

Indodax.com juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk membeli cryptocurrency Indonesia. Indodax.com sendiri merupakan salah satu exchange yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tersedia cryptocurrency yang bisa dibeli pada website serta sebuah aplikasi mobile.

Mengenai bagaimana potensi volume trading di Indodax.com sangat tinggi. Aset crypto yang tersedia pun sangat banyak mulai dari Ethereum, Bitcoin, Dash, Litecoin, NEM, Ripple, Stellar Lumens, Tokenomy dan juga masih banyak lagi aset – aset penting yang lainnya. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Membeli cryptocurrency di Triv.co.id          

4 Membeli cryptocurrency di Triv
Tips Beli Crypto Triv

      

Triv.co.id menyediakan suatu mata uang cryptocurrency dalam bentuk website serta sebuah aplikasi mobile. Anda dapat melakukan pembelian Bitcoin dan juga Ethereum di website serta aplikasi mobilenya. Mengenai fiturnya yang tersedia sangat banyak dan beragam.

Berbagai macam fitur bisa Anda temukan mencakup pembelian pulsa, token listrik, serta juga pembayaran berbagai macam tagihan seperti halnya listrik, HP pasca bayar, air, televisi dan juga berbagai macam cicilan yang harus dipenuhi atau dilunasi.

Sementara bagi Anda yang sudah memiliki cryptocurrency seperti halnya Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), Anda bisa membeli alternatif altcoin atau crypto lain. Caranya juga cukup mudah. Anda bisa membeli crypto lain melalui langkah – langkah berikut ini :

Binance.com

Binance.com merupakan salah satu crypto exchange yang terbesar sampai detik ini di dunia. Anda yang ingin memiliki mata uang crypto atau cryptocurrency bisa mulai membuka akun Anda melalui Binance.com.

Kemudian disana Anda bisa membeli cryptocurrency incaran Anda dengan menggunakan crypto lain yang Anda sudah punya. Prosedurnya sangat mudah dan Anda bisa langsung saja cek di website tersebut dan ikuti step by stepnya sampai sukses.

Changelly.com

Selanjutnya selain Binance.com juga ada yang namanya Changelly.com. Changelly.com juga merupakan crypto exchange yang sangat terkenal dan terpercaya. Anda bisa secara langsung menukarkan crypto yang telah Anda punya dengan cryptocurrency incaran Anda melalui website tersebut.

Coinbase.com

Nah, jika Anda berada di wilayah negara Amerika, Kanada, Australia, atau di Singapura, Anda bisa membeli cryptocurrency melalui website Coinbase.com. Anda bisa beli di Coinbase.com dan dapatkan berbagai macam hadiah menariknya.

Anda berpotensi mendapatkan bonus US$ 10 dalam bentuk bitcoin jika Anda membeli cryptocurrency dengan total nilai US$100 atau lebih. Dengan semua keuntungan tersebut, banyak pembelian bitcoin di negara – negara yang telah disebutkan sebelumnya melalui Coinbase.com.

Jika Anda tertarik membeli atau menukarkan bitcoin dan memulai investasi atau pun trading ethereum dan cryptocurrency pada semua platform yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal yang Anda harus persiapkan terlebih dahulu. Beberapa aspek penting yang Anda perlu persiapkan tersebut diantaranya :

  • Buatlah akun untuk menjadi tempat masuk atau rumah Anda.
  • Lakukan verifikasi atas email, nomor telepon dan identitas pribadi Anda yang telah Anda daftarkan.
  • Lakukan transfer uang rupiah Anda ke platform yang mereka sediakan.

Hal hal penting sebelum Investasi emas saham atau cryptocurrency yang anda harus tahu dan untuk istrumen investasi yang lain nya seperti saham atau emas silahkan anda baca di sini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Pinterest