Laporan Keuangan Perusahaan dan Analisa Peluang Trading Saham nya

Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu indikator dari analisa fundamental suatu perusahaan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas laporan keuangan salah satu saham yang pernah kita bahas analisa teknikalnya di sini.

Baca Juga : Saham Gorengan , Cara Mendeteksi dan Strategy Cuan nya

Apakah saham ini akan menjadi salah satu saham multibagger 2021 ? Sebelum kita menerawang jauh kedepan yang belum tentu benar juga , mari sedikit kita tengok laporan keuangan terakhir dari perusahaan ini. Mari kita perhatikan Income statement nya.

Income Statement
Income Statement

Kenapa kita mulai dengan income statement perusahaan ? Karena income statement ini memberitahu kepada kita sebagai investor tentang apa yang perusahaan ini hasilkan dalam satu periode waktu tertentu. Mari kita perhatikan yang pertama adalah pendapatan usaha nya tercatatkan sebesar 904.331 juta mengalami kenaikan yang cukup besar jika dibandingkan dengan pendapatan pada maret tahun sebelumnya namun apakah benar sebesar itu kenaikan nya ? Mari kita perhatikan beban pokok penjualan nya . Nampak bahwa terdapat kenaikan pada beban pokok penjualan nya. Beban pokok penjualan sangat penting untuk kita perhatikan sebagai seorang investor karena kita bisa melihat berapa efesien suatu perusahaan dan juga managemen perusahaan dengan memperhatikanbeban pokok penjualan nya. Dengan mengurangi pendapatan dengan beban pokok penjualan akan kita peroleh laba kotor atau Gross Profit dan dengan adanya Gross Profit ini kita bisa menghitung Gross Profit Margin (GPM ) dari perusahaan ini. Dari laporan keuangan perusahaan di atas kita bisa menghitung GPM nya sebesar : (126.908 /904.331) x 100% = 14.03 % sedangkan di tahun buku sebelumnya tercatatkan 11.22 % . GPM ini kita pergunakan sebagai acuan untuk melihat apakah perusahaan ini mempunyai competitive advantage atau tidak nya, semakin tinggi GPM semakin bagus. Di angka 14.03 % ini sendiri sebenarnya menunjukan bahwa perusahaan ini berada dalam persaingan industri yang sangat ketat meskipun begitu perusahaan ini berhasil menaikan GPM nya dari tahun sebelumnya.

Hal berikutnya yang perlu kita perhatikan adalah beban usaha atau operating expenses, angka di sini sangat penting karena angka ini yang sanggup menggerus habis semua gross profit suatu perusahaan. Jika kita perhatikan ada kenaikan yang cukup besar pada beban penjualan , beban umum dan administrasi jika di bandingkan dengan tahun sebelum nya di sini tercatatkan sebesar 41.96 % mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya 35.92 % saja . Idealnya memang di bawah angka 30 % menurut perhitungan dari Warren Buffet.

Ada hal yang menarik disini jika kita perhatikan ada angka pendapatan bunga dan bagi hasil sebesar 682 juta dan keuntungan selisih kurs mata uang sebesar 1.078 juta , apakah kedua angka ini bisa berulang di laporan keuangan berikut nya ? Meskipun tanpa kedua tambahan penghasilan tersebut , perusahaan masih mencatatkan laba sebesar 30.243 juta still a good number for the company. Jika kita hitung NPM dari laporan keuangan ini adalah 3.21 % yang boleh di bilang jauh dari nilai ideal nya yang berada di angka 20% atau lebih. Persaingan industri perusahaan ini sangatlah ketat jika kita lihat dari rendahnya nilai NPM nya. Angka 20% ini tidak berlaku untuk industri keuangan dan perbankan.

Bagaimana dengan earning per share atau EPS dari prusahaan ini ? Mari kita perhatikan EPS dari perusahaan ini boleh di bilang kurang stabil meskipun dalam catatan 3 tahun terakhir tercatatkan EPS sebesar 11 , 14 , 14 dan jika laporan q1 nya kita setahunkan akan menjadi 26 , kenaikan yang hampir 2 kali lipat no wonder jika stock price nya juga di goreng renyah, namun jika laporan keuangan q2 nya keluar dan menunjukan trend positif lagi , maybe this stock will become salah satu saham multibagger 2021. Just maybe , no one knows for sure.

Bagaimana dengan harga saham nya dan peluang trading saham nya ? Secara teknikal saham ini masih dalam early up trend nya dengan market maker masih melakukan akumulasi pada saham ini.

Budi Teknikal Indikator
Teknikal Indikator BUDI

Untuk scalping , kita bisa memanfaatkan volatilitas dari saham ini but don’t be greedy , sesuaikan dengan irama marketmaker jika anda ingin scalping ataupun copet dari saham ini.

Jangan lupa untuk like and share dan juga follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !!

Ayo Share follow dan like kita ya: