Obligasi Pemerintah SBR 009 Is It Better Then Time Deposit ?

Obligasi pemerintah terbaru yang diperuntukan buat masyarakat adalah SBR 009 atau Saving Bond Ritel 009 . Kita sudah membahas untung dan rugi nya dari investasi di Obligasi.

Baca Juga : Resiko Investasi Obligasi

Apa yang menarik dari SBR 009 ini ? Salah satunya tentunya faktor resiko yang sangat kecil karena di jamin oleh pemerintah RI dan yang kedua adalah SBR 009 ini berlaku bunga floating berdasarkan BI rates nantinya dengan base bunga sebesar 6.3 % belum di potong pajak sebesar 15 %. Selain itu SBR 009 ini juga bisa di cairkan di tahun pertama dengan catatan hanya boleh 50 % saja dari modal yang di tanamkan. Bagaimana dengan deposito berjangka atau Time Deposit ? Jika kita mengambil deposito berjangka tentunya sebelum jatuh tempo kita tidak bisa mencairkan dana kita secara bebas dalam artian dana bisa di cairkan sebelum jatuh tempo tapi kita harus membayar denda nya. Selain itu bunga dari deposito juga akan dikenakan pajak sebesar 20 % dan rata rata deposito berjangka mempunyai return 4.5 % untuk bank bank besar atau bank buku 4. Selain bunga lebih kecil dan denda yang di aplikasikan jika menarik dana sebelum jatuh tempo , tentunya pilihan SBR 009 ini menjadi sangat menarik.

Obligasi SBR 009
Obligasi SBR 009

Untuk mendapatkan nya anda hanya bisa membelinya pada masa penawaran saja yaitu dari 27 Januari 2020 hingga 13 Februari 2020 nanti. Di tengah pasar modal yang tidak menentu saat ini tentunya alternatif untuk memperkerjakan uang kita salah satunya adalah di SBR ini karena relative sangat terjangkau , hanya dengan modal 1 juta tupiah saja dan tentunya wajib menyertakan NPWP untuk bisa meminang SBR 009 ini.

Untuk mendapatkan SBR 009 ini anda bisa menghubungi bank bank terdekat seperti Bank Niaga , Bank NISP , Bank BCA , Maybank dan juga beberapa sekuritas seperti Bareksa juga menawarkan produk ini, siapa cepat dia dapat ya sebab quota nya memang terbatas untuk SBR 009 ini.

Salam Sukses Investasi!