Pasar Modal Indonesia Slowly but Surely Kembali Strong

Pasar modal Indonesia kembali bergairah setelah pada hari ini berhasil di tutup hijau di level 5987 rupiah dan menjadikan hari yang ketiga rally dari IHSG. Hal ini di dukung oleh rally nya saham saham big caps di antaranya yang sudah kita bahas di sini :

Baca Juga : Pasar Modal di Indonesia Mulai Menggeliat

Rally nya beberapa big caps memang di dorong oleh hembusan berita berita positif yang menjadikan market lebih confident hingga bull bisa mengatasi bear pada hari ini. Namun apakah rally nya akan berlanjut ? Jika anda memang optimis dengan saham yang anda beli dan di dukung dengan nilai saham nya yang masih undervalue tentunya hal ini tidak menjadi masalah karena memang time frame nya jangka panjang. Nah untuk trader tentunya hal ini lain cerita , untuk mengconfirmasi suatu trend berbalik atau tidak nya memang seorang trader harus bersabar untuk menunggu hingga candle hari ketiga nya terconfirmasi. Terutama jika saham yang kita incar dalam kondisi bearish berat, sebagai contoh adalah candle morning star . Kita akan sedikit membahas morning star ini.

Morning star ini adalah salah satu bullish candle stick pattern yang akan terbentuk setelah periode tiga hari . Morning star ini merupakan akhir dari bearish dan merupakan salah satu indikasi pembalikan arah. Adapun syarat terconfirmasi nya morning star adalah sebagai berikut :

  1. Saham dalam kondisi bearish atau down trend
  2. Candle di hari pertama membentuk new low dan berwarna merah atau hitam semakin panjang semakin bagus karena masih menunjukan tekanan jual yang besar
  3. Candle pada hari kedua di buka dengan gap down saat opening dan membentuk doji atau spinning top doji.
  4. Candle di hari ketiga membentuk gap up saat opening dan tekanan beli semakin kuat hingga tutup di atas high dari candle di hari pertama.
  5. Jika ketiga syarat ini terpenuhi makan morning star sudah terbentuk dan terkonfirmasi dan tidak perlu menunggu candle di hari ke empat untuk trading.

Mari kita perhatikan beberapa saham yang mengalami rebound pada penutupan hari ini. Yang pertama adalah PGAS

Pasar Modal Indonesia PGAS
Pasar Modal Indonesia Saham PGAS

Pada candle hari pertama memang terkonfirmasi membentuk new low ya dan candle di hari kedua nya membentuk doji meskipun tidak sempurna dan lebih ke arah spinning top. Untuk kepastian terbentuk atau tidak nya formasi morning star ini , kita perlu menunggu besok saat penutupan candle nya seperti apa. Jika sukses di tutup di atas dari candle di hari pertama maka formasi ini boleh di bilang telah terbentuk. Mari kita cek dengan indikator teknikal nya MACD dan RSI nya.

MACD dan RSI PGAS
MACD dan RSI PGAS

Dari MACD ( yang kita pergunakan adalah 26,12 dan 9 ya ) nya memang masih berada di bawah nol ya untuk histogram nya , namun sudah berwarna hijau. Jika kita perhatikan dari RSI nya memang masih berada dalam zona jenuh jual namun ada indikasi akan keluar dari zona jenuh jual.

Yang kedua adalah saham WSKT , mari kita perhatikan sebagai berikut.

Morning Star WSKT
Morning Star WSKT

Pada candle yang pertama terbentuk new low ya dan candle di hari kedua nya terbentuk spinning top , masih perlu menunggu untuk konfirmasi di hari ketiga besok , namun jika kita perhatikan dari candle kedua ini nampak sekali bahwa bull sudah mendominasi perdagangan pada hari ini ya. Lalu bagaimana dengan MACD dan RSI nya. Mari kita perhatikan grafik di bawah ini.

MACD dan RSI WSKT
MACD dan RSI WSKT

Di sini jauh lebih jelas arah nya daripada PGAS ya , secara MACD memang masih di bawah nol namun histogram lanjut hijau dan ada arah menuju GC . Jika kita perhatikan RSI nya juga mengarah keluar dari zona jenuh jual nya.

Anda bisa mencoba sendiri untuk saham PTPP dan WSBP ya , yang mana di antara kedua saham itu yang membentuk morning star.

Jangan lupa like dan share dan follow our instagram @analisafundamental dan jika ada pertanyaan dan saran bisa email kita di analisafundamentalsaham@gmail.com

Salam Sukses Investasi !