Pergerakan Harga Saham dan Analisa Saham Secara FA dan TA

Pergerakan harga saham dan analisa saham baik secara fundamental atau FA dan teknikal atau TA akan kita bahas seperti biasa secara sederhana dan mudah di pahami. Kita akan memulai dari pergerakan IHSG itu sendiri.

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan meskipun terseok seok tetap menunjukan trend positifnya dalam 3 bulan terakhir di tengah pesimis nya pasar karena kondisi pandemi COVID 19 yang memang mengancam kelangsungan hidup banyak perusahaan terutama yang terdaftar di dalam bursa saham. Mari kita perhatikan pergerakan IHSG dalam 3 bulan terakhir dalam grafik di bawah ini.

Pergerakan Harga Saham IHSG
Pergerakan Harga Saham IHSG 3 Bulan

Jika kita perhatikan secara 3 bulan IHSG kita sudah menunjukan trend penguatan yang cukup significant setelah menyentuh low nya pada Maret-April 2020 yang lalu meskipun memang belum bisa dikatakan pulih 100 persen. Kita akan melihat pergerakan saham beberapa perusahaan dengan market cap besar , hanya sebagai bahan pembelajaran saja. Diantara nya adalah saham BBRI dan saham BBCA.

Pergerakan harga saham BBRI

Bank sejuta umat ber plat merah ini memang ramai menjadi bahan pembicaraan baik trader maupun investor. Bagaimana pergerakan dari harga saham BBRI ini dalam 3 bulan terakhir nya dan apakah secara fundamental masih layak untuk kita jadikan bahan pertimbangan untuk investasi jangka panjang. Dalam 3 bulan terakhir bank ini sempat menyentuh low 3 tahun nya di angka 2160 rupiah.

Baca Juga : Analisa Fundamental Bank BRI

Meskipun sempat menyentuh low 3 tahun nya , harga saham BBRI ini mampu kembali rebound hingga penutupan bursa per hari ini di harga 3140 rupiah. Jangan lupa bahwa bank ini sudah melakukan stock split sehingga harga saham nya berada di bawah 10 ribu rupiah ya. Jika kita perhatikan secara teknikal nya sebagai berikut.

Harga Saham Bank BRI
Harga Saham BBRI

Kita mempergunakan 3 indikator MA : MA5 , MA10 dan MA20 meskipun mengalami pelemahan tipis di hari ini saham BBRI ini masih mampu bertahan untuk tetap tutup di atas harga ke tiga MA. Dengan level resistan terdekat ada di angka 3180 rupiah dan support terdekat di level 3050 rupiah. Jika kita perhatikan harga saham BBRI ini sempat menyentuh harga 3100 rupiah dan tertinggi di harga 3170 rupiah. Memang jika kita mempergunakan jangka waktu lebih panjang dengan menerapkan MA 200 , harga masih berada di bawah level MA 200 nya.

Secara valuasi cepat ,saham BBRI ini mempunyai PBVR sebesar 2.19 x , lumayan tinggi untuk seorang value investor dan per harga penutupan hari ini saham BBRI ini mempunyai Dividend Yield sebesar 5.36 % dengan Dividend pay out ratio nya berada di angka 63.47 %. Anda bisa membandingkan saham BBRI ini dengan saham bank yang satu level buku lain nya semisal dengan saham BBNI atau saham BBCA sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian saham nya untuk tujuan investasi.

Baca Juga : Cara Investasi Buat Karyawan

Pergerakan Harga Saham BBCA

Salah satu raksasa perbankan di Indonesia yang tentunya sudah tidak asing lagi di mata dan telinga kita. Merupakan salah satu bank yang tidak terlalu agresive di dalam mencari nasabah kredit nya dan termasuk salah satu bank yang sangat ketat di dalam menyeleksi nasabah untuk perkreditan.

Sempat menyentuh harga low satu tahun nya di harga 21625 rupiah setali tiga uang dengan saham BBRI di atas , saham BBCA ini pun juga sudah mengalami rebound yang cukup significant di dalam 3 bulan terakhir. Di tutup pada harga 30925 rupiah atau mengalami penguatan sebesar 1.39 % . Mari kita perhatikan chart dari saham BBCA ini sebagai berikut :

Harga Saham BBCA
Harga Saham BBCA

Setali tiga uang dengan saham BBRI , saham BBCA ini masih mampu di tutup di atas ke tiga MA nya MA5, MA10 dan MA20 nya dengan resistan terdekat berada di harga 31250 rupiah dan support di harga 30200 rupiah.

Jika kita perhatikan secara cepat saham BBCA ini mempunyai level PBVR di angka 4.44 x dengan dividend yield per harga hari ini sebesar 1.79 % dan dividend pay out ratio nya di angka 51.97 % . Cukup significant perbedaan antara kedua saham bank ini memang , mahal atau tidak nya tentunya tidak bisa hanya kita lihat dari harga saham nya saja.

Salam Sukses Investasi !

Jangan lupa untuk like dan share and follow our instagram @analisafundamental