Cara Berinvestasi Saham Secara Sederhana Buat Karyawan Tanpa Ribet

Cara berinvestasi saham merupakan pertanyaan umum yang sering di cari saat kita ingin berinvestasi di dunia saham . Disini kita akan share cara berinvestasi saham tanpa ribet terutama untuk anda yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan riset terhadap saham yang akan anda beli. Disini kita akan ambil contoh saham perbankan yang sudah tidak asing lagi buat kita tentunya yaitu saham Bank BRI dan saham Bank BNI. Keduanya adalah bank plat merah dan sama sama bank buku 4.

Mari kita lihat harga saham kedua bank tersebut berdasarkan harga penutupan market jumat kemaren. Saham Bank BRI ditutup di harga 3090 rupiah dan Saham Bank BNI ditutup di harga 4610 rupiah . Jika secara cepat kita melihat harga nya tentunya harga saham bank BRI lebih murah dari saham bank BNI, tetapi apakah memang begitu ? Mari kita lihat secara market cap nya dari kedua bank tersebut. Market cap di dapatkan dari mengalikan harga saham dengan total saham yang beredar di pasaran saat ini. Bank BNI mempunyai market cap sebesar 85.97 T dan Bank BRI mempunyai market cap sebesar 381.14 T

Cara berinvestasi saham BBNI
Cara Berinvestasi Saham BBNI
Cara berinvestasi saham BBRI
Cara Berinvestasi Saham BBRI

Jika kita berandai andai mempunyai uang untuk membeli salah satu bank tersebut kira kira mana yang ingin kita beli ? Tentunya jika kita menjadi pemilik tunggal dari salah satu bank di atas kita ingin yang memberikan keuntungan terbesar sehingga balik modal kita cepat. Salah satu cara melihat berapa cepat kita bisa balik modal adalah dengan melihat rasio PER nya atau Price to Earning Ratio. Sebagai gambaran jika kita membeli saham dengan PER sebesar 2x artinya kita akan balik modal dalam2 tahun dan jika PERnya sebesar 25x tentunya akan balik modal dalam 25 tahun.

Saham Bank BRI mempunyai PER sebesar 11.66 x dan Saham Bank BNI mempunyai PER sebesar 5.05 x . Di sini berarti jika kita membeli saham Bank BRI maka kita akan bisa balik modal dalam 11.66 tahun dan jika kita membeli saham Bank BNI kita akan balik modal dalam waktu 5.05 tahun.

Dari cara sederhana di atas kita bisa menentukan secara cepat saham mana yang ingin kita beli dan ternyata yang awalnya terlihat lebih mahal ternyata lebih murah. Value adalah yang kita beli di dalam berinvestasi di dunia saham dan bukan harga.

“Own a business, don’t rent stocks,” is what Warren Buffett has often advised.

Anda bisa membaca juga untuk analisa fundamental di sini :

  1. Analisa Fundamental Saham
  2. Tiga tipe management dalam analisa fundamental
  3. Analisa Saham Perbankan

Jangan lupa untuk like dan share dan follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !