Saham Bagi Dividend dan Pergerakan Harga Saham nya

Saham bagi dividend per hari ini 14 April 2021 tercatatkan ada dua saham perusahaan yang membagikan dividend dengan cum date hari ini yaitu saham BJBR dan saham ITMG. Saham ITMG sebesar 167 rupiah dan saham BJBR sebesar 95,74 rupiah. Sangat menarik tentunya , jika kita perhatikan dari segi angka tentunya 167 rupiah lebih menggoda dari 95,74 rupiah , namun apakah benar begitu ? Untuk menentukan menarik atau tidaknya dividend suatu perusahaan kita tidak bisa semata mata hanya melihat dari besaran angka nya saja, mari kita lihat berapa harga saham dari kedua perusahaan tersebut per harga penutupan hari ini di hari cum date nya. Saham ITMG ditutup menguat di harga 12075 rupiah atau mengalami penguatan sebesar 3.21 % sedangkan saham BJBR ditutup di harga 1605 rupiah atau mengalami penguatan sebesar 0.31 % . Mari kita hitung berapa return nya jika kita membeli saham nya di harga penutupan hari ini. Untuk ITMG kita akan memperoleh return sebesar (167/ 12075) x 100 % = 1.38 % dan untuk saham BJBR sebesar (95.74/1605) x100 % = 5.96 % . Ternyata saham BJBR memberikan return yang lebih besar dari saham ITMG ya . Hal ini nampak sederhana dan sepele namun sering kali kita melupakan nya dan hanya tergiur dengan besarnya angka saja.

Untuk saham ITMG setelah sempat melemah sehari sebelum cum date nya , hari ini ditutup menguat , antusias market cukup tinggi dengan nilai dividend yang di bagikan perusahaan ini. Untuk melihat analisa sebelum nya saham ITMG silahkan baca di sini.

Saham Bagi Dividend BJBR
Saham Bagi Dividend BJBR

Bagaimana dengan BJBR sendiri ? meskipun yield sebesar 5.96 % di cum date nya tidak mengalami kenaikan yang cukup berarti , namun apa benar begitu ? Mari kita perhatikan data price history dari saham BJBR ini. Ternyata jika kita melihat history harganya dalam 6 bulan saham ini sudah mencatatkan kenaikan sebesar 83.43 % dari harga 860 rupiah. Untuk yang membeli saham perusahaan ini di harga 860 rupiah tentunya akan mendapatkan yield yang sangat besar yaitu sebesar 11.13 % dalam kurun waktu 6 bulan.

Secara teknikal level support saham ini berada di angka 1450 rupiah dan 1400 rupiah untuk support 2 nya. Kita akan lihat pergerakan harganya di ex date nya besok , biasanya harga saham akan diturunkan sebesar dividend nya. Jika harga diturunkan sebesar dividend nya , harga akan menempel di 1510 rupiah atau worst scenarionya di bawa ke level supportnya di 1450 rupiah atau bahkan ke 1400 rupiah , untuk yang sudah mengkoleksi saham perusahaan ini di harga low nya 6 bulan yang lalu tentunya tidak perlu memikirkan akan penurunan harga sementara ini. Jika anda berminat dengan saham perusahaan ini dan sabar menunggu , anda dapat memanfaatkan penurunan harga sahamnya di ex date untuk mendapatkan harga lebih murah namun harus menunggu satu tahun untuk mendapatkan dividend nya kembali.

Bagaimana saham ini secara teknikalnya ? Mari kita perhatikan dari sisi moving average nya dari perusahaan ini.

Saham BJBR Moving Average
Saham BJBR Moving Average

Jika kita perhatikan dari sisi moving average nya strong buy namun jika mengingat bahwa besok adalah ex date nya maka ada baiknya kita tunggu dulu pergerakan harganya besok di ex date nya , jika memang di bawa turun ke level support nya tentunya ini adalah sebuah peluang tersendiri.

Sedangkan untuk besok 15 April 2021 ada saham ANTM yang akan cum date dengan dividend sebesar 16.73 rupiah.

Jangan lupa untuk share dan follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !