Saham ITMG Pergerakan Menjelang Cum Date Dividend dan Analisanya

Saham ITMG akan membagikan dividend nya dengan cum date 14 April 2021 sebesar 167 rupiah untuk per lembar saham nya. Apakah menarik untuk hit and run ? Saham ini termasuk dalam IDX High Dividend 20 atau daftar saham pembagi dividend 20 tertinggi. List lengkap nya sebagai berikut :

Saham ITMG IDX High Dividend 20
Saham ITMG IDX High Dividend 20

Indeks ini mengukur kinerja harga saham perusahaan dalam 3 tahun terakhir dengan nilai dividend yield yang tinggi.Meskipun secara history saham tambang batu bara ini mengalami penurunan yang cukup drastis dari segi yield nya namun masih dalam tahap yang wajar karena menyesuaikan dengan kinerja dari persahaan ini. Dengan pembagian dividend sebesar 167 rupiah berarti secara keseluruhan untuk tahun buku 2020 , perusahaan ini membagikan dividend sebesar 474 rupiah dengan rincian 307 rupiah sudah di bagikan pada 9 Nopember 2020 yang lalu.Mari kita hitung berapa yield yang kita peroleh jika kita membeli saham perusahaan ini di harga sekarang 11900 rupiah , maka yield yang kita peroleh adalah 3.98 % dengan catatan kita memperoleh juga dividend yang pertama. Jika anda baru akan membeli saham perusahaan ini sekarang , maka yield yang akan anda terima adalah 1.4 % saja , karena anda hanya mendapatkan 167 rupiah untuk dividend 14 april mendatang.

Secara valuasi perusahaan ini sebenarnya masih cukup menarik meskipun nilai dari PBVR nya dengan harga sekarang sudah menyentuh 1.12 x dengan PER 24.15 x. Untuk kita jadikan quick cuan bagaimana ? Dengan yield 1.4% jika harga tidak mengalami koreksi maka saham ini sangat menarik ya karena 1.4 % hanya dalam 2 hari saja , anda beli saat cum date dan menjualnya sehari setelahnya. Harga 11900 rupiah ini sudah mendekati level support nya di angka 11800 rupiah dengan next support nya di angka 11425 rupiah. The worst scenarionya jika saham ini di bawa ke level support nya di angka 11425 rupiah yang berarti anda akan mengalami kerugian sebesar 475 rupiah per lembar saham nya. Dengan dividend 167 rupiah dan kerugian sebesar 475 rupiah berarti anda mengalami total kerugian 308 rupiah per lembar saham nya untuk worst scenario nya.

Secara teknikalnya berdasarkan moving averages nya saham ini masih sell jika anda menggunakan MA5 dan MA10 sebagai acuan anda , karena harga dari MA 5 di angka 12270 rupiah dan MA10 di angka 12160 rupiah. Untuk lebih detailnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Teknikal ITMG
Moving Average ITMG

Dari indikator moving averages di atas , masih di dominasi sell dari buy nya dengan sell 7 dan buy 5 .

Baca juga : Strategy Trading dengan Moving Average

Bagaimana dengan aktivitas top 5 brokernya apakah sedang akumulasi ataukah distribusi ? Mari kita perhatikan gambar di bawah ini.

Top 5 Broker ITMG
Top 5 Broker ITMG

Untuk konfirmasi nya kita harus menunggu harga penutupan per hari ini. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa harga saham perusahaan ini sangat tergantung dengan harga batubara global , jika anda berencana untuk mengkoleksi saham ini maka anda perlu mengetahui juga pergerakan harga batubara dunia biar tidak terkejut jika terjadi perubahan harga secara tiba tiba. Sebagai catatan harga saham perusahaan ini mencatatkan nilai tertingginya di angka 32200 rupiah ( 5 Years High ) dan angka terendahnya di 4675 rupiah ( 5 Years Low ) Suatu rentang harga yang sangat besar tentunya.

Jika kita melihat rasio liquiditas dari perusahaan ini tergolong sangat bagus dengan DER sebesar 36.57% Cash ratio sebesar 111.65 % , Quick ratio sebesar 173.52 % dan Current ratio sebesar 202.57 % bukan rasio kaleng kaleng tentunya. Secara garis besar fundamental perusahaan ini tergolong bagus jika anda berencana untuk membeli saham ITMG untuk jangka panjang sebaiknya menunggu setelah ex date nya untuk mendapatkan harga semurah murahnya dengan harapan mendapatkan yield dividend yang besar untuk tahun buku 2021 ini. Sebagai catatan perusahaan ini membagikan 2 kali dividend nya per tahun buku and so far never miss to pay dividend for their share holder no matter how the company perform.

Let’s Be Smart Investor !

Jangan lupa share dan follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !